15 Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris, Bisa Belajar Sambil Bernyanyi

Kamis, 29 September 2022 19:22
15 Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris, Bisa Belajar Sambil Bernyanyi
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Kemajuan teknologi membuat manusia makin mudah dalam mengakses konten yang berasal dari luar negeri. Hal ini pun akan memudahkan kalian dalam belajar bahasa asing. Kalian jadi bisa mengakses berbagai rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris melalui internet.

Tak harus selalu berhadapan dengan kamus atau buku percakapan tebal, dengan rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris ini kalian bisa menambah kosakata sambil menyanyi. Apalagi, liriknya juga berisi kata-kata indah.

Tak jarang pula, lirik dalam rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris berisi percakapan sehari-hari yang simpel. Mendengarkan lagu juga bisa jadi sebuah pembiasaan mendengar istilah asing dengan menyenangkan. Nah, jika kalian tertarik, langsung saja simak beberapa judul lagu berbahasa Inggris berikut ini.

 

 

 

 

1. Lagu I Know I\'m Not The Only One - Sam Smith

Isi lagu dari Sam Smith ini bercerita tentang perselingkuhan. Dalam lagu ini kalian bisa mempelajari bahasa Inggris khususnya tentang grammar perfect tense. Jelas, hal ini membuat lagu I Know I'm Not The Only One masuk daftar rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris.

Cobalah untuk mencermati setiap lirik dari lagu Sam Smith ini, di sana kalian bisa menemukan beberapa contoh. Misalnya, "I've had" dan "You've done".

 

 

 

 

2. Lagu Westlife - My Love

Rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya berasal dari Westlife. Salah satu lagu paling hit dari grup tersebut adalah My Love. Lagu ini sangat puitis, tapi bahasa yang digunakan seperti kosakata sehari-hari. Dengan begitu, My Love bisa dikatakan sebagai lagu yang easy listening. Untuk membuktikannya cobalah mendengarkan lagu ini dan pahami liriknya.

 

 

 

 

3. Lagu Taylor Swift - Begin Again

Apa kalian pernah mendengar fun fact menarik tentang Taylor Swift? Ya, menurut sebuah fun fact, lagu-lagu yang dibawakan Taylor Swift bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Pasalnya, lirik lagu yang dipilih merupakan bahasa sehari-hari. Alur cerita dari lagunya pun sangat mudah dipahami. Wajar jika kemudian lagu ini masuk ke dalam rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris yang bisa kalian dengarkan.

Lagu yang bisa kalian pilih saat ini adalah Begin Again. Coba dengar dan hapalkan lirik dari lagu tersebut. Siapa tahu hal ini akan memudahkan kalian belajar bahasa Inggris karena diksinya yang sederhana jadi lebih mudah dimengerti.

Jika dalam sekali dengar kalian bisa menghafal lagu dari Taylor Swift, hal itu bisa menjadi tanda bahwa proses listening yang dilakukan berjalan dengan baik. Selain itu, pemahaman kalian akan bahasa Inggris melalui lagu sudah bagus.

 

 

 

 

4. Lagu Bryan Adams - I\'ll Be Right Here Waiting For You

Rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya berasal dari Bryan Adams yang berjudul I'll Be Right Here Waiting For You. Tempo lagu yang lambat dalam lagu ini bisa mempermudah kalian dalam belajar bahasa Inggris. Bahkan, beberapa tempat les menggunakan lagu ini untuk melakukan tes listening.

Kalian bisa mendengarkan lagu ini dengan memperhatikan kata perkata yang didengar. Setelah itu, tulis ulang liriknya. Kalian bisa membedah pola kalimat atau grammar yang digunakan.

 

 

 

 

5. Lagu Something Just Like This - The Chainsmokers & Coldplay

Rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris yang tak kalah hit adalah Something Just Like This dari The Chainsmokers & Coldplay. Lagu ini menjadi favorit karena memiliki kalimat yang penuh metafora. Padahal, bahasa tersebut juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal unik lain yang bisa ditemukan dari lagu ini adalah vocabulary yang berkaitan dengan dongeng seperti esclipse, testament, legend, dan myth. Dengan begitu pembendaharaan kata yang kalian miliki bisa bertambah.

 

 

 

 

6. Lagu James Arthur - Say You Wont\'t Let Go

Belajar bahasa Inggris pasti harus mempelajari beberapa past tense. Cara paling mudah supaya bisa dengan menghafal kosakata dalam past tense. Kosakata yang paling penting adalah kata kerja yang tidak beraturan. Nah, lagu dari James Arthur yang berjudul Say You Wont't Let Go ini bisa jadi salah satu rekomendasi. Nah, wajar kan jika lagu ini masuk ke dalam rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris?

Pasalnya, lirik dari lagu ini berbentuk kalimat lampau, bahkan ada kata kerja tak beraturan yang bisa dihafalkan seperti made, met, held, dan knew.

 

 

 

 

7. Lagu Ed Sheeran - Shape Of You

Ed Sheeran adalah salah satu penyanyi yang berasal dari Inggris sehingga aksen yang dilafalkan adalah British. Kalian yang ingin belajar bahasa Inggris dengan aksen ini bisa memilih lagi dari Ed Sheeran.

Rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris yang bisa kalian pilih adalah Shape Of You. Dari lagu tersebut, kalian bisa menambah kosakata baru lagi. Pada dasarnya setiap kalian belajar lagu dari bahasa Inggris, kalian juga bisa menambah kosakata baru. Coba tulis dan hafalkan setiap hari supaya lebih lancar.

 

 

 

 

8. Lagu Memories - Maroon 5

Rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris berikutnya adalah Memories yang merupakan lagu dari Maroon 5. Lagu Memories rilis tahun 2019 silam yang mana isi lagu tersebut cukup relate dengan kehidupan. Mengulas sedikit tentang lagu ini, Memories mengandung makna mendalam tentang kenangan-kenangan manis bareng orang-orang tercinta yang telah pergi. Karenanya, kenangan tersebut mengingatkan bahwa ada kisah yang pernah kalian lewati bersama meskipun kini telah terpisah,

Terlepas dari itu, lagu Memories dari Maroon 5 bisa dijadikan media belajar bahasa Inggris karena lagu ini layaknya sebuah storytelling yang mana sangat enak buat didengarkan. Begitu juga lagu Memories memiliki sejumlah kosakata baru yang dapat menambah referensi pembelajaran kalian.

 

9. Lagu Enchated -Taylor Swift

Apabila kalian sudah menguasai sejumlah kosakata bahkan kata dasar bahasa Inggris, lagu Enchated dari Taylor Swift bisa dijadikan referensi. Membahas sedikit mengenai lagu Enchated, lagu ini rilis tahun 2010 silam yang mana liriknya relate dengan kisah cinta Taylor Swift. Ya, Enchated mengandung makna tentang cinta pada pandangan pertama kepada seorang pria. Namun, ia tidak mengetahui perasaan laki-laki tersebut apakah sama dengan dirinya.

Selain itu, lagu Enchated Taylor Swift ini bisa jadi rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris karena mengandung banyak kosakata baru yang tingkatannya lebih sulit. Sebut saja salah satunya kata enchanting yang mana termasuk kosakata baru dalam bahasa Inggris. Namun, tenang karena lagu Enchated memiliki lirik yang seperti storytelling sehingga sangat nyaman buat mendengarkan.

 

10. Lagu Speechless - Naomi Scott

Masih ingat dengan film animasi ALADIN? Film ini memang cukup populer dan digemari semua kalangan. Apalagi, tahun 2019 silam lagu ini berhasil mencuri perhatian publik setelah dijadikan salah satu soundtrack film ALADIN. Dinyanyikan oleh Naomi Scott, Speechless wajib masuk rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris.

Sementara itu, Speechless mengandung makna tentang kisah Putri Jasmine yang kala itu mengalami ketidakadilan sebagai seorang perempuan. Dalam lagu tersebut menyoroti bagaimana sosok perempuan bisa menjadi seorang pemimpin serta makna lain seperti sebuah tradisi. Sedangkan Speechless liriknya sangat mudah diingat dan dipelajari dengan berbagai kosakata yang dapat melatihmu berbicara dalam bahasa Inggris secara tepat.

 

11. Lagu The Reason - Hoobastank

Rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris berikutnya adalah The Reason karya Hoobastank. Lagu ini rilis tahun 2003 silam yang mana mengandung makna mendalam tentang penyesalan seseorang. Karenanya dari penyesalan tersebut mencoba ia perbaiki lagi.

Namun seperti diketahui bak nasi sudah jadi bubur, kejadian di masa lalu tentunya tidak bisa diulang lagi. Sementara itu, lagu The Reason juga bisa kalian jadikan media belajar bahasa Inggris. Nggak hanya untuk belajar, lagu ini sangat enak buat didengar.

 

12. Lagu You Are My Sunshine - Johnny Cash

Rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris lainnya adalah You Are My Sunshine. Lagu ini cocok dijadikan referensi belajar bahasa Inggris untuk anak-anak. Karenanya liriknya mudah dimengerti dan tentunya nyaman didengar.

Selain itu lagu You Are My Sunshine mengandung makna mendalam tentang rasa cinta orang tua kepada anaknya. Sembari menyanyikan lagu ini, nggak ada salahnya buat mengeja satu persatu kosakata bahasa Inggris dan mengartikannya.

 

13. Lagu Perfect - One Direction

Lagu-lagu boygroup One Direction memang cukup populer. Salah satunya Perfect yang kini kembali ramai di media sosial. Lagu ini rilis di tahun 2015 silam yang mana langsung melejit merajai berbagai chart musik.

Sementara itu, Perfect juga masuk dalam jajaran rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris karena dapat melatih daya ingat, dengar dan perbanyak kosakata baru. Sembari mendengarkan, tidak ada salahnya buat menulis kembali liriknya bahkan bisa mengartikan dalam bahasa Indonesia.

 

14. Lagu Johnny, Johnny Yes Papa

Rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris buat anak-anak bisa mendengarkan lagu berjudul Johnny, Johnny Yes Papa. Lagu ini cukup populer dipakai orang tua mengenalkan kosakata bahasa Inggris pada buah hati mereka. Liriknya yang sederhana dan mudah dimengerti tentunya cocok untuk anak-anak balita. Selain itu, dengan lagu ini dapat melatih buah hati mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris serta merespon lawan bicara. Dijamin dengan lagu ini selain bikin anak jadi senang juga dapat dijadikan media belajar terbaik. Tertarik mencoba?

 

15. Lagu Paris - The Chainsmokers

Penggemar lagu-lagu The Chainsmokers wajib merapat buat memakai karya mereka sebagai media belajar bahasa Inggris. Salah satunya adalah lagu Paris yang juga cocok buat masuk rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris. Informasi singkat, lagu Paris mengandung makna tentang kisah romansa seseorang yang berada di Paris. Berbagai suka duka mereka lewati di Paris dengan berbagai kisahnya. Selain itu dengan lagu ini, bisa menambah referensi buat mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Inggris secara benar. Salah satu contohnya kosakata Frown yang terdapat dalam lirik lagu Paris.

Nah, itulah beberapa rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris yang bisa kalian pilih.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI