Allahumma Bariklana Artinya dalam Doa Sebelum Makan, Ketahui Keutamaannya

Minggu, 01 Mei 2022 10:33
Allahumma Bariklana Artinya dalam Doa Sebelum Makan, Ketahui Keutamaannya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Membaca doa sebelum makan sangatlah penting. Salah satunya potongan doa makan Allaahumma baariklanaa artinya mengandung banyak kebaikan.

Allaahumma baariklanaa merupakan doa makan yang sangat familiar digunakan oleh umat muslim. Di mana doa makan Allaahumma baariklanaa artinya memiliki kebaikan agar makanan yang masuk ke tubuh kita bernilai berkah serta terlindungi dari api neraka.

Namun perlu diketahui juga bahwa Allaahumma baariklanaa tidak hanya digunakan untuk doa makan saja. Karena Allaahumma baariklanaa artinya yakni 'Ya Allah, berkahilah kami'. Potongan doa Allaahumma baariklanaa ini bisa digunakan untuk berbagai doa-doa kebaikan.

Namun dalam artikel ini akan dibahas mengenai Allaahumma baariklanaa artinya dalam doa makan. Nah, berikut ini ulasan tentang Allaahumma baariklanaa dalam doa makan telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Bacaan Latin Lengkap Doa Sebelum Makan

Salah satu bacaan doa sebelum makan yang cukup sering dibaca adalah Allahumma bariklana. Allahumma bariklana artinya merupakan potongan dari bacaan doa sebelum makan. Di mana setiap umat muslim dianjurkan untuk membaca doa sebelum makan agar makanan yang disantap mendapat banyak keberkahan. Sementara itu untuk bacaan latin lengkap doa sebelum makan yang cukup populer digunakan adalah sebagai berikut.

"Allaahumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar."

Bacaan latin di atas merupakan doa sebelum makan yang sering digunakan yakni Allahumma bariklana. Namun selain doa makan tersebut ada juga doa makan lainnya. Salah satunya bacaan doa makan yakni,

"Bismillahi fi awwalihi wa akhirihi'"

Doa makan tersebut bisa dibaca apabila kalian lupa membaca basmalah sebelum makan. Sehingga tetap dapat mendapat keberkahan. Itulah bacaan latin lengkap doa sebelum makan salah satunya potongan doa Allahumma bariklana. Sehingga memudahkan kalian dalam menghafal doa sebelum makan yang umum digunakan.

 

2. Allahumma Bariklana Artinya?

Setelah tahu potongan bacaan doa makan yakni Allahumma bariklana, berikut ini ada terjemahan dari doa makan tersebut. Allahumma bariklana artinya mengandung banyak kebaikan. Karena Allahumma bariklana artinya penuh dengan harapan agar makanan yang kita santap bisa bernilai berkah. Adapun Allahumma bariklana artinya sebagai berikut.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam apa-apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka."

Itulah Allahumma bariklana artinya yang penuh dengan makna kebaikan. Dengan mengucapkan doa sebelum makan maka makanan yang kita santap akan bernilai berkah dan mendapat perlindungan dari Allah SWT yakni siksa api neraka.

 

3. Dalil Tentang Pentingnya Berdoa Sebelum Makan

Tidak hanya perlu tahu potongan doa makan Allahumma bariklana artinya penuh dengan harapan agar terlindungi dari berbagai hal buruk melalui apa yang kita makan. Karena terdapat sejumlah dalil menjelaskan betapa pentingnya berdoa sebelum makan.

Sehingga di bawah ini ada dalil tentang pentingnya berdoa sebelum makan yang perlu kalian ketahui. Dengan begitu bisa menambah pengetahuan betapa penting untuk tidak melewatkan berdoa sebelum menyantap makanan. Sebagaimana riwayat yang menyebutkan bahwa,

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila kalian hendak makan, bacalah bismillah, jika lupa tidak membaca basmalah di awal, bacalah bismillahi fi awwalihi wa akhirihi.(dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)." (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858)

Ada juga hadis yang menyebutkan mengenai pentingnya membaca doa sebelum makan yakni mengucapkan basmalah. Hal ini seperti sebuah riwayat yang mana Rasulullah SAW bersabda,

"Wahai Ghulam, sebutlah nama Allah (bacalah 'BISMILLAH'), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu." Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu.(HR. Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)

Riwayat lain juga menyebutkan mengenai pentingnya berdoa sebelum makan agar terhindar dari godaan setan. Syaikh Al Albani menyebutkan bahwa riwayat di bawah ini shahih yang mengatakan,

"Sungguh, setan menghalalkan makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya. Setan datang bersama orang badui ini, dengannya setan ingin menghalalkan makanan tersebut, maka aku pegang tangannya. Dan setan tersebut juga datang bersama budak wanita ini, dengannya ia ingin menghalalkan makanan tersebut, maka aku pegang tangannya. Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan setan tersebut ada di tanganku bersama tangan mereka berdua." (HR. Abu Daud no. 3766.)

 

4. Keutamaan Membaca Doa Sebelum Makan

Berdoa kepada Allah SWT memang sangat penting dan dianjurkan. Karena itulah ada manfaat dan keutamaan membaca doa sebelum makan. Nah, keutamaan membaca doa sebelum makan ini salah satunya adalah memperoleh banyak keberkahan dari Allah SWT melalui makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan begitu, maka dapat mendatangkan banyak kebaikan dan terhindar dari godaan setan termasuk siksa api neraka sebagaimana arti dari potongan doa makan Allaahumma baariklanaa. Selain itu dengan membaca doa sebelum makan maka kita sudah mengamalkan sunnah Rasulullah SAW sebagaimana sejumlah riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW selalu berdoa sebelum maka yakni dengan menyebut nama Allah.

 

5. Doa Setelah Makan

Jika sebelumnya sudah tahu bagaimana bacaan doa sebelum makan yakni Allahumma bariklana, membaca doa setelah makan juga penting kalian lakukan. Adapun untuk bacaan latin doa setelah makan dan artinya dapat kalian simak di bawah ini.

Alhamdu lillahilladzi ath'amana wa saqoona waj'alna minal muslimin.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan dan minuman dan menjadikan kami bagian dari orang-orang islam."

Dengan membaca doa setelah makan ini maka bisa menjadi bentuk rasa syukur terhadap rezeki yang sudah diberikan Allah SWT berupa makanan ataupun minuman. Sehingga memanjatkan ucapan syukur melalui doa setelah makan bisa mendatangkan banyak kebaikan.

Nah, itulah penjelasan mengenai Allahumma bariklana artinya sangatlah baik. Semoga bisa jadi referensi buat kalian dalam mengamalkan bacaan doa sebelum makan untuk mendapat banyak keberkahan dan kebaikan.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI