10 Rekomendasi Lomba Agustusan Lucu dan Seru, Bisa Dimainkan Anak-anak - Orang Dewasa


Berita | Kamis, 1 September 2022 13:33
Editor : Puput Saputro

Kapanlagi.com - Bulan Agustus identik dengan bulan kemerdekaan bangsa Indonesia. Biasanya, menyambut hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus akan diadakan berbagai lomba bertujuan untuk menghidupkan euforia perayaan kemerdekaan. Berbagai lomba unik dan seru digelar melibatkan anak-anak hingga orang dewasa masyarakat umum. Tak heran, tiap di bulan Agustus, rekomendasi lomba agustusan seru jadi hal yang banyak dicari.


Bukan saja di lingkungan masyarakat umum, dewasa kini lomba agustusan juga kerap digelar di kantor-kantor atau lembaga-lembaga pemerintahan. Pasalnya, rekomendasi lomba agustusan lucu bisa jadi ajang seru-seruan sekaligus upgrading untuk karyawan agar semakin erat dan kompak.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi lomba agustusan lucu dan seru yang bisa dimainkan anak-anak hingga orang dewasa.

1 dari 10 halaman

1. Lomba Panjat Pinang

(credit: unsplash)

Siapa yang tak tahu Panjat Pinang? Lomba ini sudah jadi semacam tradisi yang muncul di tiap perayaan 17 Agustus hampir di setiap kampung. Lomba Panjat Pinang diadakan dengan mendirikan sebuah tiang tinggi yang telah dilumuri pelicin bisa oli, minyak, atau sebagainya. Di bagian ujung atas tiang, digantung bendera merah putih dan berbagai hadiah menarik.

Panjat Pinang biasa dimainkan oleh orang laki-laki dewasa. Lomba ini menuntut kekompakan dan kerja sama. Sebab, untuk bisa mencapai puncak berisi hadiah bukan hal mudah. Kadang pemain harus mengalami gagal berkali-kali. Sering kali, momen-momen lucu dan kocak terjadi saat momen perlombaan ini berlangsung.

 

 

2 dari 11 halaman

2. Makan Kerupuk

(credit: unsplash)

Sama seperti rekomendasi lomba agustusan yang sebelumnya, makan kerupuk juga sudah jadi semacam tradisi di tiap perayaan 17 Agustus. Lomba 17 Agustus bahkan akan terasa tak lengkap tanpa lomba satu ini.

Lomba ini bisa dimainkan oleh berbagai kalangan usia. Selain itu, menariknya saat ini lomba kerupuk bisa dikemas jadi lebih seru dan lucu dengan berbagai variasi. Misalkan, dengan tali yang diikatkan di kaki, makan kerupuk sambil duduk di kursi atau di lantai, dan lain sebagainya, tergantung kreativitas panitia.

 

 

3 dari 11 halaman

3. Lomba Perang Bantal

Rekomendasi lomba agustusan lucu dan seru lainnya yaitu lomba Perang Bantal. Yang bikin lomba ini menarik, adalah set atau settingnya yang tak biasa.

Dua pemain akan beradu perang bantal di atas sebatang bambu yang di pasang di dua tiang. Di bawah bambu itu, biasanya akan dibuat kubangan air. Sehingga pemain yang kalah dalam perang bantal akan terjatuh dan jadi basah kuyup.

 

 

4 dari 11 halaman

4. Makan Biskuit Tanpa Tangan

Makan biskuit tanpa tangan jadi satu lomba agustusan yang sedang hits belakangan ini. Di media sosial, banyak beredar ekspresi lucu anak-anak saat berusaha memenangkan lomba makan biskuit tanpa tangan. Meski begitu, lomba ini tetap seru jika dimainkan orang dewasa.

Cara mainnya, pemain akan duduk dengan kepala agak mendongak ke atas. Kemudian, panitia akan meletakkan biskuit di salah satu pipi peserta lomba. Tugas pemain adalah memasukkan biskuit itu ke mulut tanpa menyentuhnya.

 

 

5 dari 11 halaman

5. Balap Karung Pakai Helm

Lomba Balap Karung mungkin sudah ada sejak dulu. Tapi belakangan ini Lomba Balap Karung dimodifikasi jadi makin unik dan menarik.

Di Lomba Balap Karung terbaru, biasanya seluruh badan peserta akan dimasukkan ke dalam karung, sehingga hanya kepalanya saja yang muncul di permukaan kemudian dipakaikan helm. Jadi, pemain tak lagi melompat-lompat untuk mencapai garis finish. Melainkan, para pemain harus jalan jongkok perlahan. Balap Karung versi imi bisa jadi rekomendasi lomba agustusan yang seru dan menghibur.

 

 

6 dari 11 halaman

6. Estafet Tepung

(credit: unsplash)

Rekomendasi lomba agustusan lucu berikutnya tak kalah seru, yaitu lomba estafet tepung. Di lomba ini, para peserta akan bersaing dengan tim lain. Nantinya, setiap tim harus memindahkan tepung dari depan ke pemain belakang secara satu per satu. Pemenang ditentukan dari tim yang paling banyak berhasil memindahkan tepung. 

Saat pertandingan berlangsung, tepung-tepung akan jatuh ke muka pemain membuat mereka jadi cemong. Jadi tak heran jika selesai lomba, biasanya para pemain dan peserta akan tertawa bersama menertawakan wajah cemong mereka.

 

 

7 dari 11 halaman

7. Lomba Voli dengan Net Tertutup

(credit: unsplash)

Mungkin bagi sebagian orang, bermain voli adalah olahraga biasa. Tapi ternyata, olahraga voli bisa dimodifikasi jadi lomba agustusan yang lucu dan seru. Salah satunya, dengan menggunakan net yang tertutup, sehingga setiap pemain akan mengalami kesulitan dalam pertandingan. Momen menegangkan inilah yang justru membuat gelak tawa tercipta di kalangan penonton dan pemain.

 

 

8 dari 11 halaman

8. Lomba Voli dengan Kain Sarung

Selain dengan net tertutup, olahraga voli juga bisa dimodifikasi dengan para pemain menggunakan sarung untuk mengoper atau mengembalikan bola ke lawan. Cara mainnya sederhana, setiap dua pemain masing-masing akan memegang ujung sarung untuk mengoper atau melempar balik bola. Meski sederhana, lomba ini bisa jadi tontonan yang sangat seru dan menghibur.

 

 

9 dari 11 halaman

9. Estafet baju

Pernah menonton atau memainkan lomba Estafet Sarung? Rekomendasi lomba agustusan lucu selanjutnya ini mirip-mirip dengan Estafet Sarung tapi lebih seru dan sedikit sulit.

Satu kelompok yang terdiri atas empat atau lima orang. Pemain di paling ujung akan dipakaikan baju yang berukuran jumbo. Baju tersebut kemudian harus diestafetkan ke pemain-pemain berikutnya. Caranya, pemain yang sedang pakai baju dan yang akan dipakaikan baju harus berhadap-hadapan menempelkan kedua tangan dan kepala. Lalu, satu pemain memindahkan baju tersebut dengan menarik bagian bawah baju hingga berhasil berpindah ke pemain berikutnya.

 

 

10 dari 11 halaman

10. Sepeda Lambat

(credit: unsplash)

Rekomendasi lomba agustusan lucu kesepuluh sekaligus terakhir, adalah sepeda lambat. Beda dengan balap sepeda pada umumnya, di lomba ini pemenang adalah pemain yang berhasil mencapai garis finish paling akhir. Pemain menggunakan sepeda hanya boleh mengayuh pelan dan menjaga keseimbangan. Pemain yang menapakkan kakinya ke tanah atau arena lomba dinyatakan gugur.

Itulah beberapa rekomendasi lomba agustusan lucu dan seru. Gimana, tertarik, mainkan lomba yang mana?

 

 

(kpl/gen/psp)

Topik Terkait