16 Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal Menurut Primbon Jawa dan Ilmu Pengetahuan


Plus | Senin, 19 Februari 2024 14:22

Kapanlagi.com - Meski kerap diikuti perasaan sedih atau ngeri, ternyata arti mimpi melihat orang meninggal menurut primbon Jawa tak melulu soal keburukan. Beberapa di antaranya justru menjadi pertanda bagi kalian untuk lebih waspada.


Arti mimpi melihat orang meninggal menurut primbon Jawa juga bergantung pada kepercayaan masing-masing. Kalian bisa menganggapnya sebagai petunjuk, bisa juga hanya sebatas pengetahuan.

Nah, jika kalian sedang mencari penjelasan mengenai arti mimpi melihat orang meninggal menurut primbon Jawa dan ilmu pengetahuan, silakan simak informasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal

Ilustrasi Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal (Credit: Unsplash)

Sebelum masuk pada penjelasan mengenai arti mimpi melihat orang meninggal menurut primbon Jawa, silakan simak informasi mengenai tafsir mimpi orang meninggal secara umum berikut ini.

1. Harus Lebih Memperhatikan Diri Sendiri

Jika kalian bermimpi melihat orang yang sudah meninggal, kemungkinan ada kegelisahan terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, kalian harus lebih memperhatikan diri sendiri. Misalnya, kalian perlu mengubah kebiasaan buruk dengan kebiasaan yang baik dan sehat.

2. Ada Pengaruh Buruk

Arti mimpi melihat orang meninggal juga bisa berkaitan dengan pengaruh buruk yang ada di sekitar. Bisa jadi, kalian sedang terpengaruh oleh orang yang salah. Oleh karena itu, kalian perlu segera menyadari dan menyelesaikannya.

3. Takut Kehilangan Orangtua

Jika kalian mimpi melihat orang meninggal dengan kondisi orangtua masih ada, kemungkinan itu juga ada hubungannya. Terlebih jika orang yang meninggal itu adalah mereka. Kalian bisa jadi sedang dihantui rasa takut akan kehilangan mereka. Apalagi jika kalian menyadari bahwa usia mereka sudah tua. Namun, jika ternyata orangtua kalian sudah meninggal, artinya itu menjadi kesempatan untuk mengucapkan salam perpisahan.

4. Ada Rasa Bersalah

Biasanya, mimpi bertemu orang meninggal diikuti dengan rasa takut. Ketakutan itu bisa berasal dari rasa bersalah yang berada di alam bawah sadar. Oleh karena itu, arti mimpi melihat orang meninggal sering disebut sebagai manifestasi atau perasaan pribadi kita yang sedih, bersalah, atau bertobat.

5. Kurang Kompeten Dibandingkan Pasangan

Arti mimpi melihat orang meninggal bisa juga berkaitan dengan kegelisahan diri terhadap pasangan. Mungkin, kalian sedang merasa tidak puas pada diri sendiri jika dibandingkan dengan pasangan. Ketidakpuasan itu mungkin juga berasal dari rasa bersalah serta penyesalan akan sesuatu yang terjadi di masa lalu dan sudah tidak bisa diperbaiki.

Misalnya, saat bermimpi melihat pasangan meninggal dunia, bisa jadi pertanda bahwa kalian sebenarnya menyadari kualitas diri yang jauh di bawah pasangan. Namun, perlu diingat bahwa momen semacam itu tidak seharusnya membuat kalian merasa rendah diri. Justru, kalian perlu lebih berusaha untuk meningkatkannya.

2 dari 4 halaman

2. Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal Menurut Primbon Jawa (Credit: Unsplash)

6. Minta untuk Didoakan

Selanjutnya, ada penjelasan tentang arti mimpi melihat orang meninggal menurut primbon Jawa. Bisa jadi pertemuan kalian dengan mendiang seseorang merupakan pertanda bahwa orang tersebut minta didoakan. Terlebih jika mimpi itu datang lebih dari satu kali. Doa bisa menjadi bentuk kasih sayang terhadap orang terdekat yang sudah meninggal dunia.

7. Ada Pesan yang Ingin Disampaikan

Selain minta didoakan, arti mimpi melihat orang meninggal menurut primbon Jawa juga bisa jadi sebuah pertanda mengenai pesan yang belum tersampaikan. Terlebih kalian mengetahui bahwa orang tersebut meninggal secara mendadak. Mungkin, masih ada beberapa hal yang seharusnya disampaikan kepada kalian.

8. Pertanda Baik

Tak hanya tentang kesedihan atau keburukan, arti mimpi melihat orang meninggal menurut primbon Jawa juga bisa menjadi pertanda baik. Pertanda itu bisa ditafsirkan bahwa akan ada pertolongan yang kalian dapat dari orang yang terduga. Bisa juga menjadi pertanda bahwa usaha yang dilakukan selama ini akan membuahkan hasil.

9. Sedang Merasakan Kesepian

Mimpi merupakan bunga tidur yang kadang erat kaitannya dengan pengalaman di dunia nyata. Saat merasa kesepian, kalian mungkin cenderung merindukan orang yang sudah tiada. Oleh karena itu, mimpi ini bisa jadi pertanda bahwa kalian sedang merasa begitu kesepian.

10. Peringatan Bahaya

Dalam budaya Jawa, mimpi melihat orang meninggal juga dianggap sebagai peringatan dari alam gaib. Diyakini bahwa sedang ada roh yang mencoba menyampaikan sesuatu, termasuk peringatan bahaya. Meskipun pandangan beragam, sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap mimpi ini sebagai pertanda yang tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap waspada, memperhatikan tanda-tanda, dan menjaga diri serta orang-orang terdekat dari potensi bahaya setelah mengalami mimpi semacam itu.

11. Bakal Dapat Rezeki Melimpah

Mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal sering diartikan sebagai pertanda rezeki melimpah menurut kepercayaan banyak orang. Dipercayai sebagai pesan dari dunia lain, munculnya orang yang sudah meninggal dalam mimpi dianggap sebagai tanda perhatian dan keberkahan. Beberapa melihatnya sebagai petunjuk untuk mencari rejeki atau kesuksesan, bahkan sebagai gambaran keberuntungan yang akan datang.

3 dari 4 halaman

3. Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal Menurut Ilmu Pengetahuan

Ilustrasi Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal Menurut Ilmu Pengetahuan (Credit: Unsplash)

12. Ibu yang Sudah Meninggal

Jika ibu kalian sudah meninggal, ada beberapa momen pertemuan yang mungkin terjadi dalam mimpi. Pengalaman itu dipicu alam bawah sadar karena mungkin cukup sering membicarakan atau mendengarkan cerita tentang ibu. Oleh karena itu, rasa rindu pun datang bersama mimpi bahwa seolah-olah ibu hidup kembali.

13. Orang yang Sudah Meninggal Hidup Lagi

Arti mimpi melihat orang meninggal yang hidup lagi bisa dipicu oleh ingatan kalian sendiri. Kemungkinan, kalian masih begitu kesulitan melupakan orang tersebut, meski sebenarnya sudah meninggal cukup lama.

Hal itu juga bisa terjadi jika kepergiannya terlalu cepat atau mendadak. Hal ini juga bisa terjadi pada orang yang sudah sakit dan dirawat cukup lama. Meski menyadari bahwa setiap orang pasti meninggal, tapi sering ada rasa tidak terima yang menghantui. Pada saat seperti itu, orang tersebut bisa seolah hidup dan mendatangi kalian dalam mimpi.

14. Mimpi Berbicara dengan Orang yang Sudah Meninggal Dunia

Selain arti mimpi melihat orang meninggal menurut primbon Jawa, masih ada tafsir lain mengenai hal tersebut. Misalnya, mimpi berbicara dengan orang yang sudah meninggal. Bisa jadi, itu sebuah pertanda atau sebuah peringatan yang berkaitan dengan situasi sulit yang tak mungkin dihadapi. Bisa juga menjadi sebuah pertanda bahwa kalian sedang dikelilingi aura negatif.

15. Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal

Bagi sebagian orang, mimpi bertemu orang yang sudah meninggal bisa menjadi pengalaman yang sangat nyata dan menenangkan, bahkan meskipun hanya berlangsung sebentar. Dalam primbon Jawa, mimpi bertemu orang yang sudah meninggal dianggap sebagai refleksi hubungan, kenangan, atau hal-hal yang harus diselesaikan berkaitan dengan orang yang sudah meninggal.

16. Mimpi Bersalaman dengan Orang Tua yang Sudah Meninggal

Mimpi bertemu dengan orang tua yang sudah meninggal sering kali dianggap sebagai pesan spiritual atau tanda kehadiran dari dunia lain. Terlebih jika mimpi ini terasa begitu nyata lantaran di dalamnya terjadi interaksi seperti berbicara, berpelukan, atau bahkan bersalaman. Menurut primbon Jawa, mimpi ini dianggap sebagai cara orang tua memberikan pesan atau nasihat penting bagi sang anak agar bisa mengikhlaskan dan terus mendoakan orangtuanya yang telah berpulang.

Nah, itulah beberapa arti mimpi melihat orang meninggal menurut primbon Jawa dan ilmu pengetahuan.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/gen/ans)