65 Kata-Kata Hari Pendidikan Nasional yang Bijak, Banyak dari Tokoh


Berita | Kamis, 11 Mei 2023 20:11

Kapanlagi.com - Ada banyak sekali hari Nasional yang diperingati di Indonesia, salah satunya Hari pendidikan Nasional. Ada banyak cara untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional, salah satunya dengan mengungkapkan kata-kata Hari Pendidikan Nasional berikut ini.


Hari Pendidikan Nasional atau disingkat HARDIKNAS, adalah hari nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Nah, bagi KLovers yang ingin mencari sebuah kata-kata Hari Pendidikan Nasional. Maka berikut ini beberapa kata-kata bijak untuk Hari Pendidikan Nasional tersebut.

1 dari 3 halaman

1. Kata-Kata Pendidikan Nasional Secara Umum

Kata-Kata Pendidikan (credit: Pexels)

Kata-kata Hari Pendidikan Nasional yang pertama ada kata-kata pendidikan secara umum. Dan berikut ini beberapa kata-kata Hari Pendidikan Nasional secara umum tersebut:

1. "Pendidikan merupakan hal yang penting bagi semua orang terutama bagi anak-anak. Pendidikan juga didapatkan dari segala tempat salah satunya adalah sekolah dan juga lingkungan keluarga, maka dari itu penting untuk memperingatinya."

2. "Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mengingat sosok guru bagaikan orang tua kedua bagi anak-anak karena darinya pula segala pengetahuan berasal".

3. "Pendidikan adalah hal yang paling penting dalam kehidupan individu karena memiliki potensi untuk mengubah masa depannya. Salam hangat di Hari Pendidikan Nasional."

4. "Peringatan Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita semua bahwa kita tidak boleh membiarkan seorang anak terlantar dari pendidikan. Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional untuk semua."

5. "Peringatan Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita semua bahwa kita tidak boleh membiarkan seorang anak terlantar dari pendidikan. Ucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional untuk semua."

6. "Ketika Anda mendidik seorang anak, Anda tidak hanya mengubah hadiahnya tetapi juga seluruh hidupnya untuk selamanya. Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional untuk semua."

7. "Pada kesempatan yang merayakan pentingnya pendidikan ini, marilah kita selalu memberikan kontribusi kita untuk mendidik anak. Selamat Hari Pendidikan Nasional."

8. "Ketika masing-masing akan mengajar satu maka kita akan memiliki setiap anak anak yang berpendidikan. Salam hangat di Hari Pendidikan Nasional."

9. "Kekuatan pendidikan tidak boleh diremehkan. Kebaikan pendidikan tidak boleh diabaikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional."

10. "Hidup tentu jauh lebih baik dengan kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional."

11. "Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023. Mari jadikan momentum ini untuk mengucapkan rasa terima kasih atas dedikasi para pahlawan pendidikan di Indonesia."

12. "Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023. Mari bersama terus berkolaborasi dalam pendidikan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Demi masa depan kita dan lingkungan yang lebih baik."

13. "Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari lanjutkan perjuangan pendahulu bangsa Indonesia dengan pendidikan untuk kemajuan bangsa."

14. "Pendidikan adalah salah satu pondasi utama menuju hidup yang lebih baik. Selamat Hari Pendidikan Nasional."

15. "Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023. Semoga kita semua dapat berperan untuk mewujudkan inklusivitas dalam dunia pendidikan."

16. "Mari peringati Hari Pendidikan Nasional dengan mengingat kembali makna pendidikan sebagai unsur terpenting dalam hidup seorang manusia."

17. "Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023. Setiap orang adalah guru dan setiap rumah adalah sekolah."

18. "Perayaan Hari Pendidikan Nasional kali ini menjadi pengingat bagi kita untuk meraih pendidikan di mana dan kapan pun. Tidak ada kata terlambat untuk belajar."

19. "Selamat Hari Pendidikan Nasional untuk semua pahlawan pendidikan. Terima kasih atas segala jasa dan pengorbanan kalian selama ini."

20. "Teruslah raih pendidikan setinggi-tingginya. Yakinlah, pendidikan akan membawa kamu ke arah masa depan yang lebih cerah. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023."

 

 

2 dari 4 halaman

2. Kata-Kata Tentang Pendidikan Menyentuh

Kata-Kata Pendidikan (credit: Pexels)

Suka dengan kata-kata menyentuh, maka kata-kata Hari Pendidikan Nasional yang menyentuh berikut ini bisa jadi pilihan. Dan berikut ini beberapa kata-kata Hari Pendidikan Nasional tersebut:

21. "Tujuan utama pendidikan bukanlah pengetahuan, tetapi tindakan."

22. "Pendidikan adalah seni untuk membuat manusia makin berkarakter."

23. "Menjadi cerdas dan berkarakter adalah tujuan utama sebuah pendidikan."

24. "Mendidik pikiran tanpa mendidik hati bukanlah pendidikan sama sekali."

25. "Pendidikan yang baik adalah fondasi untuk masa depan yang lebih baik."

26. "Pengetahuan akan memberimu kesempatan untuk membuat perbedaan."

27. "Pendidikan melahirkan kepercayaan. Keyakinan melahirkan harapan. Harapan melahirkan perdamaian."

28. "Alam sebagai sarana pendidikan dan bukan cuma petualangan."

29. "Pendidikan seyogianya tidak sekadar mengajarkan pengetahuan, namun semestinya juga mampu merangsang perkembangan ke arah yang lebih baik."

30. "Pendidikan memang tidak menjamin sukses, tapi tanpa pendidikan kehidupan ini menjadi lebih sulit."

31. "Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tapi, juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan."

32. "Tujuan utama dari pendidikan adalah mengubah kegelapan menjadi sebuah cahaya."

33. "Pendidikan mengubah banyak hal menjadi lebih baik. Seharusnya!"

34. "Tidak ada kekayaan seperti pengetahuan, tidak ada kemiskinan seperti ketidaktahuan."

35. "Pendidikan adalah kehidupan karena dengannya, hidup akan lebih bermakna."

36. "Ilmu tanpa amal adalah omong kosong. Amal tanpa ilmu adalah kesesatan."

37. "Akar pendidikan itu pahit, tapi buahnya manis."

38. "Perubahan adalah hasil akhir dari semua pendidikan."

39. "Hasil pendidikan tertinggi adalah toleransi."

40. "Pendidikan berhasil jika orang menjadi senang mempergunakan otaknya."

 

 

3 dari 4 halaman

3. Kata-Kata Pendidikan dari Para Tokoh

Kata-Kata Pendidikan (credit: Pexels)

Dan yang terakhir ada kata-kata Hari Pendidikan Nasional dari para tokoh terkenal. Kata-kata para tokoh ini bisa menjadi sebuah nasihat bagi kalian yang sedang menuntut ilmu. Dan berikut ini kata-kata Hari Pendidikan Nasional dari para tokoh tersebut:

41. "Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu emas kebebasan." - George Washington Carver

42. "Pengetahuan adalah cinta dan cahaya dan visi." - Helen Keller

43. "Metode pengetahuan yang sebenarnya adalah eksperimen." - William Blake

44. "Hiduplah seolah-olah kamu akan mati besok. Belajarlah seolah-olah kamu akan hidup selamanya. " - Mahatma Gandhi

45. "Pendidikan membuat tiap orang mudah dipimpin tetapi sulit dikendalikan: mudah diatur, tetapi tidak mungkin diperbudak." - Peter Brougham

46. "Kamu calon konglomerat ya? kamu harus rajin belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri. berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan." - Wiji Thukul

47. "Inilah pengajaran yang memanusiakan manusia, bukan pendidikan yang mengkerdilkan siswa." - Najwa Shihab

48. "Betapa mahalnya ongkos pendidikan sekolah bagi sebuah negara miskin; tapi juga betapa omong kosongnya sistem sekolah itu untuk menghilangkan jurang kemiskinan tersebut." - Goenawan Mohamad

49. "Tidak selamanya latar belakang pendidikan menentukan karir kita ke depan, terkecuali untuk karir di bidang pendidikan." - Bob Sadino

50. "Kurikulum berubah, tidak otomatis kualitas pendidikan meningkat. Namun, jika kualitas guru meningkat, kualitas pendidikan pasti meningkat, itu kuncinya." - Anies Baswedan

51. "Pendidikan memang tidak menjamin sukses, tapi tanpa pendidikan kehidupan ini menjadi lebih sulit." - Mario Teguh

52. "Pendidikan bukan sekadar memberikan pengetahuan, tetapi juga mengasah afeksi moral sehingga menghasilkan karya bagi kepentingan umat manusia." - Erza Saladin

53. "Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat Itu." - Ki Hadjar Dewantara

54. "Pendidikan adalah menyalakan api, bukan mengisi bejana." - Socrates

55. "Tujuan utama pendidikan adalah menciptakan manusia yang mampu melakukan hal-hal baru, bukan sekadar mengulangi apa yang telah dilakukan generasi sebelumnya, - manusia yang kreatif, berdaya cipta, dan penemu." - Jean Piaget

56. "Berapa pun biaya yang harus dikeluarkan untuk perpustakaan, harganya masih murah jika dibandingkan dengan risiko akibat bangsa yang bodoh." - Walter Cronkite

57. "Anda dapat mengajarkan pelajaran kepada seorang siswa selama sehari; tetapi jika Anda dapat mengajarinya untuk belajar dengan menciptakan rasa ingin tahu, dia akan melanjutkan proses pembelajaran selama dia hidup." - Clay P. Bedford

58. "Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa digunakan untuk mengubah dunia." - Nelson Mandela

59. "Kecerdasan ditambah karakter, itulah tujuan pendidikan sejati." - Martin Luther King Jr

60. "Pendidikan tidak dapat dipandang sebagai sesuatu seperti mengisi bejana dengan air, melainkan membantu bunga untuk tumbuh dengan caranya sendiri." - Bertrand Russell

61. "Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia-sia." - Abu Bakar

62. "Pengetahuan tidak terletak pada kebenaran saja, tetapi pada kesalahan juga." - Carl Jung

63. "Semua pengetahuan kita berasal dari persepsi kita." - Leonardo da Vinci

64. "Saat ini pengetahuan memiliki kekuatan. Itu mengontrol akses ke peluang dan kemajuan. " - Peter Drucker

65. "Belajar tidak pernah melelahkan pikiran." - Leonardo da Vinci

Itulah beberapa kata-kata Hari Pendidikan Nasional yang bisa KLovers ketahui dan pahami.

 

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait