5 Band Indie Sarat Prestasi

Selasa, 28 April 2015 10:00 Penulis: Editor KapanLagi.com
5 Band Indie Sarat Prestasi
Christian Bertrand / Shutterstock.com

Kapanlagi Plus - Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini band Indie Indonesia telah meraih popularitas sama tinggi di kalangan penikmat musik. Salah satu alasan mengapa band-band Indie lebih diterima di dunia musik karena mereka menciptakan musik dan menyampaikannya dengan hati. Ketulusan ini yang membuat band-band Indie lebih cepat mendunia.

Di Indonesia sendiri, tercatat sudah banyak band-band Indie yang menginjakkan kaki mereka di panggung luar negeri. Siapa sajakah mereka?

Gugun Blues Shelter
Sesuai namanya, grup band ini adalah “shelter” untuk para pecinta musik-musik blues rock. Cabikan melodi dari gitar Gugun, betotan bass yang kadang disertai aksi lucu Jono, serta gebukan drum tanpa kenal lelah dari Bowie membuat nama mereka dikenal di seluruh dunia. Mereka salah satu dari sedikit musisi yang telah menginjakkan kaki di panggung-panggung Eropa dan Amerika

White Shoes and The Couples Company
Nama band yang panjang menjadi simbol dari prestasi mereka yang panjang. Mereka setia untuk mengangkat lagu-lagu bertema dan bernuansa jaman 70'an. Melawan arus memang, tapi karena keunikan ini mereka berhasil manggung sampai ke luar negeri.

Burgerkill
Burgerkill adalah simbol pergerakan bagi musik metal Indonesia. Mereka mampu menunjukkan bahwa musik keras pun bisa diterima oleh segenap lapisan masyarakat. Berangkat dari Bandung, mereka berkesempatan untuk mengisi acara pembuka bagi band kelas dunia, Mastodon, di Big Day Out 2010 di Australia.

Goodnight Electric
Dunia tidak selebar daun kelor. Itulah motto yang dimiliki oleh Goodnight Electric. Merasa bahwa pasar musik Indonesia di tahun 2008 tidak mungkin untuk genre synth pop, mereka mencoba peruntungan ke negara lain. Betul saja, sambutan dari publik luar negeri lebih besar daripada di negeri sendiri. Tercatat, mereka telah menyambangi Jerman tahun 2008, dan Singapura di tahun 2009 dan 2010 silam.

Mocca
Mocca bisa dibilang sebagai salah satu band Indie yang sukses, baik di dalam maupun luar negeri. Skill bermusik mereka telah diakui di Asia, seperti Singapura, Korea Selatan, Malaysia dan Jepang. Kabarnya, Mocca juga dipercaya untuk mengisi beberapa soundtrack untuk film Jepang juga lho.

Siapa yang mengira bahwa band-band Indie Indonesia bisa berbicara banyak di luar negeri. Tanpa banyak bicara, mereka berani dan berhasil menaklukkan dunia. Apakah kamu adalah yang berikutnya? Keluarkan stok musik kerenmu sekarang. Segera perkenalkan melalui jejaring sosial atau ajang pencarian bakat yang mungkin bisa membuka jalan meretas industri musik tanah air hingga mendunia.

(kpl/xpi/aik)



MORE STORIES




REKOMENDASI