70 Kata-Kata Cobaan Hidup Bijak dan Penuh Makna, Bikin Lebih Sabar


Berita | Senin, 21 Juni 2021 13:22

Kapanlagi.com - Setiap manusia di dunia mempunyai jalan hidupnya masing-masing. Terkadang untuk mencapai tujuannya, seseorang harus menempuh jalan berliku. Berbagai cobaan hidup juga muncul membuat perjalanan hidup kian terasa berat dan sulit. Untuk bisa tetap kuat dan bertahan, perlu adanya kesabaran dan keteguhan hati. Kata-kata cobaan hidup bisa membangkitkan kesabaran dalam hati.


Saat hati bisa bersabar, sesulit apapun hidup akan terasa lebih mudah dilalui. Pasalnya, hati yang penuh sabar akan meyakini bahwa perjalanan tak akan selamanya berliku. Di balik lika-liku dan cobaan hidup, tersimpan hikmah atau makna yang begitu berharga. Hikmah inilah yang kemudian bisa membuat seseorang lebih kuat daripada sebelumnya.

Untuk kalian yang sedang menempuh jalan hidup yang berliku, berikut kapanlagi.com telah menghimpun kata-kata cobaan hidup yang bisa buat lebih bersabar serta dapat bangkitkan motivasi.

1 dari 4 halaman

1. Kata-Kata Cobaan Hidup Bijak

(credit: freepik)

Manusia sangat dianjurkan untuk menjalani hidup dengan bijaksana, termasuk saat sedang menghadapi masalah. Pasalnya, perilaku bijak akan membawa seseorang hidup lebih tenang dan bersahaja. Saat cobaan hidup disikapi dengan bijak, hidup akan terasa lebih mudah dijalani. Berikut kata-kata cobaan hidup yang bijaksana.

1. "Sebelum lahir kita sudah mengenal sabar dan ikhlas, ketika ibu melewati masa mengandung dan melahirkan, saat ayah berjuang penuhi kebutuhan."

2. "Terkadang kita harus bersabar dan mengikhlaskan semua yang kita lakukan tidak sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan."

3. "Jangan pernah menyerah dan berusaha lari, tapi hadapilah cobaan yang ada di depan kita dengan sabar".

4. "Rintangan tidak harus menghentikanmu. Jika kamu menabrak tembok, jangan berbalik dan menyerah. Cari tahu bagaimana cara memanjatnya, melewatinya, atau mengatasinya." - Michael Jordan

5. "Sebuah ujian hidup tidak akan pernah menjadi sulit apabila kamu bisa melewatinya dengan kesabaran dan keikhlasan."

6. "Perlu diingat, untuk mendapatkan sebuah kekuatan terbesar dalam hal kebijaksanaan, biasanya akan muncul pada situasi yang paling sulit."

7. "Belajarlah tenang dan sabar. Jalan keluar sebuah masalah dan kemenangan selalu diraih oleh mereka yang tenang dan sabar."

8. "Musibah bagaikan air keruh, semakin kau aduk semakin keruh. Maka bersabar dan tenanglah dalam menghadapi masalah, karena sebentar lagi dia kan jernih."

9. "Bersabarlah tak peduli seberapa sulit dan gelap jalan yang akan Anda lalui."

10. "Sabarlah, tidak semua hal bisa kamu selesaikan sendiri. Untuk hal-hal di luar jangkauanmu, kamu harus belajar sabar dan merelakannya."

11. "Jika kamu jatuh kemarin, berdirilah hari ini." - H.G. Wells

12. "Sebuah masalah merupakan tamu yang tak diundang didalam kehidupan kita, dan kita harus perlakukan dia sebaik mungkin, maka kita juga akan diperlakukan dengan baik olehnya."

12. "Sejak kita menginginkan keindahan dan kebahagiaan hidup, jadikanlah sabar sebagai sahabat, dan ikhlas sebagai penguat langkah."

13. "Jangan pernah menjadikan sebuah masalah menjadi beban hidup, jadikanlah masalah tersebut sebagai acuan untuk kamu bisa maju."

14. "Adakalanya sebuah keputusan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, tapi dari situ kita belajar untuk ikhlas dan sabar."

15. "Setiap pekerjaan ada risikonya, setiap kesuksesan pun juga ada risikonya. sabar dan ikhlas dapat mengubah risiko jadi lebih indah."

16. "Bersabarlah dengan semua masalah yang kamu hadapi, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya."

17. "Jadilah kuat karena segalanya akan menjadi lebih baik. Mungkin badai sekarang, tetapi tidak pernah hujan selamanya." - Evan Carmichael

 

2 dari 5 halaman

2. Kata-Kata Cobaan Hidup Bangkitkan Motivasi

(credit: freepik)

Motivasi menjadi satu hal penting dalam hidup ini. Adanya motivasi akan membuat seseorang jadi lebih kuat dan teguh dalam menghadapi cobaan. Berikut kara-kata cobaan hidup yang bisa bangkitkan motivasi dalam diri.

18. "Batas dari kesabaran bergantung dengan pilihanmu. Jika kamu ingin memperpanjang kebahagiaan maka teruslah bersabar."

19. "Ukuran utama seorang manusia bukanlah di mana ia berdiri di saat-saat kenyamanan dan kemudahan, tetapi di mana ia berdiri di saat-saat penuh tantangan dan kontroversi." - Martin Luther King, Jr.

20. "Barangkali cobaan ini tidak akan berakhir sampai kita bisa mengambil pelajaran dari cobaan yang menimpa kita."

21. "Jadikan hambatan sebagai pengingat dalam hidup, bahwa tidak ada yang abadi."

22. "Mengeluh tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan, bersemangatlah dalam menjalani hidupmu dengan ikhlas dan kesabaran."

23. "Selalu berani dan kuat, dan jangan takut." - Gabby Douglas

24. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang mampu menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

25. "Dengan melakukan sabar, maka kamu dapat mengetahui seberapa besar kekuatanmu dalam menghadapi masalah."

26. "Sabar dan ikhlas adalah kunci sukses menjalani segala cobaan yang tuhan beri, agar hati dan keyakinan kita tetap kuat bertahan."

27. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

28. "Jangan ragu untuk melangkah. Karena setiap ujian harus dihadapi, bukan dihindari."

29. "Jadikanlah dirimu sebagai pribadi yang teguh dan kuat, dan manfaatkan sebuah peluang yang kecil sebagai jalan untuk kamu menuju pintu kesuksesan."

30. "Tetaplah tegar meski yang lain berguguran. Tetaplah tersenyum meskipun perjuangan ini terasa pahit dan berliku."

31. "Setiap orang memiliki ujiannya masing-masing. Yang membedakan hanyalah bagaimana cara mereka dalam menghadapinya."

32. "Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh." - Kahlil Gibran

33. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

34. "Orang yang kuat itu adalah orang yang sabar dan ikhlas ketika ditimpa musibah."

35. "Salah satu tanda kedewasaan seseorang adalah saat mereka memilih sabar terlebih dahulu dalam menyelesaikan masalah."

36. "Mengeluh tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan, bersemangatlah dalam menjalani hidupmu dengan ikhlas dan kesabaran."

 

3 dari 5 halaman

3. Kata-Kata Cobaan Hidup Penuh Makna

(credit: freepik)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, selalu ada hikmah di balik setiap cobaan hidup. Namun, hanya orang-orang yang bijaksana yang bisa memetik hikmah atau makna tersebut. Berikut kata-kata cobaan hidup yang penuh makna dan hikmah.

37. "Ketika Anda sampai di ujung tali Anda, ikat simpulnya dan bertahanlah." - Franklin D. Roosevelt

38. "Menjadi sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian."

39. "Jalan menuju kebahagiaan yang sempurna adalah dengan kesabaran dan keikhlasan."

40. "Harapan itu selalu ada jika kita mau berusaha, seberatnya kita berusaha kita harus mampu melaluinya dengan ikhlas dan sabar."

41. "Kesabaran adalah cara terbaik untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik."

42. "Kalau setiap cerita hidup kita selalu indah,hati tak pernah kenal dekat dengan sabar dan ikhlas."

43. "Dengan kesabaran kita memperoleh hasil lebih dari kekuatan kita."

44. "Bagi orang yang selalu sabar dan ikhlas, mereka akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih."

45. "Hidup ini bukan hanya mencari yang terbaik, namun lebih kepada menerima kenyataan."

46. "Bahagia itu datang bersama sabar dan perginya bahagia bersama ikhlas."

47. "Sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian."

48. "Jangan berdoa untuk hidup yang mudah. Berdoalah untuk menjadi orang yang lebih kuat." - John F Kennedy

49. "Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, apa yang kamu inginkan pasti bisa kamu dapatkan, asal sabar, usaha, dan ikhlas dalam doa."

50. "Bukan masalah apa yang kau lakukan tapi, kau harus bertanggung jawab apa yang kau ciptakan."

51. "Tantangan hidup seharusnya tidak melumpuhkan Anda, itu seharusnya membantu Anda menemukan siapa diri Anda." - Bernice Johnson Reagon

52. "Tidak ada kata-kata yang indah selain kata ikhlas dan sabar."

53. "Setiap musibah mengandung permata yang berharga, tapi hanya orang-orang bersabarlah yang berhak mendapatkannya."

54. "Tersenyum tidak selalu berarti kamu bahagia. Terkadang, itu hanya berarti kamu kuat."

55. "Tidak ada yang menyelamatkan kita kecuali diri kita sendiri. Tidak ada yang bisa. Kita sendiri yang harus menjalani jalan itu." - Buddha

 

4 dari 5 halaman

4. Kata-Kata Cobaan Hidup Islami

(credit: freepik)

Dalam agama Islam, seorang muslim dianjurkan untuk bisa melalui cobaan hidup dengan tetap berusaha dan bersabar. Sebab, ada keyakinan bahwa Allah tak akan menguji hamba-Nya melebihi kemampuannya. Berikut kata-kata cobaan hidup bernuansa islami, bisa bikin lebih sabar.

56. "Tuhan bantu aku untuk selalu bersyukur atas semua keadaan, sabar menjalani masalah dan ikhlas akan semua takdirmu."

57. "Allah menguji setiap orang dengan ujian yang berbeda-beda, karena setiap orang memiliki tingkat kesabaran, toleransi, dan keimanan yang berbeda."

58. "Terkadang kita diuji oleh Tuhan bagaimana kita mampu bersabar ketika diberikan suatu cobaan yang disebut ujian dari Tuhan."

59. "Tetaplah tersenyum ketika sedang sedih dan memaafkan ketika dikecewakan, karena Allah menyukai orang mampu bersabar ketika menghadapi cobaan."

60. "Dan kami jadikan sebagian kalian cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kalian bersabar?" - Q.S Al-Furqan: 20

61. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah, karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

62. "Kamu hanya bisa berdoa kepada Tuhan, semoga di balik semua kesusahan ada kebahagiaan."

63. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan ada kemudahan." - HR. Tirmidzi

64. "Bersabarlah ketika suatu hal yang sangat kamu sayangi hilang, dan percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal lebih indah dari sebelumnya."

65. "Hati yang terlukai hanya akan terobati, oleh ikhlas hati dan berserah pada Ilahi."

66. "Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan." - Q.S Al-Insyirah: 5

67. "Sabar terhadap orang lain adalah cinta, sabar terhadap diri sendiri adalah harapan, dan sabar terhadap Allah SWT adalah keyakinan."

68. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - Q.S Al-Baqarah: 286

69. "Jika Allah membawamu ke dalam suatu kondisi (cobaan), Dia juga akan memberimu jalan untuk melaluinya."

70. "Hanya Allah yang mampu mengubah kekacauan menjadi sebuah pesan, ujian menjadi kesaksian, cobaan menjadi kemenangan, dan korban menjadi juara."

Itulah di antaranya 70 kata-kata cobaan hidup yang bisa bangkitkan kesabaran dan motivasi. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

 

(kpl/psp)

Topik Terkait