5 Manfaat Minum Kopi Di Pagi Hari bagi Tubuh Kita

Rabu, 15 Januari 2020 11:47 Penulis: Editor KapanLagi.com
5 Manfaat Minum Kopi Di Pagi Hari bagi Tubuh Kita
Credit Freepik.com

Kapanlagi Plus - Minum kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Harum kopi ditambah kenikmatan rasanya menjadi awalan yang bagus untuk memulai hari. Tidak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang menggemari hal tersebut.

Namun di balik itu, ternyata meminum kopi di pagi hari juga mempunyai manfaat bagi tubuh kita. Kopi yang biasa diseduh masyarakat Indonesia di pagi hari ini ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut ini adalah 5 manfaat meminum kopi di pagi hari:

1. Sumber Antioksidan

Kopi mengandung berbagai antioksidan yang baik bagi tubuh kita. Antioksidan seperti Antioksidan kuinin mengandung magnesium yang dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Tidak hanya itu, magnesium yang terkandung pada kopi dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Antioksidan lain yang terkandung pada kopi juga dapat membantu kita mengurangi resiko gigi berlubang, mengurangi rasa depresi, hingga meringankan sakit kepala.

2. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer menjadi momok bagi banyak masyarakat Indonesia berusia 60 tahun ke atas. Penyakit yang menyebabkan kelumpuhan pikiran dan kecerdasan seseorang ini dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Mulai dari kehilangan fungsi intelektual hingga lupa nama orang terdekat kita.

Penyakit Alzheimer memang belum ada obatnya, namun dapat dicegah dengan meminum kopi. Meminum kopi di pagi hari dapat membantu merangsang sel-sel otak kita untuk tetap bekerja. Dengan efek stimultan yang terkandung dari kafein dalam kopi, reaksi degeneratif yang terjadi di otak kita dapat kita cegah dengan meminum kopi.

3. Membakar Lemak

Fungsi lain kafein yang terkandung dalam kopi adalah mampu membantu tubuh membakar lemak. Kafein membantu meningkatkan metabolisme tubuh kita hingga 3%-11% sehingga memecah lemak di tubuh kita lebih cepat

4. Meningkatkan Kerja Otak

Kopi yang baik dapat membantu kita untuk meningkatkan fungsi kerja otak. Kafein yang terkandung dalam kopi bersifat stimultan. Yang artinya kafein yang terkandung dalam kopi akan membuat otak kita bekerja semaksimal mungkin jika kita mengkonsumsinya.

5. Meningkatkan Performa Fisik

Tidak hanya otak, dengan meminum kopi di pagi hari kita juga dapat menambah performa fisik. Dengan meminum kopi di pagi hari, sebesar 12% performa tubuh kita akan ditingkatkan oleh sifat stimultan yang terkandung pada kopi.

Kafein yang terkandung pada kopi juga meningkatkan adrenalin dalam aliran darah kita. Adrenalin yang mengalir dalam tubuh kita juga mengakibatkan rasa kantuk yang ada menjadi hilang. Maka dari itu mengkonsumsi kopi di pagi hari baik untuk mengawali kesibukan kita..

 

 

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI