80 Jam Terkubur Saat Gempa Nepal, Pria Ini Minum Urin Sendiri

Kamis, 30 April 2015 09:18 Penulis: Arai Amelya
80 Jam Terkubur Saat Gempa Nepal, Pria Ini Minum Urin Sendiri
©BBC

Kapanlagi Plus - Gempa bumi yang menghantam Nepal hari Sabtu (25/4) dini hari kemarin memang menyisakan duka mendalam. Dengan lebih dari 5.100 orang dikabarkan tewas, ribuan lainnya masih hilang. Namun sepertinya Tuhan masih memberikan nasib baik bagi Rishi Khanal.

Pria berusia 28 tahun asal Nepal itu akhirnya berhasil ditemukan oleh tim penyelamat gabungan Nepal-Prancis di bawah reruntuhan hotel. Yang membuat kisah Khanal begitu luar biasa adalah dirinya masih hidup meskipun sudah terkubur selama 80 jam lamanya!

Proses penyelamatan Khanal ©The GuardianProses penyelamatan Khanal ©The Guardian

Ya, tim penyelamat gabungan menemukan tubuh Khanal di bawah reruntuhan hotel di ibukota Kathmandu. Tertimbun semenjak Sabtu (25/4) dan baru ditemukan sekitar 82 jam kemudian. Khanal terjebak bersama tiga mayat lainnya dan untuk bertahan hidup dirinya terpaksa minum air kencingnya sendiri, seperti dilansir The Sydney Morning Herald.

"Saat gempa terjadi Khanal ada di lantai dua bangunan hotel bertingkat tujuh itu. Saat itu dinding mulai runtuh dan tak ada yang bisa dia lakukan karena kakinya tertimpa reruntuhan sehingga dia terperangkap. Dia merasa sangat haus dan tak ada pilihan lain selain meminum air kencingnya sendiri. Dari bawah reruntuhan dia masih bisa menelepon meminta bantuan tapi dia lupa sedang berada di hotel mana," cerita Purna Ram Bhattarai, saudara ipar Khanal.

Rishi Khanal lepas dari reruntuhan yang menguburnya selama 82 jam ©The Sydney Morning HeraldRishi Khanal lepas dari reruntuhan yang menguburnya selama 82 jam ©The Sydney Morning Herald

Segera setelah ditemukan, Khanal langsung dibawa ke rumah sakit karena besar kemungkinan kakinya patah. "Aku punya beberapa harapan, tapi kemarin aku menyerah. Kuku jari tanganmu sudah memutih dan bibirku pecah-pecah. Aku yakin sepertinya tak ada yang akan datang menyelamatkanku. Aku sudah berpikir akan mati. Di sekelilingku adalah mayat yang bau dan mengerikan. Aku terus memukul-mukul reruntuhan meski tak ada suara apapun di sana," jelas Khanal.

Setelah menanti selama lima jam saat proses penyelamatan dirinya, Khanal pun akhirnya bisa keluar melihat dunia kembali. Rishi Khanal berhasil lepas dari reruntuhan yang bakal jadi makamnya.

(smh/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI