3 Pendaki Bandung Yang Hilang Saat Gempa Nepal Ditemukan

Rabu, 29 April 2015 16:48 Penulis: Arai Amelya
3 Pendaki Bandung Yang Hilang Saat Gempa Nepal Ditemukan
©NYTimes

Kapanlagi Plus - Keluarga besar pasangan pengantin muda, Kadek Andana (26) dan Alma Parahita (31) sepertinya bisa bernafas lega. Dalam informasi terbaru disebutkan jika mereka berdua dan rekannya, Jeroen Hehuwat (39) akhirnya sudah ditemukan dan dikabarkan selamat. Sebelumnya mereka disebut hilang kontak saat gempa Nepal terjadi Sabtu (25/4) lalu.

Informasi itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementrian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir yang menyebutkan kalau ketiga pendaki gunung itu dalam kondisi baik. Hanya saja, ketiga warga negara Indonesia asal Bandung itu masih ada di sekitar gunung Everest dan sedang menanti proses evakuasi.

Seperti inilah proses evakuasi pendaki Everest korban gempa Nepal ©NYTimesSeperti inilah proses evakuasi pendaki Everest korban gempa Nepal ©NYTimes

"Mereka bertiga sudah dapat dihubungi. Keadaannya kini baik dan akan segera dievakuasi. Tapi mereka tak bisa diselamatkan lewat jalur darat dan harus lewat udara. Sejauh ini dari 57 orang WNI yang sedang berkunjung ke Nepal dan 12 di antaranya sudah berhasil keluar dari sana," cerita Nasir seperti dilansir Merdeka.

Sejauh ini data terbaru menyebutkan jika gempa dengan kekuatan 7,8 SR yang mengguncang ibukota Kathmandu itu sudah menelan korban jiwa lebih dari 4.000 orang. Sementara sekitar 8.000 lainnya luka parah dan ratusan hingga ribuan bangunan rusak parah. Ada sekitar 76 WNI yang sedang di Nepal saat gempa bumi terjadi dengan 19 di antaranya menetap.

Kadek, Alma dan Jeroen. Tiga pendaki asal Bandung ©MerdekaKadek, Alma dan Jeroen. Tiga pendaki asal Bandung ©Merdeka

Kadek, Alma dan Jeroen sendiri memang tergabung dalam Taruna Hiking Club (THC), sebuah kelompok pendakian. Kadek dan Alma sang pengantin baru yang menikah 1 Maret lalu itu berniat menaklukan gunung Naya Kangga dan Yala Peak sekaligus berbulan madu di Nepal. Sehari sebelum gempa terjadi, Kadek sempat mengirimkan SMS ke ibunya yang menyebutkan kalau dirinya hendak menuju desa Langtang yang ada di ketinggian 3.400 meter.

Malang, Langtang justru terkena imbas gempa dahsyat Nepal karena berada 50 kilometer dari pusat gempa. Dengan kabar ditemukannya mereka bertiga, semoga WNI lain yang hilang segera ditemukan juga ya.

(mdk/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI