10 Rekomendasi Cemilan Malam yang Sehat, Bantu Hilangkan Rasa Lapar dan Tidak Bikin Gemuk


Berita | Rabu, 23 Maret 2022 15:55
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Cemilan yang menjadi salah satu kesukaan banyak orang. Bahkan cemilan bisa jadi salah satu makanan pengganjal bila malam telah tiba. Jangan takut dengan cemilan yang bikin gemuk ya KLovers. Ada kok rekomendasi cemilan malam yang sehat untuk bantu hilangkan rasa lapar kalian.


Cemilan ini sangat baik dikonsumsi oleh siapa saja, salah satunya bagi KLovers yang sedang diet. Rekomendasi cemilan malam ini bisa bantu KLovers menghilangkan rasa lapar saat malam hari dan kembali tidur dengan nyenyak tanpa harus takut bikin gemuk.

Nah, kira-kira apa saja ya rekomendasi cemilan malam yang sehat tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi cemilan malam yang bisa bantu hilangkan rasa lapar hingga tidak bikin gemuk. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1 dari 10 halaman

1. Susu

Ilustrasi (credit: pixabay)

Rekomendasi cemilan malam yang pertama yaitu ada susu. Ya, bila rasa lapar melanda saat malam tiba maka akan membuat kita susah tidur. Nah, bila kalian ingin simpel, maka kalian bisa membuat susu putih hangat sebagai salah satu cemilan malam. Bukan hanya membuat kita merasa kenyang saja, namun susu putih hangat juga bisa membuat kita tidur dengan nyenyak.

Itu juga buka tanpa alasan ya KLovers, hal ini karena dalam susu terdapat kandungan tryptophan asam amino, yang memberi sinyal pada otak untuk memproduksi serotonin. Jadi kalian bisa banget nih jadikan susu sebagai salah satu rekomendasi cemilan malam yang sehat dan juga mengenyangkan.

 

2 dari 11 halaman

2. Smoothies Pisang

Ilustrasi (credit: pixabay)

Rekomendasi cemilan malam yang sehat yang kedua yaitu ada smoothies pisang. Ya, pisang memang menjadi salah buah yang bergizi dengan jumlah mikronutrien dan senyawa bioaktif yang cukup banyak. Manfaat dalam pisang tersebut seperti fenolat, karotenoid, biogenik amina, dan fitosterol semuanya baik untuk kesehatan kalian.

Jurnal Nutrients juga mengungkapkan bahwa, pisang mengandung vitamin C dan B6 yang membantu meningkatkan imunitas tubuh karena efek antioksidan dan antiinflamasinya. Kalian bisa mengonsumsi makan pisang secara langsung ataupun membuatnya sebagai smoothies sebagai cemilan malam yang sehat.

 

3 dari 11 halaman

3. Buah ceri

Ilustrasi (credit: pixabay)

Tidak hanya pisang saja loh, buah ceri juga bisa jadi pilihan rekomendasi cemilan malam yang sehat dan mengenyangkan. Menurut seorang ahli diet di New York dan penulis buku The Small Change Diet, melatonin yang ditemukan pada ceri dapat membantu mengendalikan jam internal pada tubuh kita.

Jam internal ini adalah ritme pola harian seperti waktu bangun dan waktu tidur yang dibentuk dan terkonsep pada otak. Bahkan kandungan melatonin juga dikonsumsi oleh para pelancong ketika pergi ke tempat yang memungkinkan mereka mengalami jet lag.

Selain itu, zat tersebut juga bisa mengatasi masalah sakit kepala. Selain itu, kandungan lainnya pada ceri seperti antioksidan dan beta karoten ini sangat baik untuk masalah jantung. Sehingga KLovers bisa pilih ceri sebagai salah satu rekomendasi cemilan malam yang sehat.

 

4 dari 11 halaman

4. Biskuit Oats

Ilustrasi (credit: pixabay)

Kemudian rekomendasi cemilan malam sehat yang lainnya yaitu, kalian bisa mengonsumsi biskuit oats. Dikenal menyehatkan, oats ternyata juga dapat membantu KLovers dalam mengatasi rasa lapar di malam hari namun tidak bikin gemuk. Sehingga tidak heran bila biskuit oats bisa jadi salah satu rekomendasi cemilan malam yang sehat.

Di dalam sebuah biskuit oats terdapat banyak sekali manfaat seperti, serat, zat besi, magnesium, dan seng. Dilansir dari medicalnewstoday.com, sebuah studi yang dilakukan di Universitas Wisconsin mengungkap kandungan zat besi yang tinggi pada oats sangat baik untuk tubuh.

Bahkan, kandungan ini juga baik untuk ibu menyusui loh KLovers. Hal ini karena, kandungan zat besi yang rendah dapat mengurangi suplai ASI. Dengan kata lain, mengonsumsi biskuit oats akan meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh, sehingga produksi ASI bisa meningkat.

 

5 dari 11 halaman

5. Telur

Ilustrasi (credit: pixabay)

Kemudian ada pula telur, yang menjadi salah satu rekomendasi cemilan malam yang menyehatkan. Ya, telur memang menjadi pilihan banyak sekali seseorang yang sedang diet. Sehingga, KLovers bisa memilih olahan telur ini sebagai salah satu rekomendasi cemilan malam yang sehat dan tidak bikin gemuk.

Dilansir dari Journal of Sports Science and Medicine, telur mengandung asam amino esensial dalam proporsi yang tepat dan memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Telur adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik dibutuhkan untuk perkembangan otak dan penglihatan kalian.

Tidak hanya itu, beberapa nutrisi di dalamnya seperti vitamin A, B2, dan B12 juga mendukung kesehatan tubuh kalian. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa B12 bisa meningkatkan suasana hati, sehingga ini bisa berpengaruh pada kalian setelah mengonsumsi telur.

 

6 dari 11 halaman

6. Bayam

Ilustrasi (credit: pixabay)

Rekomendasi cemilan malam yang selanjutnya ada bayam. Ya, sayuran hijau yang satu ini memang mengandung zat besi yang efektif untuk mengisi kembali kadar zat besi kalian. Selain mengandung zat besi, bayam juga kaya akan asam folat. Manfaat asam folat penting untuk tubuh KLovers. Ada banyak sekali olahan bayam yang bisa kalian lakukan. Kalian bisa membuat bening bayam hingga soup cream bayam yang enak dan mengenyangkan.

 

7 dari 11 halaman

7. Asparagus

Ilustrasi (credit: pixabay)

Tidak hanya bayam saja, asparagus juga bisa menjadi salah rekomendasi cemilan malam yang tidak bikin gemuk. Asparagus dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang bergizi. Dalam seporsi atau sekitar 100 gram asparagus, terkandung 20 kalori dan beragam nutrisi.

Tak hanya beragam nutrisi di atas, asparagus juga mengandung folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, selenium, dan beragam antioksidan, seperti kolin dan flavonoid, dalam kadar yang cukup tinggi. Sehingga cocok banget untuk kalian yang sedang diet.

 

8 dari 11 halaman

8. Umbi

Ilustrasi (credit: pixabay)

Bagi pecinta umbi-umbian, mungkin umbi menjadi salah satu rekomendasi cemilan malam yang mengenyangkan dan sehat. Banyaknya manfaat serta vitamin yang terkandung membuat ubi banyak dikonsumsi sebagai pengganti nasi ataupun karbohidrat.

Umbi merupakan sumber vitamin C yang sangat luar biasa dan memiliki banyak manfaat yang diperlukan untuk pertumbuhan serta perkembangan tubuh. Kandungan vitamin yang terkandung dalam ubi juga membuat makanan ini sangat bagus untuk memperkuat tulang dan menyembuhkan luka.

Selain itu, Umbi juga memiliki kandungan tembaga yang dapat membuat sel-sel darah merah, sel saraf, dan kekebalan tubuh kamu menjadi sehat. Bahkan umbi jalar merupakan sumber serat yang dibutuhkan untuk kesehatan pencernaan.

Kemudian umbi mengandung karbohidrat kompleks dan potassium, lalu mengandung potassium dan niacin, keduanya baik untuk kesehatan jantung. Selain itu fosfor, vitamin A, dan vitamin C. Kalian bisa menyajikan ubi dengan mengukusnya, untuk mengurangi konsumsi minyak berlebih.

 

9 dari 11 halaman

9. Fermentasi Susu

Ilustrasi (credit: pixabay)

Selain menjadikan susu sebagai rekomendasi cemilan malam, kalian juga bisa menjadikan olahan fermentasi susu sebagai salah satu rekomendasi cemilan malam yang sehat. Ada banyak sekali olahan fermentasi susu yang baik untuk kesehatan seperti, keju hingga yoghurt.

Seperti yoghurt terbuat dari susu yang telah di fermentasikan dan mengandung probiotik. Konsumsi yoghurt baik untuk saluran pencernaan dan membawa berbagai manfaat bagi kesehatan. Kemudian ada pula keju, yang bisa menjadi salah satu rekomendasi cemilan malam.

Meskipun keju sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan, sejumlah penelitian justru menunjukkan hasil sebaliknya. Seperti sebuah penelitian pada 2011 dalam jurnal Current Nutrition & Food Science. Menurut penelitian ini, mengonsumsi produk susu tidak berdampak terhadap kenaikan berat badan.

 

10 dari 11 halaman

10. Kacang-Kacangan

Ilustrasi (credit: pixabay)

Dan rekomendasi cemilan malam ada kacang-kacangan. Ada banyak sekali jenis kacang yang baik untuk cemilan malam yang sehat. Misalnya saja, seperti kacang hijau hingga kacang almond. Kacang hijau dikenal sebagai salah satu sumber vitamin B1. Selain vitamin, dalam kacang hijau juga tersedia berbagai mineral yang diperlukan tubuh.

Mineral-mineral tersebut seperti magnesium, zat besi, dan kalium. Selain itu, almond memiliki nutrisi penting seperti vitamin E, vitamin B2, B3, dan B1. Beberapa mineral seperti magnesium, fosfor, zinc, dan zat besi juga terkandung dalam almond sehingga membantu meningkatkan kekebalan tubuh kalian.

Kemudian kacang lainnya seperti kacang tanah, kacang kedelai, edamame, kacang merah, kacang arab, dan lainnya merupakan makanan yang baik untuk ibu menyusui hingga mereka yang sedang diet. Hal ini karena kacang-kacangan adalah sumber protein, vitamin, mineral, dan fitoestrogen yang baik bagi tubuh.

Itulah beberapa rekomendasi cemilan malam yang sehat dan tidak bikin gemuk. Bahkan, beberapa rekomendasi cemilan malam ini bisa membuat tubuh kalian semakin sehat dan cocok banget untuk kalian yang sedang diet.

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait