6 Wisata Kuliner Khas yang Tak Boleh Dilewatkan di Solo

Minggu, 16 Desember 2018 14:00 Penulis: Guntur Merdekawan
6 Wisata Kuliner Khas yang Tak Boleh Dilewatkan di Solo
Kuliner Khas Solo / Credit: Dream.co.id

Kapanlagi Plus - Setiap kota pasti punya lokasi kuliner yang menyajikan makanan khas masing-masing. Dan bicara mengenai kuliner, Solo adalah 'surga'-nya para pecinta makanan. Berbagai wisata kuliner bisa kalian temukan di kota budaya tersebut, mulai dari jajanan seperti es gempol hingga makanan berat seperti nasi liwet hingga selat Solo.

Jika kalian punya plan untuk berkunjung ke Solo, berikut adalah 6 daftar kuliner yang patut dicoba demi kebahagiaan lidah maupun perut kalian..

Nasi Liwet

Adalah makanan ikonik khas Kota Solo. Nasi Liwet disajikan dengan menggunakan pincukan daun pisang dan isinya terdiri dari nasi putih dan laik berupa sayur labu siam, suwiran ayam, telur rebus hingga areh (santan gurih kental).

Nasi Liwet khas Solo / Credit: IstimewaNasi Liwet khas Solo / Credit: Istimewa

Lalu di mana tempat yang paling pas untuk mencoba Nasi Liwet? Salah satunya adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang berlokasi di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Harga Nasi Liwet pun cukup terjangkau, yakni sekitar 20 rupiah saja.

Selat Solo

Adalah kuliner lezat perpaduan antara Eropa dan Jawa. Selat solo berisi sayuran rebus seperti wortel, buncis dsn selada segad yang dicampur dengan telur rebus dan daging, lalu diguyur dengan kuah khusus yang sudah diberi rempah-rempah.

Konon katanya, selat berasal dari kata slatjee (salad) yang merupakan makanan khas orang Belanda di zaman dulu. Warga Indonesia lalu membuat versi lokalnya dengan bumbu dan penyajian yang disesuaikan dengan lidah lokal.

Sate Buntel

Disebut demikian karena sate ini dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengsn lapisan lemak tipis, lalu dibakar. Penyajiannya seperti sate lain pada umumnya, yakni menggunakan kecap, irisan bawang merah, cabe rawit, tomat dan rajangan kol.

Sate Buntel khas Solo / Credit: IstimewaSate Buntel khas Solo / Credit: Istimewa

Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi sate buntel adalah Sate Buntel Mbok Galak yang terletak di Jalan Ki Mangun Sarkoro, Sumber, Banjarsari. Harga dari sate buntet biasanya berkisar sekitar 35 ribu rupiah. Saking lezatnya, Presiden Jokowi pun sampai menggilai kuliner satu ini loh!

Brambang Asem

Menu satu ini lekat dengan imej Solo zaman dulu. Bahannya adalah ubi jalar rebus dengan aroma bawang merah pedas. Tempe gembus biasanya jadi side dish dari Brambang Asem. Harga menu satu ini pun sangat murah, yakni sekitar 3 ribuan saja per porsi.

Es Gempol Pleret

Solo tak cuma khas akan makanan beratnya. Es Gempol Pleret bisa jadi opsi kalian yang ingin makanan ringan atau pencuci mulut. Minuman ini terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan dawet ketan. Rasanya yang manis dengan aroma wangi daun pandan tak perlu ditanyakan lagi, sangat segar dan lezat!

Tahok

Tahok khas Solo / Credit: IstimewaTahok khas Solo / Credit: Istimewa

Last but not least, ada Tahok yang juga merupakan salah satu kuliner khas Solo. Tahok memiliki tekstur lembut seperti puding dengan rasa yang manis dari gula merah. Di dalamnya juga ada campuran sereh, daun pandan, serta jahe. Minuman ini biasa disajikan hangat dan dinikmati malam hari.

Puas menjajal kuliner di atas? Jangan lupa istirahat dengan menginap di hotel di Solo, seperti Airy Rooms. Selain terjangkau, akomodasi ini juga menyediakan fasilitas lengkap yang akan semakin memberikan kenyamanan beristirahat, seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis.

Cara bookingnya pun sangat mudah, bisa lewat website atau download aplikasinya di smartphone. Bagaimana, siap berwisata kuliner di Solo?

(kpl/gtr)

Reporter:

Agus Apriyanto



MORE STORIES




REKOMENDASI