Ternyata Ini Lho Bedanya HIV dan AIDS!

Selasa, 01 Desember 2015 07:18 Penulis: Lusi Vita
Ternyata Ini Lho Bedanya HIV dan AIDS!
Inilah sosok aktor Hollywood yang bernama Charlie Sheen si 'Penggila Seks' ©Dailymail

Kapanlagi Plus - Familiar dengan nama Charlie Sheen? Yap, aktor terkenal kelahiran 1965 yang sudah malang melintang di dunia karir Hollywood. Sejak tahun 1973 ia memang sering kamu lihat membintangi banyak film dan drama seri televisi. Apalagi buat kamu yang suka film komedi, aktor ini memang sering banget tampil di beberapa judul seperti 'SCARY MOVIE 3-5', 'HOT SHOT' hingga drama seri 'ANGER MANAGEMENT'.

Dengan job dan jadwal syuting yang kerap padat sejak tahun 1973 hingga kini. Sudah tentu, Charlie ini bisa dibilang sebagai aktor yang cukup sukses di Hollywood. Sehingga, tahu sendiri kan? Sebagian besar aktor sukses di sana nggak bakal jauh-jauh dari dunia gemerlap deh. Alhasil, seringnya mereka bakal banyak terjebak dengan pesta, narkoba hingga seks bebas.

Bagian yang mengejutkannya nih, beberapa hari yang lalu si aktor berwajah tampan ini mengaku kalau ia mengidap HIV positif. Wah, sudah jelas kan kalau pengakuan itu bikin dunia gempar. Apalagi, pria ini juga mengklaim bahwa partner 'bermain' yang perna seranjang dengannya itu sudah tahu kondisinya. Singkat cerita sih sudah jelas kabar yang seperti ini menimbulkan pro kontra. Belum lagi, ia pun mengaku kalau partnernya selama ini mencapai ribuan wanita lho, seperti dilansir melalui Dailymail.

Inilah sosok Charlie Sheen, si aktor Hollywood angkatan 70-an yang gila seks dan pecandu kokain ©DailymailInilah sosok Charlie Sheen, si aktor Hollywood angkatan 70-an yang gila seks dan pecandu kokain ©Dailymail

Namun, terlepas dari itu kalian pasti sudah paham betul dengan HIV kan? Memang, selama ini HIV dan AIDS itu seperti saudara kembar identik yang akrab satu sama lain sejak dalam kandungan. Akan tetapi nyatanya HIV dan AIDS itu adalah hal yang cukup berbeda lho. Di mana, menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) HIV adalah sebuah virus yang bakal menyerang sistem imun pada tubuhmu. Sehingga, tadinya tubuh yang punya kemampuan alami untuk menangkal berbagai macam penyakit akhirnya malah menurun kondisinya.

Lama-kelamaan tubuh pun jadi melemah dan mudah banget terserang berbagai macam penyakit. Apalagi nih, sekitar 10 hingga 15 tahun kamu sistem imun bakal rusak total dan sel darah putih pun bakal banyak menggandakan jumlahnya. Tahu sendiri bagaimana ceritanya kalau jumlah sel darah putih jauh lebih banyak dari sel darah merah. Wah, tentunya bakal berbahaya dan bisa menyebabkan kanker darah.

Inilah skema sel darah putih yang bakal melipatgandakan jumlah sel dengan sendirinya ©CDCInilah skema sel darah putih yang bakal melipatgandakan jumlah sel dengan sendirinya ©CDC

Namun, saat orang yang seperti Charlie sudah mengidap HIV Positif maka kemungkinan besar virus itu pun bakal berkembang menjadi penyakit AIDS. Kalau sudah seperti itu, virus HIV sudah berkembang maksimal hingga tahap akhir. Tentunya tubuh kita bakal rentan dengan berbagai macam serangan penyakit. Baik penyakit ringan maupun yang berat termasuk pneumonia (paru-paru), infeksi kulit, TB, pelemahan syaraf otak hingga kanker.

Mengerikan kan? Jelas mengerikan, apalagi hingga kini belum bisa ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit AIDS. Wah, kalau begitu HIV bisa disembuhkan dong? Ya, meski kemungkinannya cukup kecil. Namun, deteksi dini soal virus HIV ini bisa membantu penderita untuk mengikuti berbagai macam pengobatan dan terapi khusus seperti pengobatan antiretroviral. Di mana, bila dilakukan dengan rutin, sesuai tingkatan virus HIV (stadium), gaya hidup sehat dan keajaiban. Kemungkinan pengidap HIV virus ini bisa hidup dengan normal kembali.

Charlie Sheen saat mengakui kalau dirinya mengidap HIV Positif dan saat masih bersama mantan kekasihnya ©DailymailCharlie Sheen saat mengakui kalau dirinya mengidap HIV Positif dan saat masih bersama mantan kekasihnya ©Dailymail

Iya juga sih, tapi tetap saja mengkhawatirkan kan? Wah, kalau itu sih semua penyakit juga bakal demikian kok. Hanya saja kamu harus menjaga kondisi tubuhmu dengan benar agar tidak terinfeksi virus mematikan seperti Charlie Sheen. Setidaknya dengan cara menghindari seks bebas, pemakaian narkoba, minum-minuman keras hingga biasakan hidup sehat serta konsumsi makanan bergizi terutama yang mengandung anti oksidan tinggi. Gimana? Sudah paham kan perbedaan antara HIV dan AIDS?

(dai/cdc/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI