20 Tahun Berdiri, Ini Rahasia Istana Boneka Tetap Eksis di Masa Pandemi Covid-19

Rabu, 08 Juli 2020 14:55 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati
20 Tahun Berdiri, Ini Rahasia Istana Boneka Tetap Eksis di Masa Pandemi Covid-19
Istana Boneka (Credit: Instagram.com/isbon.id)


Kapanlagi Plus - Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada berbagai lini, termasuk bisnis boneka. Hal itu dirasakan juga oleh produsen boneka terkemuka di Indonesia, Istana Boneka. Rupanya ada perubahan permintaan dari para customer.

Menurut Susan Soewono, pemilik Istana Boneka, saat ini customer lebih banyak mencari boneka yang edukatif. Hal itu diungkapnya saat dihubungi oleh awak media baru-baru ini.

1. Boneka Edukatif

"Kalau permintaan boneka di masa pandemi, tentunya orang juga lebih berhemat. Jadi mereka hanya mau membeli boneka yang banyak kegunaannya yang edukatif, dan yang ada hubungannya dengan pandemi," tutur Susan.

Produk yang dibutuhkan di masa Pandemi COvid-19 pun dirilis, antara lain hand sanitizer hingga masker.

"Masker anak-anak yang lucu, kemudian face shield yang lucu, hand sanitizer dan hand soap yang lucu, dan tempat tissue yang compact yang bisa menampung tissue basah, tissue dingin, hand sanitizer, dan hand soap," lanjutnya.

2. Hadapi Tren yang Berbeda

Ya, kelihaian membaca situasi jadi salah satu kunci strategi bertahan bagi Istana Boneka. Kendati begitu, mereka tak mau melepas produk unggulannya, yakni boneka-boneka raksasa.

"Dari zaman ke zaman apa yang disukai berbeda, tapi khusus Isbon ada ciri khasnya yaitu, boneka-boneka giant dan jumbo kita yang super besar itu yang menarik perhatian," ujar Susan.

3. Boneka Raksasa Jadi Unggulan

Boneka raksasa tersebut masih terus jadi favorit customer. Bahkan, dari kalangan selebriti pun kerap membeli itu.

"Jadi banyak sekali artis yang mengoleksi Boni Bonita kita yang maskot kita itu yang berukuran 1 meter, 1,8 meter, life size-lah bahkan ada yang lebih gede lagi," imbuh Susan.

4. Hadapi Berbagai Masalah

Dua puluh tahun bertahan jadi produsen boneka terkemuka, jalan yang dilalui Susan tidak lah mulus. Berbagai masalah datang silih berganti.

"Jadi kita selalu welcome pada segala macam masalah, karena masalah tersebut bila terselesaikan membuat kita selangkah lebih maju lagi. Seperti pada jaman-jaman awal kita tidak ada life insurance-nya, tidak ada garansi seumur hidup dari boneka tersebut," tukas Susan.

5. Garansi Seumur Hidup

Kini, seiring berjalannya waktu, Istana Boneka makin sukses bahkan sudah berani menggaransi boneka mereka seumur hidup.

"Tapi sekarang kita berani menggaransi boneka tersebut sampai selama-lamanya karena kita yakin buatan kita memang oke jadi tidak akan merepotkan," terang Susan.

6. Dapat Berbagai Penghargaan

Kesuksesan Istana Boneka makin menjulang kala mereka mendapat berbagai penghargaan. Salah satunya terpilih sebagai produsen boneka Asian Games.

"Kita dari Disney, kita termasuk yang outstanding di bidang pembuatan dan kreasi-kreasinya. Juga di bidang Asian Games itu tadi," tutup Susan.

(kpl/tdr)



MORE STORIES




REKOMENDASI