127 Kata-Kata Sedih Menyentuh Hati Banget dan Penuh Makna, Ungkap Kesedihan Mendalam

Kamis, 21 Oktober 2021 12:33
127 Kata-Kata Sedih Menyentuh Hati Banget dan Penuh Makna, Ungkap Kesedihan Mendalam
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Setiap orang yang hidup di dunia pasti pernah merasakan sedih dan kecewa. Pasalnya, kehidupan di dunia tak selamanya berjalan sesuai rencana dan berisi hal-hal bahagia. Sebaliknya, terkadang seseorang harus menemui situasi sulit dalam hidupnya membuat kehidupan terasa berat dan sulit dilalui. Kata-kata sedih menyentuh hati banget bisa jadi cara mengungkapkan kesedihan yang mendalam.

Rasa sedih dan kecewa jadi hal yang sebaiknya diluapkan. Sebab, memendam kesedihan dan kekecewaan hanya akan menciptakan luka batin yang sulit disembuhkan. Selain itu, terus berlarut-larut dalam kesedihan juga bisa mematikan semangat dan motivasi.

Meluapkan kesedihan lewat kata-kata tak saja akan membuat hati lebih lega. Lebih dari itu, kata-kata sedih dan menyentuh bisa jadi titik balik seseorang untuk bangkit. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata sedih menyentuh hati banget yang penuh makna.

1. Kata-Kata Sedih Menyentuh Hati Banget

Hal-hal yang menyedihkan cenderung mudah membuat seseorang tersentuh hatinya kemudian berempati. Sebab seperti yang disebutkan sebelumnya, kesedihan jadi hal yang bisa dirasakan siapa saja. Saat melihat orang lain bersedih, kita akan mengingat kesedihan serupa yang tersimpan di hati. Berikut kata-kata sedih menyentuh hati banget.

1. "Jatuh hati mengajarkan aku bagaimana memberanikan diri. Juga bagaimana menjadi sabar saat kau tinggalkan sendiri."

2. "Seseorang seringkali kecewa dengan cinta yang ia harapkan dan tidak dengan cinta yang telah diberikan."

3. "Lebih menyakitkan diabaikan daripada dibenci, karena itu membuatmu merasa seperti tidak berarti."

4. "Seperti adanya, kita menderita karena kita membayangkan berbeda."

5. "Aku menikmati setiap detik bersamamu, jika kelak kau pergi aku telah memiliki semua itu dalam ingatanku."

6. "Ketika kepercayaan dirusak, kata maaf sudah tak ada artinya lagi."

7. "Kamu akan benar-benar kecewa jika kamu berpikir orang akan memperlakukanmu seperti kamu memperlakukan mereka. Tidak semua orang memiliki hati yang sama sepertimu."

8. "Kita saling menghancurkan dengan kebersamaan. Kita menghancurkan mimpi satu sama lain."

9. "Ketika kesabaran yang aku miliki mulai pudar, jangan tanya kenapa. Cukup kamu lihat saja dan mengerti kenapa aku begini."

10. "Hampa itu seperti langkah tak berjejak, senja tapi tak jingga, cinta tapi tak dianggap."

11. "Aku memang sering kali bersabar, namun alangkah baiknya jika kamu tidak menguji kesabaranku."

12. "Jika kau tidak bahagia denganku, maka setidaknya bahagialah tanpa diriku."

13. "Tidak akan ada kekecewaan yang mendalam di mana tidak ada cinta yang mendalam."

14. "Tenanglah, aku yakin jarak akan mengalah, sebab ia bosan mendengar rindu."

15. "Mungkin hanya aku yang merindukanmu, meneteskan air mata, dan berharap bertemu secepatnya."

16. "Saat kita jauh, jangan pernah sekalipun membenci jarak, karena sejatinya jarak membuat rindu itu terjadi."

17. "Kamu yang membuat aku mengerti arti dari kecewa dan patah hati."

18. "Pundakku mungkin takkan selalu ada saat kamu bersedih dan menangis, tapi cintaku akan selalu ada untukmu."

19. "Setidaknya, ketika kita terpisah jarak, ingatlah bahwa ada sosok yang menunggumu untuk lekas pulang."

20. "Harapan adalah akar dari semua sakit hati."

 

2. Kata-Kata Sedih Menyentuh Hati Banget Bikin Baper

Merasakan kesedihan orang lain bisa membuat kita terbawa perasaan alias baper. Alhasil, kita juga akan merasakan kesedihan yang serupa meski tanpa kita sadari. Berikut kata-kata sedih menyentuh hati banget yang bisa bikin baper.

21. "Setiap kali orang bertanya padaku apakah aku baik-baik saja, hal ini semakin mengingatkan bahwa aku tidak baik-baik saja."

22. "Orang menangis bukan karena mereka lemah. Tapi, mereka menangis karena telah berusaha kuat dalam waktu yang lama." - Johnny Depp

23. "Banyak hal berubah. Dan teman-teman pergi. Hidup tidak berhenti untuk siapa pun." - Stephen Chbosky.

24. "Rasa sakit berkeras saat dirawat. Tuhan berbisik kepada kita dalam kesenangan kita, berbicara dalam hati nurani kita, tetapi berteriak dalam kesakitan kita. Itu megafon-Nya untuk membangkitkan dunia yang tuli." - CS Lewis.

25. "Sungguh menyakitkan melihat orang yang sangat kamu cintai, mencintai orang lain. Tapi, itu lebih menyakitkan ketika kamu mengetahui bahwa kamu hanyalah jembatan mereka untuk menyeberang ke orang yang mereka cintai."

26. "Sakit sekali rasanya ketika kamu sudah melakukan yang terbaik, tapi ternyata masih tidak cukup."

27. "Jangan khawatir akan hari esok kesusahan hari ini cukuplah hari ini."

28. "Selama ini cinta tidak mengenal kedalamannya sendiri sampai saat perpisahan." - Kahlil Gibran.

29. "Tidak ada yang lebih buruk daripada ketika seseorang yang seharusnya mencintaimu, pergi begitu saja." - Ava Dellaira.

30. "Proses pendewasaan dalam hidup ini adalah melalui ujian-ujian yang terjadi dalam hidupmu."

31. "Aku tidak tahu apakah tempatku benar-benar di sini. Aku tidak punya seorangpun untuk diajak bicara."

32. "Salah satu perlindungan dari kekecewaan adalah memiliki kesibukan." - Alain de Botton.

33. "Menyedihkan mengetahui bahwa saya sudah selesai. Tapi, melihat ke belakang, saya punya banyak kenangan indah." - Bonnie Blair.

34. "Air mata yang menetes untuk orang lain bukanlah pertanda kelemahan. Itu adalah tanda hati yang murni." - José N. Harris.

35. "Kamu bertemu semua orang dua kali dalam hidup ini, saat mereka datang dan saat mereka pergi." - CC Aurel.

36. "Bukan hal yang mudah melepaskan atau mempertahankan apa yang semula baik tiba-tiba berubah drastis menjadi amat buruk."

37. "Aku berharap aku dapat memberikan rasa sakitku hanya untuk sesaat sehingga kamu dapat memahami betapa kamu menyakitiku." - Mohsen El- guindy.

38. "Bagiku, tidur bukanlah sekadar melepas lelah, melainkan sebuah pelarian."

39. "Ketika kamu merasa sangat terluka atas sikap orang lain, maka berdoalah kepada Allah agar kamu tidak berbuat seperti apa yang telah dilakukannya."

40. "Beberapa hari hanyalah hari yang buruk, itu saja. Kamu harus mengalami kesedihan untuk mengetahui kebahagiaan, dan saya mengingatkan diri saya sendiri bahwa tidak setiap hari akan menjadi hari yang baik, begitulah adanya!" - Dita Von Teese.

 

3. Kata-Kata Sedih Menyentuh Hati Banget Bikin Menangis

Menangis jadi salah satu cara melepaskan emosi dalam jiwa. Tak sekadar bikin baper, beberapa hal yang sangat menyedihkan juga bisa membuat seseorang tanpa sadar meneteskan air mata. Berikut kata-kata sedih menyentuh hati banget yang bisa bikin menangis.

41. "Saat-saat indah hari ini adalah saat-saat sedih di masa depan." - Bob Marley.

42. "Setiap orang memiliki rahasia dukacita yang tidak diketahui dunia; dan sering kali kita menyebut orang yang dingin, padahal dia hanya sedih." - Henry Wadsworth Longfellow

43. "Ketika satu pintu menutup, pintu lain terbuka; tetapi kita begitu sering melihat begitu lama dan sangat menyesal pada pintu yang tertutup sehingga kita tidak melihat pintu yang terbuka untuk kita." - Alexander Graham Bell.

44. "Kata-kata lebih menyakitkan daripada apapun, karena mereka bertahan, kadang selamanya."

45. "Akan lebih mudah untuk memaafkan orang biasa daripada memaafkan luka yang diberi oleh orang tercinta."

46. "Alangkah baiknya aku pergi dari hidupmu, karena aku bukan siapa-siapa lagi di hatimu. Aku setia kamu mendua, aku mencintai kamu malah pergi."

47. "Meskipun ku tak siap untuk merindu, ku tak siap tanpa dirimu, kuharap terbaik untukmu." – Endank Soekamti.

48 "Mungkin kebahagiaan bersamamu hanya seperti mimpi, tapi biarlah mimpi itu terus menemani di setiap tidurku."

49. "Kesedihan juga merupakan salah satu bentuk pembelaan." - Ivo Andric.

50. "Kamu sangat peduli sehingga kamu merasa seolah-olah kamu akan mati kehabisan darah dengan rasa sakit itu." - JK Rowling.

51. "Aku pernah berharap untuk menghilang saja dari dunia ini. Dunia ini terlihat begitu gelap dan aku menangis sepanjang malam. Apakah aku akan merasa lebih baik jika aku menghilang?"

52. "Suatu saat kamu akan merasakan apa yang sedang aku rasakan saat ini. Sakit hatiku tak akan sembuh jika masih bersamamu."

53. "Aku tak mampu melupakanmu tapi aku sanggup melepaskanmu."

54. "Air mata adalah kata-kata yang perlu dituliskan." - Paulo Coelho.

55. "Rasanya sakit untuk melepaskan, tetapi kadang-kadang lebih menyakitkan untuk bertahan."

56. "Jangan menangis karena sudah berakhir, tersenyumlah karena sudah terjadi." - Dr. Seuss.

57. "Kesedihan hanyalah sebuah tembok di antara dua taman." - Khalil Gibran.

58. "Sungguh luar biasa mengetahui ada seseorang yang bisa menghancurkan hatimu dan kau tetap mencintainya dengan serpihan-serpihan itu."

59. "Jika aku memperlakukanmu sama seperti kau memperlakukanku. Kau pasti membenciku."

60. "Daripada menangis dan mendambakan mereka yang meninggalkan jalan kita selama saat-saat gelap dalam hidup kita, mari luangkan waktu untuk berterima kasih kepada mereka yang berdiri dan membantu kita melewati jalan gelap itu." - Nehali Lalwani.

 

4. Kata-Kata Sedih Menyentuh Hati Banget Penuh Makna

Tak saja berisi kesedihan, kata-kata sedih juga seringkali ditulis dalam kalimat yang penuh makna. Sehingga, dari kata-kata tersebut kita bisa belajar banyak hal dalam hidup. Berikut kata-kata sedih menyentuh hati banget yang penuh makna.

61. "Kamu tidak dapat melindungi diri dari kesedihan tanpa melindungi diri dari kebahagiaan." - Jonathan Safran Foer.

62. "Air mata keluar dari hati dan bukan dari otak." - Leonardo da Vinci.

63. "Jika kamu adalah orang yang berhati baik, kamu mengalami lebih banyak masalah daripada yang lain."

64. "Ada waktu untuk berangkat, meski tidak ada tempat pasti untuk pergi." - Tennessee Williams.

65. "Pernikahan bukanlah hiburan, melainkan tindakan yang serius, dan umumnya menyedihkan." - Ratu Victoria.

66. "Pertama, terimalah kesedihan. Sadarilah bahwa tanpa kalah, menang tidaklah terlalu bagus." - Alyssa Milano.

67. "Hal-hal yang menyedihkan terjadi. Tapi, kita tidak perlu hidup sedih selamanya." - Mattie Stepanek.

68. "Kamu tidak pernah bisa mengontrol dengan siapa kamu jatuh cinta, bahkan ketika kamu berada di saat yang paling menyedihkan dan membingungkan dalam hidupmu. Kamu tidak jatuh cinta dengan orang lain karena mereka menyenangkan. Itu terjadi begitu saja." - Kirsten Dunst.

69. "Biarlah jiwaku tersenyum melalui hatiku dan hatiku tersenyum melalui mataku agar aku dapat menyebarkan senyuman yang kaya di dalam hati yang sedih." - Paramahansa Yogananda.

70. "Biarkan aku menyimpan bagian terakhir hatiku sebelum kau merobek semuanya." - Lykke Li.

71. "Dinding yang kita bangun di sekitar kita untuk menahan kesedihan, juga menahan kegembiraan." - Jim Rohn.

72. "Dia mengajariku bagaimana mencintai, tapi bukan bagaimana berhenti."

73. "Orang akan melihat kesuksesanmu, tetapi mereka tidak akan melihat perjuanganmu."

74. "Hidup itu sulit, kamu harus kuat dari dalam."

75. "Hal yang paling menyakitkan adalah kehilangan diri sendiri dalam proses terlalu mencintai seseorang, dan lupa bahwa kamu juga spesial." - Ernest Hemingway.

76. "Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain karena mereka tidak tahu saat burukmu dan kamu tidak tahu tentang mereka."

77. "Saat kamu merasakan sakit, ingatlah itu pertanda bahwa dosa-dosamu makin berkurang."

78. "Kamu tidak bisa membeli cinta, tapi kamu bisa membayar mahal untuk itu." - Henny Youngman.

79. "Menangis sendiri tidak menunjukkan bahwa kamu lemah, tetapi itu menunjukkan bahwa kamu kuat."

80. "Kata 'bahagia' akan kehilangan artinya jika tidak diimbangi dengan kesedihan." - Carl Jung.

5. Kata-Kata Sedih Menyentuh Hati Banget Perpisahan

Kesedihan sering kali mengriringi peristiwa perpisahan. Kesedihan pun bisa diungkapkan dengan berbagai cara, entah secara langsung, puitis, hingga lucu. Nah, bagi kalian yang sedang mencari inspirasi, langsung saja simak kata-kata sedih menyentuh hati banget berikut ini.

81. "Malam minggu di bandara. Yang lain begitu keluar bandara disambut dengan: Aku kangen kamu. Gue disambut dengan: Taksi, Mas?"

82. "Kambing yang menjadi korban, bermanfaat bagi manusia,jomblo yang kebanyakan berkorban? entahlah" - Vergi Crush.

83. "Tiba-tiba aku merasa tidak nyaman berada di mana pun. Entah itu di sekolah atau di rumah. Dan aku pun merasa orang-orang di sekitarku menjadi orang asing. Bahkan, aku merasa asing dengan diriku sendiri" - Flipped.

84. "Seberat apapun pekerjaan, apabila tidak dikerjakan maka akan terasa ringan."

85. "Bila Anda jelek, jangan takut mencintai. Karena yang seharusnya takut adalah yang Anda cintai" - Cak Lontong.

86. "Semua orang punya tanggung jawabnya masing–masing, tapi jika aku kangen siapa yang akan tanggung jawab?"

87. "Waspadalah ancaman laki-laki tabrak lari. Kerjaannya bikin hati penyok lalu ditinggal pergi"

88. "Seberat apapun masalahmu, jangan ditimbang. Gak bakal laku"

89. "Ngeliat mantan jalan sama sahabat sendiri: aku ra popo. Digigit anjingnya mantan: aku ra bies."

90. "Jomblo sekarang terlalu banyak dicari. Padahal mereka cuma satu yang dicari: cari yang mau. Itu aja susah!"

91. "Cieeee yg tiap ngedeketin gebetan malah dibilang: Pahit.. Pahit... Pahit"

92. "Aku nembak kamu, terus kamu nolak aku dengan alasan aku terlalu baik buat kamu. Eh, kamu malah jadian sama cowok yang ngejahatin kamu terus. Kamu jahat!"

93. "Zaman sekarang tuh mustahil banget kalo orang gak megang hp dalam tiga jam. Jadi kalau kamu gak dibales juga, ya itu sih sengaja diabaikan"

94. "Yang pacaran: hujan di luar, di kamar telpon-telponan kangen-kangenan. Yang jomblo: hujan di luar, tiduran di comberan"

95. "Saking galaunya, dengerin lagu buka dikit joss pun sampai nangis"

96. "Badan lemes, tenggorokan sakit, mata berkunang-kunang, kata dokter: keracunan janji manis"

97. "Cieee yang nelpon pacarnya terus ada operator bilang 'Nomor yang anda hubungi sedang selingkuh'"

98. "Seberat apapun pekerjaan, apabila tidak dikerjakan maka akan terasa ringan."

99. "Cinta datang dari mata ke hati, selanjutnya dari hati ke air mata."

100. "Mungkin kebahagiaan bersamamu hanya seperti mimpi, tapi biarlah mimpi itu tersu menemani di setiap tidurku."

101. "Kamu seperti hujan, turun dan reda tak beraturan, sedangkan aku adalah tanaman yang setia menunggumu turun."

102. "Jangan tempatkan aku bersama wajah-wajah sendu pada hari bahagiamu."

103. "Aku hanyalah setitik cahaya yang tak ada artinya dengan gemerlap di luar sana. Namun jika malam gelap mendekapmu, aku kan jadi mentarimu."

104. "Kopi sempurna karena rasa pahitnya, demikian pula cinta."

105. "Kita sering menyembunyikan rasa cinta kepada orang yang kita sukai, padahal kita sangat ingin menyatakannya."

106. "Jangan terlalu sering memikirkanku. Aku tidak mau membuatmu sedih. Hiduplah dengan baik. Aku akan terus mengiringi tiap langkahmu."

6. Kata-Kata Sedih Menyentuh Hati Banget Bahasa Inggris

Mengungkapkan kesedihan atau kekecewaan bukanlah hal mudah. Jika kalian masuk dalam daftar orang yang tak bisa menceritakan kesedihannya, langsung saja baca kata-kata sedih menyentuh hati baget kali ini. Dengan begitu, bisa jadi kalian akan dapat sumber inspirasi.

107. "God always has the best one for you. He has the solution for your every problem, relieving feeling for your sadness, and happiness that waits for you."

(Tuhan selalu memiliki yang terbaik untukmu. Ia memiliki jalan keluar atas semua masalahmu, perasaan yang melegakan atas kesedihanmu, dan kebahagiaan yang menunggumu)

108. "Don't put the sadness on your face because you never know that there is someone who feels happy by your smile."

(Jangan letakkan kesedihan di wajahmu karena kamu tidak pernah sadar bahwa ada seseorang yang merasa bahagia oleh senyummu)

109. "The only things why sadness is so cruel and hurting me is just because you are the person who stand on there."

(Satu-satunya alasan yang membuat kesedihan begitu parah dan menyakitiku hanyalah karena kamu adalah orang yang berdiri di sana.)

110. "The one who gives you happiness that you can not explain will always be a reason of your sadness that you can not explain."

(Seseorang yang memberi kebahagiaan yang tak dapat kamu jelaskan akan selalu menjadi alasan atas kesedihan yang tidak bisa kamu jelaskan)

111. "He can give you everythings of materials and stuffs you need everyday which can not be explained, but the reason of love is also can not be as much as he give you."

(Aku tahu aku tidaklah begitu berarti bagimu ketika kamu menangis dalam kesedihanmu, ketika kamu berteriak di depan publik, ketika kamu membenci semua orang. Tetapi, inilah aku yang selalu melakukan semuanya selayaknya manusia yang mencintaimu)

112. "When i was kid i would be a police man so i could caught the bad person. When i was teenager i would be a manager so i have much money. When i am adult, i realized that i am not anything which was on my mind."

(Ketika aku masih kecil aku berharap akan menjadi seorang polisi sehingga aku dapat menangkap orang yang jahat. Ketika aku masih remaja aku berharap akan menjadi seorang manajer sehingga aku memiliki banyak uang. Ketika aku dewasa, aku menyadari bahwa aku bukanlah apa-apa seperti yang dulu aku impikan)

113. "The deepest pain is unseen by eyes. The deepest sadness is unsaid by words."

(Dia dapat memberimu segalanya baik materi dan benda yang kamu butuhkan setiap hari yang tidak dapat disebutkan satu per satu, tetapi alasanku mencintaimu juga tak dapat disebutkan sebagaimana dia memberimu)

114. "I know i am not so meaningful when you cried on your sadness, when you screamed on the public, when you hate everybody. But this is me who always do everything as human who always love you."

(Sakit yang terdalam adalah yang tak terlihat oleh mata. Kesedihan yang terdalam adalah yang tak terucap oleh kata)

115. "As God said just believe in me, lift your hands and i will help you."

(Seperti firman Tuhan bahwa percayalah padaku dan berdoalah, maka aku akan menolongmu)

116. "Sometimes i choose to look happy because i do not want to explain why i am sad to them who even can not understand what i feel."

(Terkadang aku memilih untuk tampak bahagia karena aku tidak ingin menjelaskan mengapa aku sedih kepada mereka yang bahkan tidak bisa mengerti apa yang aku rasakan)

117. "This life is a choice like a quiz. Whatever makes you sad, throw it away. And, whatever makes you smile, keep it in your hand."

(Hidup ini adalah sebuah pilihan layaknya ujian. Apa saja yang membuatmu sedih maka buang jauh-jauh, apa saja yang membuatmu tersenyum maka tetap genggamlah di tanganmu)

118. "I have a thousand reasons to stick with you. However, you have a thousand reasons to leave me."

(Aku memiliki seribu alasan untuk bertahan denganmu. Namun kamu memiliki seribu alasan untuk meninggalkanku)

119. "Pleasure of love lasts but a moment. Pain of love lasts a lifetime."

(Kebahagiaan karena cinta berlangsung sekejap saja. Kekecewaan karena cinta berlangsung selamanya)

120. "We started with a simple hello but ended with a complicated goodbye."

(Kita mulai dengan ucapan halo sederhana tetapi dengan selamat tinggal yang rumit)

121. "The deepest pain is unseen by eyes. The deepest sadness is unsaid by words."

(Sakit yang terdalam adalah yang tidak terlihat oleh mata. Kesedihan yang terdalam adalah yang tak terucap oleh kata).

122. "I wish I could hurt you the way you hurt me. But I know that if I had the chance, I wouldn't do it."

(Kuharap aku bisa menyakitimu seperti caramu menyakitiku. Tapi aku tahu, jika aku memiliki kesempatan, aku tidak akan melakukannya)

123. "You taught me how to love, but not how to stop."

(Kamu mengajarkanku cara mencintai, tapi tidak cara untuk berhenti)

124. "Giving up, doesn't mean you are weak, sometimes it means that you are strong enough to let go."

(Menyerah pada keadaan bukan berarti kau lemah, terkadang menyerah berarti kau cukup kuat untuk mengikhlaskannya pergi)

125. "You broke my heart. But I still love you with all the pieces."

(Kau menghancurkan hatiku. Tapi aku masih mencintaimu dengan semua kepingan itu)

126. "The hottest love has the coldest end"

(Cinta yang sangat membara punya akhir yang paling dingin)

127. "Sometimes I wish I were a little kid again, skinned knees are easier to fix than broken hearts"

(Terkadang aku ingin jadi anak kecil lagi, lutut yang terluka lebih mudah disembuhkan daripada hati yang tersakiti)

Itulah sejumlah kata-kata sedih menyentuh hati banget yang bisa kalian baca dan jadikan bahan renungan. Bagaimana, adakah yang bisa mewakili perasaan kalian saat ini?

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI