5 Fakta Menarik Risa Santoso, Lulusan Harvard - Jadi Rektor Termuda di Indonesia

Rabu, 06 November 2019 18:38 Penulis: Dhimas Nugraha
5 Fakta Menarik Risa Santoso, Lulusan Harvard - Jadi Rektor Termuda di Indonesia
Risa Santoso ©KapanLagi.com/Darmadi Sasongko


Kapanlagi Plus - Nama Risa Santoso mendadak viral beberapa waktu belakangan ini, sejak ia dilantik untuk menjabat sebagai salah satu rektor di sebuah universitas swasta di Malang. Di usianya yang masih 27 tahun, membuat dara cantik kelahiran Surabaya ini menjadi rektor termuda di Indonesia.

Risa dilantik pada hari Sabtu 2 November 2019 lalu. Kabar ini pun disampaikan oleh akun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ASIA Malang.

"Tanggal 2 november 2019 kemarin institut asia memiliki rektor muda cantik bernama Risa Santoso, BA., MA. Ed , rektor termuda di indonesia dengan banyak sekali pengalaman dan memiliki latar belakang yang menarik. dan selamat atas dilantiknya Risa Santoso, BA., MA. Ed sebagai rektor institut asia malang," dikutip dari akun instgram Bem ASIA Malang.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta menarik tentang Risa Santoso, Rektor termuda di Indonesia.

1. Lulusan Dua Kampus Bergengsi Luar Negeri

Risa Santoso mengenyam pendidikannya di dua universitas bergengsi luar negeri. Gelar Sarjananya ia peroleh saat kuliah di University of California, Berkeley di bidang Ekonomi dari tahun 2012-2014.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan S2-nya di Harvard University Graduate School of Education pada 2014-2015.

2. Pengalaman Organisasi

Selama masa kuliah, Risa cukup sering ikut kegiatan organisasi. Selain itu, perempuan 27 tahun ini punya banyak pengalaman di bidang pekerjaan. Tercatat ia pernah ikut dalam berbagai pelatihan kerja.

Ia pernah mengikuti program menjadi tutor ekonomi, matematika dan statistik di Diablo Valley College. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi anak magang di ASIA Malang selama tiga bulan.

3. Tenaga Ahli Muda di Staff Kepresidenan

Lulus dari kuliah, Risa Santoso kembali ke Indonesia dan bekerja sebagai tenaga ahli muda di Kantor Staff Kepresidenan. Selama 1,5 Tahun bekerja di bawah Deputi Isu-Isu Strategis Ekonomi di lembaga yang saat itu dipimpin oleh Luhut Binsar Panjaitan.

4. Direktur Pengembangan

Sebelum dilantik sebagai Rektor termuda, Risa Santoso sebelumnya menjadi direktur pengembangan bisnis di institut yang kini ia pimpin. Risa menjabat selama kurang lebih 2 tahun 10 bulan.

Lewat kampus tersebut, menginisiasi akselerasi kerjasama dengan Swiss dalam pengembangan startup lewat program AETP (Asia Entrepreneurship Training Program), Asia Hackaton dan program magang ke luar negeri.

5. Ingin Turut Bangun Negeri

Selama kuliah di Amerika, ternyata ada keinginan besar yang membuat Risa Santoso kembali ke tanah kelahirannya. Ia menjadi salah satu dari sekian mahasiswa yang terpanggil untuk mengabdi pada negeri sendiri.

Dan benar, sejak pulang ke Indonesia, Risa sudah bekerja di beberapa bidang yang berhubungan dengan ekonomi dan bisnis, hingga akhirnya bisa menjabat sebagai rektor termuda di Indonesia.

(kpl/dim)

Editor:

Dhimas Nugraha



MORE STORIES




REKOMENDASI