10 Lokasi Kunjungan Paling Ekstrem di Dunia, Berminat?

Selasa, 12 Februari 2013 11:31 Penulis: Arai Amelya
10 Lokasi Kunjungan Paling Ekstrem di Dunia, Berminat?
foto: istimewa


Kapanlagi Plus - Seperti yang sudah diberitahukan oleh banyak orang selama ribuan tahun lamanya, bahwa bumi planet yang ditinggali manusia ini menyimpan begitu banyak misteri yang belum diketahui.

Namun uniknya, hal-hal misterius dan ekstrem itu malah membuat banyak orang berminat datang untuk sekedar berkunjung atau membuktikan keberanian mereka meskipun lokasi yang didatangi begitu tak masuk akal.

Nah, jika kamu termasuk tipe orang yang demikian, maka kamu harus berkunjung ke-10 lokasi tujuan paling ekstrem yang ada di dunia ini. Yang jelas, siapkan fisik dan mentalmu dulu ya!

1. Tebing Vertikal Tercuram

Memiliki tinggi 1.675 meter, gunung Thor bukanlah titik tertinggi di bumi namun paling curam. Puncak gunung di Kanada ini terbuat dari granit murni dengan tingkat kecuraman vertikal sepanjang 1.250 meter dan rata-rata sudut 105 derajat. Dengan letak gunung di lokasi terpencil, butuh pendaki gunung dengan nyali luar biasa tinggi untuk bisa mendaki tebing yang tegak ini. Berani?

2. Titik Terdingin

Sebagai tempat dengan titik terdingin di bumi (tercatat -71,2 derajat Celcius pada tahun 1924), kota kecil Oymyakon di Rusia adalah tempat buat kamu yang ingin menempuh perjalanan ekstrem. Dengan kurang dari 500 jiwa yang tinggal di sini, sebetulnya Oymyakon adalah lokasi buangan tahanan politik. Suhu musim dingin di sini rata-rata -50 derajat Celcius dan tanah di sini secara permanen sudah membeku sepanjang tahun. Orang Indonesia akan cukup kesulitan bertahan hidup di sini.

3. Tempat Terkering

Menurut NASA dan National Geographic, gurun Atacama yang terletak di Chile adalah tempat terkering di bumi dengan tanah yang sebanding seperti di Mars (bahkan serial TV Space Oddyssey: Voyage to the Planets syuting di gurun ini). Mulai Oktober 1903 - Januari 1918 gurun Atacama tidak diguyur satu tetes hujan sedikitpun yang menjadi periode tanpa hujan terpanjang sepanjang sejarah. Berminat ke sini? Pastikan membawa banyak air karena iklimnya yang sangat kering dan kasar.

4. Terdekat ke Luar Angkasa

Gunung Chimborazo terakhir meletus sekitar tahun 550 Masehi. Dengan ketinggian 20 ribu kaki, gunung ini masih kalah jauh dengan gunung Everest yang setinggi lebih dari 29 ribu kaki. Namun seperti yang kamu ingat bahwa bentuk bumi ini ada yang menonjol di bagian ekuator (khatulistiwa), sehingga puncak gunung yang berada di kawasan ekuator dalam hal ini negara Ekuador menjadi titik tertinggi yang bisa disinggahi manusia dan lebih dekat dengan luar angkasa.

5. Daerah Terpanas

Dengan suhu tertinggi mencapai 70 derajat celcius, gurun Lut menjadi tempat terpanas di muka bumi ini. Legenda lokal menyebutkan bahwa nama Dasht-e Lut berarti gandum panggang dalam bahasa Persia. Nama itu mengacu cerita mengenai gandum yang tiba-tiba meledak setelah sengaja ditinggalkan beberapa hari di padang pasir ini. Bisa kamu bayangkan bagaimana tubuh manusia jika ada di sini? Oh, menyeramkan.

6. Tempat Paling Terisolasi

Pulai Tristan de Cunha adalah pulau berpenghuni yang terletak di selatan Samudera Atlantik. Hanya dihuni oleh 272 orang dan terdiri dari 8 KK. Penduduk di sana secara turun temurun mengalami keluhan penyakit asma dan glaukoma. Untuk membeli kebutuhan, mereka menggunakan cara online dan membutuhkan jarak 2.000 mil untuk mencapai pulau ini dari benua Eropa terdekat. Sangat tidak praktis kalau kamu ingin tinggal di sini.

7. Titik Terendah

Dengan lokasi terdalamnya di kerak bumi barat laut Samudera Pasifik, palung ini dekat dengan Jepang. Kedalaman maksimum mencapai 10.911 meter di bawah permukaan laut yang bahkan lebih dalam daripada gunung Everest ketika dibalik. Di bagian bawah tujuh mil ke kedalaman, kamu akan mengalami 8 ton tekanan air laut. Apa yang terjadi jika ke sini? Tubuhmu akan gepeng dan langsung menjadi buih laut.

8. Air Terjun Tertinggi

Angel Falls atau air terjun malaikat yang terletak di kawasan Venezuela adalah air terjun tertinggi di dunia mencapai 3.230 kaki (984 meter). Air terjun ini terletak di sebuah anak sungai Rio Caroni yang terbentuk saat arus sungai jatuh dari puncak Autantepui. Melihat air terjun ini dari bawah, bagian puncaknya begitu berkabut seperti segerombolan malaikat yang ada di sana. Menakjubkan!

9. Lautan Paling Berbahaya

Semenjak tahun 1995, menyelam di sebuah kandang dengan hiu putih besar di sekeliling adalah daya tarik wisata utama di Gansbaai, Afrika Selatan ini. Dengan populasi hiu putih terbesar di dunia, Gansbaai adalah lokasi tepat untuk kamu yang ingin mencari melihat langsung hiu putih di depanmu. Bahkan ada sebuah humor di sini, saat kamu memancing mungkin hiu putih yang kamu dapatkan. Berani mengayuh perahu sendiri?

10. Tempat Terbasah

Menjadi tempat paling basah di bumi, kota kecil di India ini menerima rata-rata 11.872 milimeter curah hujan per tahun. Pada tahun 1985, Guinness Book of World Records menyebutnya sebagai lokasi terbasah setelah menyadari daerah ini menerima 26 ribu milimeter hujan dalam satu tahun. Mawsynram adalah tempat yang menarik bagi wisatawan, hanya memang kamu harus menyediakan jas hujan terus.

(rdg/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI