10 Treatment 'Sakit Jiwa' Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

Kamis, 05 September 2013 12:01 Penulis: Riswinanti Permatasari
10 Treatment 'Sakit Jiwa' Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
Ilustrasi @ flexdreams.com


Kapanlagi Plus - Pernah dengar cerita-cerita seram di rumah sakit jiwa? Well, melihat dari berbagai sisi, sebenarnya berbagai kisah tentang rumah sakit jiwa yang angker memang cukup beralasan! Kenapa?

Bagi banyak orang, penyakit jiwa dianggap memalukan, namun juga mengerikan. Tak jarang pula orang menganggapnya sebagai penyakit karma atau kutukan.

Ilustrasi @ dorneypark.comIlustrasi @ dorneypark.com

Namun terlepas dari anggapan orang, psikiatri (bidang kedokteran yang menangani kejiwaan) memang memiliki reputasi terburuk di antara cabang lainnya. Pasalnya, banyak tindakan medis dan obat-obatan mengerikan yang sering diberikan pada pasien.

Pengambilan organ, pembedahan dan penyuntikan yang terdengar tak manusiawi kerap dilakukan para tenaga medis bidang ini. Dan tak jarang pula praktek medis mereka itu berakhir dengan kematian.

Seperti apa sih, tindakan medis tak biasa, sekaligus paling mengerikan, yang pernah ada dalam sejarah psikiatri? Bagaimana metode dan efeknya pada pasien? Cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini!

JANGAN LEWATKAN!!!

11 Aksi 'Julur' Lidah Teraneh Yang Pernah Dilakukan Miley Cyrus
Artis Hollywood Yang 'DILARANG' Punya Rambut Blonde
10 Perseteruan Terpanas di Dunia Hollywood
Moment Alec Baldwin Bertarung Sengit Dengan Paparazzi
Penampilan Hot Robert Pattinson di Iklan Parfum Dior

1. Trepanasi (Melubangi Kepala)

Trepanasi adalah satu metode pengobatan sakit jiwa tertua, yang bahkan digunakan oleh manusia yang hidup di jaman purba. Cara pengobatan ini disebut mengerikan karena kepala penderita dibedah dan tengkoraknya dilubangi.

Tujuan dari trepanasi adalah untuk mencari tahu apa yang salah dengan kepala penderita yang mengalami sakit jiwa atau masalah di kepala. Namun bisa ditebak, banyak pembedahan yang akhirnya harus berakhir dengan maut. Metode ini juga populer di Eropa pada abad ke-17


JANGAN LEWATKAN!!!

Kim Kardashian Bakal Jadi Model Majalah Playboy?
Miranda Kerr Berpose Nyaris Tanpa Busana di Majalah
Topless, Kristen Stewart Tampil Seksi di Iklan Parfum
Penampilan Hot Robert Pattinson di Iklan Parfum Dior

2. Menghilangkan Organ-Organ Tubuh

Bagi Dr. Henry Cotton, gangguan jiwa disebabkan oleh infeksi. Alhasil, satu-satunya penanganan adalah dengan menghilangkan oragn-organ tubuh yang terinfeksi.

Prakteknya dimulai sejak awal abad ke-20. Awalnya, dia mengambil gigi pasien satu persatu, dan jika penyakitnya masih belum sembuh juga dia akan mengambil organ lainnya.

Sepanjang karirnya, hanya ada 50% yang bertahan hidup dengan metode ini. Padahal, belum tentu juga pasien itu berhasil sembuh secara mental. Kengerian ini sampai diabadikan dalam buku berjudul MADHOUSE, yang ditulis Andrew Scull.

JANGAN LEWATKAN!!!

Jika Kristen Stewart 'Kecanduan' Kacamata 'Flip-Up'
Jika Rihanna Tak Lagi Doyan Tampil Seksi
Ekspresi Victoria Beckham Saat Makan, Masih Keren?
'Perang Cinta' Victoria Beckham - Harry Styles, Siapa Juaranya?

3. Lobotomi

Pencetus lobotomi adalah Edgar Monis yang sempat berkesimpulan bahwa masalah kejiwaan bersumber dari lobus frontal (salah satu bagian di otak). Dan satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan menghancurkan bagian tersebut. Dokter memasukkan alat medis, ke dalam rongga mata untuk memotong saraf bagian depan otak. Pemecah es adalah alat yang paling sering digunakan untuk metode ini.

Awalnya lobotomi berhasil memberikan kesembuhan untuk para pasien. Namun setelah sukses dan dijalankan banyak orang, baru terungkap bahwa dalam jangka panjang, pasien akan mengalami kelumpuhan permanen.

JANGAN LEWATKAN!!!

Gaya Seksi Kristen Stewart di Iklan Parfum Florabotanica
Dikabarkan Sakit, Daniel Radcliffe Segar Bugar di Red Carpet
Pihak Pippa Middleton Bantah Kabar Pertunangan
Riley Keough Bukan Kekasih Robert Pattinson, Ini Buktinya!

4. Electroshock

Melihat namanya, mungkin kalian sudah bisa membayangkan listrik bertekanan tinggi yang dialirkan ke tubuh pasien. Elektroshock pertama kali digunakan oleh dokter Italia setahun sebelum perang dunia pertama. Listrik 400 volt dialirkan lewat otak, dan berpotensi menyebabkan amnesia dan kerusakan otak. Walau sangat kontroversial dan berbahaya, namun masih banyak psikiater yang menggunakan cara ini.

JANGAN LEWATKAN!!!

Pasangan Gay Lance Bass - Michael Turching Resmi Tunangan
Pippa Middleton Tunangan Dengan Nico Jackson?
Inikah Foto Prewedding Ruben Onsu - Wenda Tan?
Nuri Maulida Siap Nikah di Hari Ulang Tahunnya

5. Dibuat Koma

Koma adalah kondisi yang cukup menakutkan di dunia medis. Namun Manfred Sekel justru menggunakan metode koma untuk menyembuhkan pasien. Bagaimana bisa?

Dia pertama kali menggunakan metode ini pada pecandu narkoba, dengan cara menyuntikkan insulin dalam jumlah besar. Setelah bangun dari tidur panjang, pasien mengaku sembuh. Metode yang sama ternyata juga bisa menyembuhkan pasien sakit jiwa.

Namun pada akhirnya, metode ini dihentikan karena efek samping mengerikan mulai muncul. Pasien mulai banyak yang meninggal akibat overdosis insulin.


JANGAN LEWATKAN!!!

Jason Statham - Rosie Huntington-Whiteley Putus
Hilang Kendali, Suami Khloe Kardashian Damprat Paparazzi
Taylor Swift 'Sumpahi' Harry Styles, Ed Sheeran Angkat Bicara
Wajah Bayi Liam Gallagher dan Selingkuhannya Terungkap!

6. Metrazol Treatment

Psikiater asal Hungaria Ladislas von Meduna sempat meraih popularitas gara-gara penemuannya ini. Dia menggunakan sejumlah obat-obatan untuk menenangkan schizophrenia. efek dari obat-obatan ini adalah membuat pasien kejang-kejang, namun pada akhirnya bersikap lebih tenang. Namun setelah beberapa kali digunakan, muncul keanehan dari perilaku pasien, sehingga penggunaan obat ini akhirnya dihentikan.


JANGAN LEWATKAN!!!

Zoe Saldana - Marco Pergeo Sudah Menikah Diam-Diam?
Inikah Foto Prewedding Ruben Onsu - Wenda Tan?
Dikabarkan Cerai, Apa Komentar Michael Douglas?
Dituduh Usir Suami, Apa Kata Khloe Kardashian?

7. Hidroterapi

Jika mendengar kata hidroterapi, mungkin kalian akan berpikir soal bak mandi yang dipenuhi air hangat dan nyaman. Tapi jangan salah, terapi yang dimaksud di sini ternyata sangat menyakitkan! Pasien disemprot dengan air bertekanan tinggi untuk mengurangi sikap agresifnya. Bisa saja mereka disemprot sambil berdiri, atau diikat di bak mandi dengan tekanan tinggi.


JANGAN LEWATKAN!!!

Pernikahan Bermasalah, Michael Douglas Dianggap 'Legenda'
Orang Tua Kim Kardashian Akhirnya Berpisah?
Dikabarkan Cerai, Bagaimana Ekspresi Michael Douglas?
Tak Punya SIM, Justin Bieber Ditilang Polisi California

8. Terapi Rotasi

Terapi ini memang bisa dibilang aneh. Bagaimana tidak, pasien diputar-putar, baik secara manual maupun dengan alat. Harus diakui bahwa terapi yang dikembangkan kakek Charles Darwin ini memang tidak berbahaya dan tak menyisakan trauma. Namun pastinya, pasien bakal mengalami pusing hebat setelah menjalaninya.

JANGAN LEWATKAN!!!

[FOTO] Justin Bieber Diserang, Kalung Rp 437 Juta Amblas!
Jenis Kelamin Anak Simon Cowell Terungkap!
Putra Kate Middleton Akhirnya Punya Ayah Baptis?
Jika Rihanna Tak Lagi Doyan Tampil Seksi

9. Menghilangkan Rahim

Kaum hipokrat percaya bahwa histeria, adalah kelainan mental wanita yang berhubungan dengan rahim yang bergeser. Satu-satunya cara untuk menghilangkan ini adalah dengan memperbaiki posisi rahim.

Namun pada abad ke-20, cara gila mulai dilakukan. Alih-alih memperbaiki posisi, metode oophorectomy langsung menghilangkan ovarium wanita yang yang menderita histeria. Padahal, metode ini sama saja dengan metode kastrasi, yang membuat wanita tak mungkin hamil dan melahirkan.


JANGAN LEWATKAN!!!

Apartemen Liam Payne Terbakar, Satu Orang Luka Parah
Pertarungan India - Venezuela Berebut Mahkota Miss World
Bintang TV Kimberley Garner Topless di Depan Umum
Miley Cyrus Acungkan Jari Tengah di Depan Umum

10. Metode Mesmer

Walau metode yang diterapkan Frantz Mesmer ini terkesan gila, setidaknya cara ini tidak terlalu membahayakan. Beberapa magnet ditempatkan ke dalam tubuh pasien untuk mengontrol efek gravitasi bulan terhadap tubuh.

Dia sempat memaparkan teori yang cukup rumit tentang teorinya ini. Dan tak lama kemudian, beberapa pasien mengaku sembuh dengan cara ini. Sayangnya, akhirnya cara ini dianggap tidak relevan dengan pengobatan penyakit jiwa.

JANGAN LEWATKAN!!!

11 Aksi 'Julur' Lidah Teraneh Yang Pernah Dilakukan Miley Cyrus
Artis Hollywood Yang 'DILARANG' Punya Rambut Blonde
10 Perseteruan Terpanas di Dunia Hollywood
Moment Alec Baldwin Bertarung Sengit Dengan Paparazzi
Penampilan Hot Robert Pattinson di Iklan Parfum Dior

(sms/ris)



MORE STORIES




REKOMENDASI