4 Fakta Uang Koin Seribu Gambar Kelapa Sawit Jadi VIral, Dijual Puluhan - Ratusan Juta Rupiah

Kamis, 18 Juni 2020 09:11
4 Fakta Uang Koin Seribu Gambar Kelapa Sawit Jadi VIral, Dijual Puluhan - Ratusan Juta Rupiah
Viral uang koin seribu gambar kelapa sawit dijual puluhan hingga ratusan juta rupiah (credit: tokopedia.com/powermerchant/)


Kapanlagi Plus - Baru-baru ini publik tengah dihebohkan dengan viralnya uang koin seribu gambar kelapa sawit dijual dengan harga cukup fantastis. Dimana uang koin seribu tersebut ditawarkan dengan harga termahal tembus hingga 900 juta.

Uang koin seribu bergambar kelapa sawit tersebut saat ini memang cukup jarang ditemui. Beberapa market place online sering dijumpai menawarkan uang koin seribu bergambar kelapa sawit ini dengan harga bervariasi.

Dalam salah satu market place harga tertinggi yang ditawarkan sekitar 900 juta. Adapun harga lainnya dimulai dari harga 5 juta, 10 juta, 12 juta, 20 juta serta 35 juta. Namun cukup banyak juga pengiklan menawarkan uang koin seribu bergambar kelapa sawit tersebut dengan harga terendah sebesar Rp 3.000.

Para pengiklan tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari ujung barat hingga ujung timur tanah air. Meski begitu belum diketahui secara pasti terkait asal mula iklan uang koin seribu bergambar kelapa sawit yang tengah menjadi perbincangan warganet.

Adapun beberapa fakta diantaranya terkait viralnya uang koin seribu kelapa sawit tersebut terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. berikut 4 fakta uang koin seribu bergambar kelapa sawit dijual puluhan juta rupiah.

 

1. Ditawarkan di Sejumlah Market Place Online

Seperti ulasan sebelumnya, uang koin seribu bergambar kelapa sawit diiklankan di sejumlah market place online. Para pengiklan tersebut menawarkan uang koin seribu mereka dengan potret bervariasi. Diantaranya mulai dari satu koin hingga puluhan keping koin uang seribu.

Selain itu para pengiklan juga memberikan sejumlah deskripsi uang koin seribu bergambar kelapa sawit untuk menarik minat pembeli terutama para kolektor uang kuno.

2. Harga Fantastis

Harga yang ditawarkan para pengiklan uang koin seribuan bergambar kelapa sawit di mulai dari ribuan hingga puluhan juta. Sebut saja mulai dari yang tertinggi di salah satu market place dibanderol sebesar 900 juta rupiah.

Sedangkan yang terendah berkisar antara Rp 3.000 dalam ribuan, Rp 10.000 dalam belasan, Rp 24.000 dalam puluhan dan Rp. 100.000 untuk ratusan. Rata-rata uang koin diproduksi pada tahun 1993 dan 1996 dengan kondisinya yang terlihat bekas.

3. Uang Koin Masih Berlaku

Viralnya uang logam seribu bergambar kelapa sawit tentunya banyak menghebohkan publik. Warganet pun tak segan untuk menanyakan masih berlaku tidaknya uang koin tersebut kepada Bank Indonesia melalui akun twitternya.

Dalam akun Twitter milik Bank Indonesia (BI) merespon pertanyaan warganet dan menyatakan apabila uang pecahan Rp 1.000 tahun 1993 bergambar kelapa sawit masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Selama belum mengalami penarikan dan pencabutan dari peredaran.

"Hai Fathan, uang pecahan Rp 1.000 tahun emisi 1993 bergambar kelapa sawit masih dinyatakan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI sepanjang belum dicabut/ditarik dari peredaran," tulis Bank Indonesia (BI) dalam akun resmi twitternya @bank_indonesia pada Senin, (15/06/2020).

4. Daftar Uang yang Sudah Dicabut BI

Menanggapi hal tersebut Bank Indonesia juga melampirkan informasi mengenai uang yang sudah dicabut dan ditarik dari peredaran di masyarakat. Diantaranya untuk uang logam yang sudah dicabut seperti :

- Rp 2/TE 1970 dicabut pada 15 November 1996.

- Rp 10/TE 1971 dicabut 15 November 1996

- Rp 10/TE 1974 dicabut 15 November 1996

- Rp 10/TE 1979 dicabut 15 November 1996

- Rp 25/TE 1991 dicabut 31 Agustus 2010.

Nah itulah 4 fakta terkait viralnya uang koin seribu gambar kelapa sawit dijual puluhan hingga ratusan juta rupiah. Gimana menurut kalian KLovers?

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI