Ajaib, Foto Hitam Putih Berubah Jadi Berwarna di Video Ini

Rabu, 10 Februari 2016 15:18 Penulis: Arai Amelya
Ajaib, Foto Hitam Putih Berubah Jadi Berwarna di Video Ini
Ilustrasi kastil hitam putih © staticflickr.com

Kapanlagi Plus - Lagi-lagi internet menawarkan sesuatu yang bikin netizens heboh sendiri. Sepertinya belum selesai tebak-tebakan sosok ibu dalam foto atau arah bus berjalan, sekarang sebuah video kembali jadi perbincangan netizens. Memangnya video soal apa sih?

Rupanya video ini bisa membuat gambar yang awalnya hitam putih berubah menjadi berwarna. Tentu banyak orang yang tidak percaya dan bahkan kamu menganggapnya cuma lelucon belaka. Namun netizens yang sudah melihat video ini, menyadari kalau warna hitam putih mendadak berubah berwarna, seperti dilansir Mirror.

Dalam video berdurasi sembilan belas detik ini, kamu bakal disuguhi gambar kastil Dunstanburgh di Northumberland, Inggris yang berwarna hitam putih. Lalu video bakal memperlihatkan kastil itu dengan warna yang berbeda selama 15 detik. Kamu hanya harus memperhatikan titik hitam di tengah video itu selama 15 detik lamanya. Nanti tiba-tiba gambar kastil itu bakal berubah jadi penuh warna sebelum akhirnya kembali hitam putih.

Tunggu, apakah dalam sepersekian detik itu sengaja disisipkan gambar kastil berwarna? Jawabannya adalah tidak. Karena gambar kastil sebelum dan sesudah hitung mundur itu sama-sama hitam putih. Lantas bagaimana bisa menjadi penuh warna alias colorful? Rupanya itu disebabkan oleh sensitivitas reseptor warna (sel kerucut) dalam matamu. Dalam ilmu pengetahuan, reseptor warna adalah sel penerima sinar di dalam retina mata yang bertanggung jawab terhadap penglihatan warna.

Di mana sel kerucut itu bakal bekerja baik pada kondisi cukup terang dan saat cahaya redup yang bekerja adalah sel batang. Nah untuk gambar kastil hitam putih ini, rupanya sel kerucut melemah sebelum retina bisa mengatur ulang sehingga mengakibatkan gambar menjadi berwarna dalam sekejap.

Menanggapi gambar hitam putih mendadak berubah, Dr Helen Czerski dari University College London angkat bicara, "Dengan melihat titik hitam di tengah layar video itu, otak bekerja luar biasa dan benar-benar menarik. Di kepalaku, gambar berwarna itu dibuat oleh sebuah foto yang jelas-jelas tak berwarna," Nah, kamu juga menemukan gambarnya berubah warna nggak?

(mir/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI