10 Bahasa Asing Termudah Dan Tersulit Di Dunia

Rabu, 15 Januari 2020 14:36 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Bahasa Asing Termudah Dan Tersulit Di Dunia
Credit Freepik.com

Kapanlagi Plus - Dapat berbahasa asing adalah salah satu kemampuan yang sangat berguna. Kemampuan untuk memahami bahasa lain dianggap krusial. Karena dengan memahami bahasa lawan bicara kita dapat memahami secara langsung pesan yang mereka sampaikan. Selain itu mempelajari bahasa asing juga mengasah otak kita juga menghindarkan kita dari penyakit Alzheimer dan Demensia.

Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua bahasa mudah untuk dipelajari. Namun tidak sedikit juga bahasa asing yang mudah untuk dipelajari. Berikut ini adalah 10 bahasa asing termudah dan tersulit di dunia untuk dipelajari:

Bahasa Asing Termudah

 

1. Bahasa Inggris

Credit Freepik.comCredit Freepik.com

Sudah tidak perlu kaget jika Bahasa Inggris menjadi bahasa asing termudah untuk kita pelajari. Bahasa yang dinobatkan sebagai bahasa internasional ini sudah digunakan di banyak aspek kehidupan, mulai dari olahraga, politik, bisnis, hingga hiburan.

Bahasa Inggris yang sudah berada di sekitar kita membuat bahasa ini mudah untuk dipelajari. Apalagi tatanan bahasanya yang mudah, mirip dengan bahasa Indonesia membuat bahasa ini menjadi bahasa yang paling mudah untuk dipelajari.

 

2. Bahasa Spanyol

Credit Freepik.comCredit Freepik.com

Bahasa yang menjadi salah satu “anak” dari bahasa Latin ini adalah bahasa asing lainnya yang mudah untuk dipelajari. Menurut Babbel.com, bahasa Spanyol diigunakan kurang lebih 450 juta orang di dunia. Banyaknya orang menguasai bahasa ini karena bahasa Spanyol hampir tidak jauh berbeda dari bahasa Inggris.

Disebut mudah karena setiap kata yang kita tulis dan kita ucapkan selalu sama. Tidak berbeda dengan bahasa Indonesia yang juga memiliki kata tulis dan ucapan yang sama. Apalagi kosakatanya yang mirip dengan bahasa Inggris menjadikan bahasa Spanyol mudah untuk dipelajari.

 

3. Bahasa Italia

Credit Freepik.comCredit Freepik.com

Anak lain dari bahasa Latin ini juga menjadi bahasa asing yang mudah untuk dipelajari. Hanya menggunakan 21 huruf serta memiliki alfabet yang sederhana, bahasa Italia juga memiliki grammar yang mudah untuk dipelajari.

 

4. Bahasa Portugis

Credit Freepik.comCredit Freepik.com

Bahasa Portugis adalah salah satu bahasa yang paling sering digunakan dalam dunia internasional. Mengingat bahwa Portugal adalah salah satu negara dengan sistem ekonomi terkuat di dunia, banyak negara yang berlomba-lomba untuk bekerja sama dengan mereka.

Bahasanya yang sederhana dan mudah dipahami membuat bahasa ini banyak diminati. Apalagi pada bahasa Portugis, setiap kalimat diucapkan dengan intonasi seperti akan bertanya. Hal itu membuat bahasa ini mudah dan enak untuk didengar.

 

5. Bahasa Svenska

Credit Freepik.comCredit Freepik.com

Mungkin bahasa ini terdengar asing bagi kita. Namun bahasa Svenska adalah nama lain dari bahasa Swedia. Bahasa Swedia masuk ke dalam salah satu bahasa asing yang mudah untuk dipelajari karena kemiripannya dengan bahasa Inggris.

Mulai dari kosakata hingga pola kalimatnya sangatlah mirip dengan bahasa Inggris. Misalnya pisau dalam bahasa Swedia adalah kniv, pada bahasa Inggris adalah knive.

 

Bahasa Asing Tersulit

 

1. Bahasa Mandarin

Credit Freepik.comCredit Freepik.com

Cukup mengejutkan, bahasa yang memiliki penutur terbanyak di dunia ini adalah bahasa tersulit untuk dipelajari. Bahasa Mandarin yang juga digunakan di berbagai aspek kehidupan kita sekarang ini menggunakan huruf yang berbeda dengan huruf latin. Hal itu menjadi salah satu alasan bahasa ini sulit untuk dipelajari.

Alasan lainnya adalah cara pengucapan dalam bahasa ini menentukan arti kata. Satu kata dapat mempunyai 4 arti yang berbeda, sesuai dengan bagaimana kita mengucapkannya. Contohnya, kata “ma” dalam bahasa Mandarin dapat diartikan sebagai ibu, kuda, marah, dan kasar.

 

2. Bahasa Arab

Credit Freepik.comCredit Freepik.com

Sama halnya dengan bahasa Mandarin, bahasa Arab juga mempunyai huruf tersendiri. Bahasa Arab mempunyai 28 huruf. Selain tidak menggunakan huruf latin, menulis dalam bahasa Arab juga dimulai dari kanan ke kiri.

Tidak hanya itu, beberapa kata dalam bahasa Arab tidak ada dalam bahasa lain. Artinya kita harus memahami secara pasti seluruh kata dalam bahasa Arab. Pola kalimatnya pun cukup unik, dimulai dengan kata kerja di depan kalimat diikuti subjek. Berbeda dengan bahasa Inggris dan Indonesia yang memulai kalimat dengan subjek diikuti kata kerja.

 

3. Bahasa Jepang

Credit Freepik.comCredit Freepik.com

Sama halnya dengan 2 bahasa diatas, bahasa Jepang juga memiliki huruf yang berbeda. Dalam bahasa Jepang kita akan dikenalkan dengan huruf hiragana, katakana, dan kanji yang ketiganya memiliki fungsi tersendiri.

Dalam bahasa Jepang, status sosial dan jenis kelamin menentukan kata yang akan kita pakai. Sehingga kita harus menghafalkan berbagai macam variasi kata yang ada.

 

4. Bahasa Thailand

Credit Freepik.comCredit Freepik.com

Negara yang identik dengan gajah ini ternyata memiliki bahasa yang sulit untuk dipelajari. Memiliki aksara sendiri, bahasa Thailand juga mempunyai 5 nada dasar yang membuat para pemula cukup pusing ketika pertama kali mempelajarinya.

Selain itu bahasa ini mempunyai 44 huruf konsonan dan 24 huruf hidup, lebih banyak dari kebanyakan alfabet yang digunakan pada bahasa lainnya.

 

5. Bahasa Finlandia

Credit Freepik.comCredit Freepik.com

Aksara tidak selalu menjadi masalah utama ketika mempelajari sebuah bahasa. Bahasa Finlandia yang dituliskan dalam aksara latin pun tetap menjadi bahasa yang sulit untuk dipelajari. Tidak mempunyai akar bahasa, membuat bahasa Finlandia sulit untuk dipelajari.

 

 

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI