8 Cara Mengempeskan Jerawat Bengkak Dalam Semalam, Mudah Dilakukan!

Minggu, 24 Januari 2021 13:44 Penulis: Dita Tamara
8 Cara Mengempeskan Jerawat Bengkak Dalam Semalam, Mudah Dilakukan!
(credit: flicker)


Kapanlagi Plus - Apa kalian salah satunya yang memiliki masalah pada wajah akibat timbulnya jerawat? Ya, jerawat masih menjadi masalah buruk yang di hadapi kebanyakan orang. Timbulnya bintik merah kerap membuat seseorang menjadi tampil tidak percaya diri. Tak heran jika berbagai cara mengempeskan jerawat mulai dilakukan demi mendapatkan kulit yang sehat dan bersih.

Namun, sebelum kalian mengetahui cara mengempeskan jerawat ada baiknya kalian juga mengetahui mengapa jerawat itu muncul. Hal ini sering dikaitkan dengan kondisi perubahan hormon dimana menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak pada kulit wajah. Masalah inilah yang mengubah aktivitas bakteri yang biasanya tidak berbahaya menjadi berbahaya. Hal ini lah yang membuat jerawat muncul di wajah kalian.

Bahkan, masalah jerawat seringkali membuat kantong jebol lantaran melakukan berbagai perawatan wajah. Lalu, bisa nggak sih cara mengempeskan jerawat secara alami dilakukan dalam waktu yang cepat? Tentu saja bisa, Penasaran? Berikut ini cara mengempeskan jerawat yang bisa langsung kalian praktekkan. Yuk langsung saja simak ulasannya.

1. Obat Tetes Mata

Obat tetes mata ternyata bisa kalian gunakan untuk mengempeskan jerawat yang memerah lho. Hal ini lantaran obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang dapat membantu mengempeskan jerawat dengan cepat. Adapun cara menggunakannya yaitu dengan meletakkan kapas yang sudah dibasahi oleh tetes mata di dalam freezer. Jika sudah, biarkan selama semalam dan keesokan paginya, tempelkan kapas tersebut pada jerawat beberapa menit. Ketika cairan tersebut terserap dalam kulit, maka akan menyebabkan penyempitan sementara pembuluh darah dan menyebabkan jerawat bisa mengempes.

2. Bawang Putih

Bawang putih yang biasa kalian gunakan untuk bahan masakan ini, ternyata mempunyai manfaat untuk mengempeskan jerawat lho. Kandungan allicin dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang cukup kuat sehingga menjadikannya ampuh untuk mengempeskan jerawat. Caranya, siapkan satu siung bawang putih yang sudah kalian potong-potong. Kemudian usapkan cairan bawang putih tepat pada jerawat yang bengkak. Dengan begitu, jerawat akan kering dan mengempes dalam waktu semalam.

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil bisa menjadi salah satu alternatif yang ampuh untuk mengempeskan jerawat. Minyak ini terkenal dengan khasiatnya melawan bakteri dan mengurangi inflamasi. Adapun cara menggunakan tea tree oil untuk mengempeskan jerawat yaitu dengan mencampurkan tea tree oil dengan air 1:9. Setelah itu, celupkan cutton bud lalu oleskan pada jerawat. Diamkan selama 30 menit, lalu dibilas dengan air bersih. Ulangi proses ini dua kali sehari, sesuai kebutuhan. Dengan begitu, jerawat kalian akan mengempes dengan sendirinya.

4. Kayu Manis

Sifat antiinflamasi kayu manis yang dikombinasikan dengan sifat anti-mikroba madu membuat kombinasi ini bagus untuk menghilangkan jerawat. Kayu manis memiliki sifat penyembuh luka yang bisa membantu menghilangkan jerawat.

Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis untuk membentuk pasta. Oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas masker sepenuhnya dan tepuk-tepuk wajah hingga kering.

5. Es Batu

Selanjutnya, cara paling mudah dan paling sederhana dilakukan untuk mengempeskan jerawat yaitu hanya dengan menggunakan es batu. Kalian hanya perlu mengompres jerawat untuk membantu mengempeskan jerawat yang memerah. Selain itu, perlu kalian ketahui pula jika es batu dapat bermanfaat mengecilkan pori-pori wajah dan menyerap minyak berlebih. Kalian hanya perlu membungkus sebongkah es batu dengan kain atau saputangan bersih yang kemudian tempelkan pada bagian kulit yang berjerawat.

6. Tomat

Selanjutnya, cara mengempeskan jerawat yaitu dengan menggunakan tomat. Kandungan vitamin A pada tomat dipercaya dapat mengatasi peradangan yang terjadi akibat timbulnya jerawat. Cara mengempeskan jerawat dengan tomat yaitu dengan rutin mengonsumsi tomat maupun kalian ubah menjadi masker wajah. Bahkan, caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu menempelkan tomat yang sudah dihancurkan pada wajah. Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan wajah kalian.

7. Kunyit, Lemon, dan Madu

Kunyit, lemon, dan madu menjadi perpaduan yang pas untuk membantu mengempeskan jerawat. Hal ini lantaran ketiga bahan tersebut mengandung antioksidan yang dapat membantu mengatasi peradangan. Cara menggunakannya yaitu, haluskan kunyit terlebih dahulu dan campurkan dengan jeruk nipis, serta 2 sdm madu. Aduk ketiga bahan tersebut hingga menjadi pasta dan aplikasikan pada wajah. Jika sudah, diamkan selama 10 menit lalu bilas wajah hingga bersih.

8. Pasta Gigi Tanpa Mint dan Flouride

Selanjutnya, cara mengempeskan jerawat bisa kalian lakukan dengan menggunakan pasta gigi tanpa kandungan mint dan fluoride. Sebab, kedua kandungan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh sebab itu, gunakan pasta gigi tanpa kandungan mint dan fluoride. Hal ini lantaran di dalam pasta gigi mengandung silica, yang membantu mengeringkan jerawat.

Itulah cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah yang bisa langsung kalian coba. Selain mengempeskan jerawat dengan cara di atas, ada baiknya kalian juga mengimbangi dengan olahraga yang teratur, banyak mengonsumsi air putih, jaga pola makan, serta mengurangi stres yang dapat memicu timbulnya jerawat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI