8 Potret Desain Sirkuit Mandalika di NTB, Tempat MotoGP 2021 Digelar

Jum'at, 22 Februari 2019 13:50 Penulis: Galuh Esti Nugraini
8 Potret Desain Sirkuit Mandalika di NTB, Tempat MotoGP 2021 Digelar
Sirkuit Mandalika (credit: instagram.com/sea.infra) diambil 22/2/2019 pukul 13,00 WIB


Kapanlagi Plus - Indonesia akan bersiap menjadi tuan rumah MotoGP di tahun 2021. Kabar tersebut tak hanya menjadi berita miring belaka. Nyatanya BUMN pengembang destinasi wisata terpadu, Tourism Development Corporation (ITDC) dikabarkan tengah membangun sirkuit baru.

Kabar sebelumnya menyebutkan jika Indonesia akan menggelar MOtoGP 2017. Gelaran tersebut akan dilakukan di sirkuit Sentul, Bogor. Namun otoritas penyelenggara MotoGP kala itu mengatakan jika sirkuit Sentul belum memenuhi standar.

1. Di NTB

Maka dari itu, pembangunan sirkuit baru akan dilakukan. Lintasan balap itu akan dibangun di kawasan ekonomi khusus Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Proses pembangunan pun akan dimulai tahun ini.

 

2. 2020 Uji Kelayakan

Mulai bulan Oktober tahun ini, ITDC akan membangun pembentukan badan jalan. Sehingga jika pembangunan berjalan lancar, di tahun 2020 sudah bisa melakukan uji kelayakan.

"Ada beberapa terowongan juga yang harus dibuat, sehingga nanti akhir tahun 2020 uji kelayakan. Setelah itu nanti diputuskan kita ikut race Maret atau Oktober 2021," kata Direktur Konstruksi dan Operasional ITDC, Ngurah Wirawan seperti yang dilansir dari antaranews pada Kamis (21/2).

3. Rancangan Desain

Proses pembangunan dan rancangan desain sirkuit Mandalika pun kini telah beredar di media sosial. Seperti yang terlihat dalam akun @sea.infra misalnya.

4. Dikontrak 3 Tahun

Sirkuit Mandalika telah dikontak menjadi tuan rumah selama tiga tahun. Bahkan Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Abdulbar M Mansoer telah melakukan penandatanganan kontrak.

"Secara legalitas kita sudah dapat kontrak untuk MotoGP. Nanti akan ada world announcement (Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP) karena mereka terkait dengan pabrik motornya, sponsor-sponsor," ujarnya di Jakarta, Selasa (19/2/2019) seperti yang dilansir dari Liputan6.com.

5. Destinasi Wisata

Dengan menjadi tuan rumah di tahun 2021 mendatang, tentu akan berdampak juga dengan wisata yang ada. Destinasi setempat juga akan meningkat, karena dari sirkuit tersebut akan membawa daya tarik bagi wisatawan ke Mandalika.

6. Jadi Sirkuit yang Beda

Ada keunikan nantinya setelah sirkuit ini telah dibangun. Biasanya setelah pertandingan selesai sirkuit akan kosong, namun di sirkuit Mandalika ini tetap akan beroperasi sebagai jalan raya untuk para pengendara motor.

"Sirkuit jalan akan dibangun dari nol, tidak seperti trek di Singapura dan Monako. Ketika tidak ada balapan, itu akan digunakan sebagai jalan raya biasa di daerah tersebut," ujar Abdulbar M Mansoer, Direktur Umum PT Pengembangan Pariwisata Indonesia.

7. Ribuan Pekerja

Dengan adanya proyek besar ini, tentu akan menyerap tenaga kerja yang begitu banyak. Apalagi setelah sirkuit ini mulai telah selesai dibangun.

Berbagai lapangan kerja pun ada, seperti tenaga perhotelan sampai teknisi balap. Masyarakat sekitar pun bisa ikut merasakan hasil dengan menjual berbagai macam souvenir.

8. Tak Sabar

Pembangunan sirkuit ini dilakukan oleh ITCD yang bekerja sama dengan konstruksi asal Perancis. Ya, kurang lebih pembangunannya akan memakan waktu kurang lebih setahun.

Bagaimana KLovers dengan adanya pembangunan ini? Para pencinta MotoGP tentu akan menyambut baik pembangunan ini.

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI