45 Kata-Kata Cahaya dan Kegelapan, Bahan Renungan Dua Sisi Kehidupan


Berita | Rabu, 31 Maret 2021 18:11

Kapanlagi.com - Banyak yang mengibaratkan bahwa hidup ini tidak melulu soal cahaya dan kegelapan atau bisa diartikan sebagai kebaikan dan keburukan. Ada sisi lain di antara keduanya yang sering dilupakan, yaitu bagian remang-remang.


Kata-kata cahaya biasa digunakan untuk mengungkapkan makna-makna kehidupan yang tak pasti ini. Dalam keseharian seringkali ditemukan keburukan yang dibungkus kebaikan, atau kebaikan yang tampak buruk. Hampir selalu ada bagian yang tak pasti dari setiap peristiwa

Oleh karena itu, makna kehidupan memang perlu kalian renungkan lebih mendalam. Berikut ini terdapat kata-kata cahaya yang dilansir dari berbagai sumber dan bisa membantu proses perenungan kalian.

1 dari 3 halaman

1. Kata-kata Cahaya Renungan Dua Sisi Kehidupan

Ilustrasi (Credit: Freepik)

Merenungkan peristiwa di dunia ini saja rasanya seperti tak ada ujungnya. Apalagi jika disuruh merenungkan tentang kehidupan-kehidupan yang akan datang?

Tak apa, bagi beberapa orang hal itu memang diperlukan. Kata-kata cahaya yang menggambarkan tentang berbagai macam makna kehidupan ini akan membantu arah berpikir kalian.

1. "Jadilah cahaya, walau tak tersentuh, selalu menerangi. Jadilah angin, walau tak tampak, selalu memberi kesejukan. Jadilah sahabat sejati, walau tak bersama menjalani hari, selalu menjaga hati."

2. "Kebijaksanaan laksana cahaya, ia akan mencerahkan daun-daun pemikiranmu, memeluk lembut ranting pemikiranmu, dan mengukuhkan akar karaktermu."

3. "Tak ada yang muncul setelah kegelapan selain cahaya, tak ada yang muncul setelah kesedihan selain kebahagiaan."

4. "Kita boleh takut saat melewati kegelapan, tapi kalau tidak melewatinya, kita takkan pernah sampai pada cahaya yang kita inginkan."

5. "Terangilah hari esok dengan seberkas cahaya hari ini."

6. "Cinta ibarat cahaya, bukan pencetus masalah dan pembawa derita. Tak perlu berkorban kehormatan untuk cinta karena cinta yang benar-benar suci."

7. "Ada dua cara untuk menyebarkan cahaya. Jadilah lilin yang menyebarkan cahaya dan jadilah cermin yang memantulkan sinarnya"

8. "Kegelapan tak bisa mengusir kegelapan, hanya cahaya yang bisa melakukannya. Kebencian tak bisa mengusir kebencian, hanya cinta yang bisa melakukannya."

9. "Kecantikan bukan hanya di wajah, kecantikan adalah cahaya di dalam hati."

10. "Senyum adalah anugerah Tuhan bagi setiap manusia yang mengandung cahaya kebaikan dan kesucian, membawa kedamaian bagi yang melihat."

11. "Jadilah cahaya, walau tak tersentuh, selalu menerangi. Jadilah angin, walau tak tampak, selalu memberi kesejukan. Jadilah sahabat sejati, walau tak bersama menjalani hari, selalu menjaga hati."

12. "Kebijaksanaan laksana cahaya, ia akan mencerahkan daun-daun pemikiranmu, memeluk lembut ranting pemikiranmu, dan mengukuhkan akar karaktermu."

13. "Tak ada yang muncul setelah kegelapan selain cahaya, tak ada yang muncul setelah kesedihan selain kebahagiaan."

14. "Kita boleh takut saat melewati kegelapan, tapi kalau tidak melewatinya, kita takkan pernah sampai pada cahaya yang kita inginkan."

15. "Terangilah hari esok dengan seberkas cahaya hari ini."

16. "Cinta ibarat cahaya, bukan pencetus masalah dan pembawa derita. Tak perlu berkorban kehormatan untuk cinta karena cinta yang benar-benar suci."

17. "Ada dua cara untuk menyebarkan cahaya. Jadilah lilin yang menyebarkan cahaya dan jadilah cermin yang memantulkan sinarnya"

18. "Kegelapan tak bisa mengusir kegelapan, hanya cahaya yang bisa melakukannya. Kebencian tak bisa mengusir kebencian, hanya cinta yang bisa melakukannya."

19. "Kecantikan bukan hanya di wajah, kecantikan adalah cahaya di dalam hati."

20. "Senyum adalah anugerah Tuhan bagi setiap manusia yang mengandung cahaya kebaikan dan kesucian, membawa kedamaian bagi yang melihat."

 

2 dari 4 halaman

2. Kata-kata Cahaya dan Kegelapan Dalam Hidup

Ilustrasi (Credit: Freepik)

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa kegelapan hidup belum tentu menandakan keburukan. Kata-kata cahaya berikut ini akan memberi penerangan bagaimana seharusnya melihat segala kemungkinan lain dalam sebuah peristiwa.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai hal tersebut, langsung simak kata-kata cahaya berikut ini.

21. "Hidup itu tidak hanya cahaya dan kegelapan, dan orang-orang sering luput memperhatikan area remang yang ada diantara keduanya."

22. "Terkadang hal yang tersulit dalam hidup kita sebenarnya mudah dipecahkan kalau kita berpikir di luar nalar kita."

23. "Hidup tidak untuk ditangisi dan disesali. Hidup adalah untuk diperjuangkan dengan ridha Illahi."

24. "Hidup tanpa usaha adalah seperti mata yang tertutup untuk mencari kucing hitam dalam kamar yang gelap, sedang kucingnya tidak ada." - Andrea Hirata

25. "Hidup itu belajar tenggelam tuk bisa terapung. Belajar jatuh tuk bisa terbang. Hidup itu hitam dan putih. Tapi tak selalu hitam dan tak akan selamanya putih."

26. "Hitam dan putih mudah digambarkan, tapi jauh lebih sulit menghasilkan variasi di antara kedua ekstrim ini, ketika kejujuran harus dihargai, dan kedua sisinya tidak berwarna terlalu gelap atau terlalu terang." - Eduard Douwes Dekker

27. "Suka duka, naik turun, putih hitam, gelap terang, bahagia sedih, tetap bersyukur, hidup ya begitu, namanya juga cobaan, enak banget hidup ga ada cobaan, istirahatnya nanti di surga Allah. Bersandar hanya pada Allah."

28. "Bahwa dunia tempatnya berdiri tidak hanya hitam dan putih. Ada banyak warna di atasnya. Sementara warna-warna pun bisa berubah nama." - Remy Sylado

29. "Setiap kehidupan yang datang, selalu membawa warna. Tuhan selalu punya segala cara agar hidup ini tak selalu hitam dan putih."

30. "Semua pelukis harus mengawali kanvasnya dengan siraman warna hitam, karena semua hal di dunia itu gelap sampai tersingkap cahaya." - Leonardo da Vinci

31. "Seperti hidup, tidak ada gelap atau terang tapi reman-remang. Karena kita hidup dalam dua warna tersebut." - Quote by Amitha Bachan

32. "Yang paling sulit adalah bukan mendapatkan sesuatu, tetapi yang paling sulit adalah mempertahankannya."

33. "Cinta tidak melihat warna hitam atau putih yang kau berikan, tapi cinta memberi warna yang indah, yang terlihat dari mata dan hati yang kau tunjukkan padanya." - Agnes Davonar

34. "Hidup itu tentang putih atau hitam, baik atau buruk, terang atau gelap, dan tiada di antara keduanya. Ganjaran dari semua itu ialah surga atau neraka."

35. "Cinta itu hitam dan putih ada gelap dan terang. Cinta nggak selamanya penuh keindahan dan kejelasan, tetapi juga punya bagian gelap yang selalu bikin tersesat." - Bernard Batubara

 

3 dari 4 halaman

3. Kata-kata Cahaya Tentang Cinta dan Kebaikan

Ilustrasi (Credit: Freepik)

Cinta seolah tak bisa ditinggalkan begitu saja ketika membicarakan tentang kehidupan. Oleh karena itu, berikut ini terdapat kata-kata cahaya tentang cinta yang bisa kalian baca.

Kata-kata cahaya tentang cinta mengandung nuansa romantis yang bisa kalian jadikan bahan renungan atau jika mau, bagikan kepada orang tercinta. Analogi antara cinta dan kehidupan dalam kata-kata cahaya ini bisa cukup untuk mewakili perasaan kalian kepada pasangan.

36. "Cinta adalah sebuah kata bercahaya, ditulis oleh tangan cahaya, pada malam bercahaya." - Kahlil Gibran

37. "Sebuah makna yang mampu kita ambil dari gelap adalah setidaknya kita jadi buru-buru mencari cahaya." - Batassenja

38. "Tuhan, Engkau cahaya mataku, Engkau kemilau senyumku. Tiada yang lebih indah yang kuharap dari-Mu selain cinta-Mu."

39. Selemah apa pun cahaya, akan menerangi kegelapan, sedikit apa pun harapan akan menerangi kehidupan."

40. "Kecepatan cahaya lebih cepat dari kecepatan suara, oleh karena itu banyak orang yang tampil bersinar sampai akhirnya mereka berbicara."

41. "Kebaikan itu seperti cahaya, sekecil apa pun akan terlihat, meski seluruh ruangan gelap."

42. "Berdusta adalah tindakan mencabik kulit wajah dan mandi lumpur kotor yang meredupkan cahaya hati. "

43. "Ibarat benih kecil yang tahu bahwa untuk tumbuh, dia harus jatuh ke tanah kotor, tertutup dalam kegelapan dan berjuang untuk mendapatkan cahaya."

44. "Perjalanan hidup akan selalu melewati sebuah terowongan gelap, untuk itu kita perlu memastikan bahwa cahaya hati tidak pernah padam."

45. "Jadilah cahaya yang selalu menerangi sekitarnya di manapun melangkah."

KLovers, itulah kata-kata cahaya yang bisa kalian baca, jadikan bahan renungan, atau inspirasi untuk mencari makna kehidupan versi kalian sendiri.

 

(kpl/ans)

Topik Terkait