3 Cara Registrasi Kartu Telkomsel Bisa Melalui SMS ke 4444 Sampai Lewat Website

Rabu, 22 Mei 2019 13:20 Penulis: Editor KapanLagi.com
3 Cara Registrasi Kartu Telkomsel Bisa Melalui SMS ke 4444 Sampai Lewat Website
Ilustrasi Ponsel dan kartu (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Sekarang registrasi kartu untuk seluruh jenis provider harus mengacu pada Peraturan Menkominfo No.12 tahun 2016, udah tau kan? Kebijakan ini sudah diberlakukan sejak tanggal 31 Oktober tahun 2017 lalu. Sesuai dengan kebijakan tersebut, kita wajib melakukan registrasi kartu dengan data pribadi sesuai dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga). Artinya, dalam proses registrasi kartu nanti kamu akan diminta mengisi data sesuai KTP dan KK seperti NIK dan Nomor Kartu Keluarga yang aktif (terbaru) dan tercatat di Dukcapil atau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Ada 16 digit angka yang harus diisikan pada nomor NIK dan nomor KK.

Registrasi kartu telkomsel saat ini berlaku untuk pelanggan baru, sedangkan untuk pelanggan lama sebelum tahun 2017 sudah diblokir oleh pemerintah pada bulan Mei 2017. Tujuan pemblokiran itu sendiri adalah untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan tiap pelanggan layanan seluler secara menyeluruh. Jadi, kebijakan ini berlaku untuk masyarakat Indonesia yang menggunakan seluler tanpa terkecuali.
Nah, buat kamu pengguna kartu Telkomsel nggak perlu risau. Karena artikel kali ini akan menuntun kamu tentang cara registrasi kartu telkomsel dengan beberapa cara alternatif. Dijamin gampang dan nggak ribet. Simak ulasannya berikut ini.

1. Melalui Layanan SMS

Kamu bisa registrasi melalui layanan SMS dengan format yang sudah ditetapkan. Berikut adalah tahapannya:

  • Persiapkan KTP dan KK
  • Masuk ke menu SMS
  • Ketik pesan dengan format: REG[spasi]NIK#Nomor KK#
  • Kirim pesan ke 4444
  • Jika berhasil kamu akan dapat SMS balasan.

Namun, jika kamu ingin mengganti nomor kamu sementara nomor lama sudah diregistrasi, kamu perlu menghapus nomor SIM yang lama dengan cara UNREG seperti berikut ini:

  • Ketik pesan dengan format: UNREG#NIK
  • Kirim ke 4444

Dengan begitu kamu bisa mengganti nomor mu dengan nomor telkomsel yang lain dan melakukan registrasi kembali.

2. Melalui Layanan WEB

Atau kamu bisa juga registrasi kartu telkomsel melalui layanan web yang telah disediakan oleh provider Telkomsel sendiri guys, kamu bisa klik link di www.telkomsel.com. Alamat Web tersebut adalah layanan registrasi pelanggan prabayar yang disediakan oleh Telkomsel sendiri. Berikut adalah tahapannya

  • Klik laman www.telkomsel.com
  • Pada kolom pertama, kamu isikan nomor HP Telkomsel kamu
  • Pada kolom kedua kamu isikan NIK (nomor KTP) kamu
  • Kolom terakhir nomor KK yang terbaru dan aktif
  • Teliti terlebih dahulu supaya tidak ada kesalahan
  • Setelah semuanya selesai, klik kirim
  • Selesai.

3. Cara Lainnya

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk registrasi kartu telkomsel nih guys selain melalui pesan SMS dan WEB. Berikut ini adalah cara-cara lainnya yang bisa kamu gunakan:

1. Menu Akses *444#

Kamu juga bisa mengakses kode *444# pada menu Dial Up di HP kamu dengan pilih menu REG. Kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

Atau jika kamu ingin mengganti nomor sebelum registrasi nomor yang baru selain melalui UNREG pada layanan SMS sebelumnya kamu juga bisa akses *444# dengan memilih UNREG lalu ikuti petunjuk berikutnya.

2. Pusat pelayanan pelanggan GraPARI terdekat

Grapari adalah tempat layanan khusus untuk pelanggan Telkomsel. Layanan yang disediakan pun ada bermacam-macam mulai dari isi ulang pulsa, upgrade 4g, penggantian kartu perdana, dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut kamu bisa cek laman www.telkomsel.com. Nah, pada tempat layanan GraPARI ini kamu bisa meregistrasi kartu prabayar kamu atau meng-UNREG nomor kamu jika mau ganti nomor baru.

Nah gimana, Gampang kan? Cara-cara di atas bisa kamu jadikan opsi untuk meregistrasi kartu Telkomsel kamu tanpa bikin kamu bingung. Sekian, semoga bermanfaat.

 

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI