10 Nama Tempat Yang Paling Sulit Diucapkan

Senin, 04 Maret 2013 10:31 Penulis: Ratih Adiwardhani
10 Nama Tempat Yang Paling Sulit Diucapkan
Selandia Baru


Kapanlagi Plus - Sebelum tiba di kota atau daerah asing, sebaiknya kita perlu tahu bagaimana cara menyebutkan nama tempat tersebut dengan benar. Karena kalau tidak, kita bisa saja tersesat atau paling tidak, menjadi bahan tertawaan oleh penduduk setempat.

Beberapa nama tempat di dunia memang memiliki nama unik yang bisa membuat pusing para pendatang atau wisatawan yang baru berkunjung untuk pertama kalinya. KapanLagi.com® merangkum tempat-tempat tersebut dalam daftar berikut ini.

Sebelum kamu mengunjunginya, bisakah kamu menyebutkan nama tempat berikut dengan benar?.

1. Oaxaca, Meksiko

Bagi para turis yang tidak menguasai bahasa Spanyol, biasanya akan tergoda menyebut nama kota ini dengan "Wak-sa-ka", atau "Osaka". Namun pengucapan yang benar adalah "Wah-ha-ka".

 

2. Cobh, Irlandia

Nama kota yang paling sederhana ini juga bisa menipu. Kalau kamu mengira menyebut kota ini dengan pelafalan "Kob", kamu salah. Yang benar adalah "Kof".

 

3. Ptuj, Slovenia

Penulisan nama kota yang sederhana ternyata tidak sesederhana penyebutannya. Dalam bahasa Indonesia, menyebut kota Ptuj adalah dengan pelafalan "Pi-tu-i".

 

4. Wauchope, Australia

Kelihatannya nama kota ini mudah untuk disebutkan, namun ternyata banyak juga orang yang salah menyebutkan namanya. Cara mengucapkan nama kota Wauchope sama dengan cara pengucapan "War hope" dalam bahasa Inggris. Cukup jauh berbeda ya?

 

5. Hjo, Swedia

Kota Hjo memang kota yang cantik dan rindang, namun tidak berarti pengucapannya menjadi "Hijau" seperti dalam bahasa Indonesia. Pelafalan yang benar adalah seperti kata "You" dalam bahasa Inggris.

 

6. La Jolla, California, USA

La Jolla merupakan salah satu nama daerah di USA yang penyebutannya tidak menggunakan bahasa Inggris, namun menggunakan bahasa Spanyol. Yap, pelafalan La Jolla yang benar adalah 'La Hoya', seperti nama petinju Oscar de la Hoya.

 

7. Coxsackie, New York

Nama kota ini juga sedikit tricky. Penyebutan Coxsackie yang benar bukan 'Cox' seperti pada nama Courteney Cox, melainkan 'Cook-sock-ee' dalam bahasa Inggris, atau 'Kuk-suki' dalam bahasa Indonesia.

 

8. Phuket, Thailand

Jika selama ini kamu menyebutkan Phuket dengan 'Poo-Ket', maka kamu salah. Pelafalan yang benar seperti yang diucapkan para native adalah 'Phu-Get. '

 

9. Mooball, Australia

Kali ini seharusnya mudah. Apakah kamu menebak bahwa Mooball dibaca dengan 'moo-ball' seperti biasa?. Sayangnya kamu masih salah, penyebutan yang benar adalah 'moo-bull'.

 

10. Bukit di New Zealand

Sebuah bukit di New Zealand memiliki nama 'Taumatawhakatangihangak oauauotamateaturipukaka pikimaungahoronukupokaiwhe nua kitanatahu' yang dinobatkan sebagai nama bukit terpanjang di dunia.

Dibandingkan dengan 9 nama tempat lainnya yang berada di daftar ini, nama kota ini justru yang paling mudah diucapkan karena tidak ada perbedaan antara nama dan pelafalannya. Hanya saja masalahnya, namanya terlalu panjang untuk disebutkan tanpa melihat teks.

Bisakah kamu mengingatnya?.

 

(twg/rth)



MORE STORIES




REKOMENDASI