Ada Apa? Pohon Banyan 400 Tahun Ini Bikin Warga Hongkong Sedih

Rabu, 12 Agustus 2015 14:18 Penulis: Lusi Vita
Ada Apa? Pohon Banyan 400 Tahun Ini Bikin Warga Hongkong Sedih
Via ©wallpapersinhq

Kapanlagi Plus - Pernahkah kamu mendengar nama pohon banyan? Yap, pohon ini adalah salah satu pohon langka di dunia yang bisa hidup hingga ratusan tahun lamanya. Pohon yang dianggap sakral oleh umat Hindu di dunia ini memang termasuk satu jenis dengan pohon beringin.

Makanya, tidak heran kalau dari jauh penampakan pohon banyan ini bakal mirip banget dengan beringin. Bedanya saja hanya terletak pada daun dan akarnya saja. Yakni kalau pohon banyan punya akar banyak yang tumbuh menjalar dan besar melindungi batang pohon dan daunnya jauh lebih mengkilat.

Berbicara soal pohon yang langka dan unik ini, beberapa waktu lalu ada kejadian yang bikin warga di sekitar jalan Bonham, Hongkong ini sedih banget lho. Bagaimana tidak, mendadak sedih karena dinas pertamanan setempat lebih mementingkan dinding batu daripada pohon langka yang sudah berusia 400 tahun itu, seperti dilansir melalui Shanghaiist.

Inilah tunggul pohon banyan tinggal kenangan yang bikin sedih warga di Hongkong ©ShanghaiistInilah tunggul pohon banyan tinggal kenangan yang bikin sedih warga di Hongkong ©Shanghaiist

Warga yang tak terima itu sempat protes langsung ke jalan saat pemotongan pohon tersebut. Namun, tetap saja pada akhirnya tidak bisa mengubah keputusan dinas tersebut. Sehingga, kini pohon yang sangat dicintai masyarakat itu hanya tinggal tunggul-nya saja.

Memang sih, beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal 22 Juli terdapat dua orang korban yang terluka parah akibat tertimpa reruntuhan dinding batu yang selama ini juga jadi tempat tumbuhnya pohon tersebut.

Sedangkan, masyarakat yang punya banyak kenangan indah dengan pohon tersebut meminta alternatif lain agar pohon itu dipindahkan ke lokasi yang jauh lebih baik. Namun, pertimbangan dinas pertamanan ada perkara biaya dan risiko pemindahan yang 80 persen diperkirakan bakal membahayakan masyarakat.

Akan tetapi, masyarakat sendiri merasa dibodohi dan tidak diajak berunding dengan keputusan ekstra mendadak tersebut. Sehingga, sampai kini masyarakat mengungkapkan perasaan sedihnya dengan komentar tertulis yang ditempelkan di tunggul pohon dan dinding batu tersebut. Wah, baru ini ada sebuah pohon yang bisa mengambil hati masyarakat ya? Bagaimana menurutmu soal kejadian ini?

(sha/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI