9 Cara Melahirkan Normal Secara Aman , Untuk Mengurangi Rasa Sakit


Berita | Senin, 11 Januari 2021 17:33
Editor : Dita Tamara

Kapanlagi.com - Menunggu kelahiran buah hati memang menjadi salah satu dambaan bagi keluarga. Sebagian besar ibu yang telah mengandung buah hatinya selama 9 bulan, tentu mengharapkan proses melahirkan secara normal. Namun sebagian ibu juga merasa khawatir dan cemas lantaran proses melahirkan normal yang katanya begitu menyakitkan. Belum lagi ketika mendengar kisah teman maupun kerabat yang mungkin mengalami hal serupa. Terkadang hal tersebut bukan membuat kalian semangat untuk melahirkan normal, akan tetapi justru membuat semakin stres.


Perlu diketahui jika cara melahirkan normal memang lebih banyak memiliki kelebihan dan manfaat seperti proses pemulihan yang cepat, dapat meninggalkan rumah sakit lebih cepat, produksi kolostrum dan ASI baik, ibu dapat langsung berinteraksi dengan bayi, hingga menghemat biaya. Nah, bagi kalian yang akan menjadi ibu untuk pertama kalinya, berikut ini sederet cara melahirkan normal yang bisa kalian jadikan referensi. Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 9 halaman

1. Persiapkan Fisik dan Mental Sebelum Melahirkan

(credit: pixabay)

Cara melahirkan normal yang pertama yaitu penting untuk mempersiapkan fisik dan mental sebelum melahirkan. Terpenting, ada keyakinan yang besar dari dalam diri supaya persalinan berjalan lancar. Dengan meyakinkan diri sendiri ini, akan membuat fisik ibu hamil pun ikut tersugesti menjadi lebih kuat. Selain itu, persiapan fisik bisa dilakukan dengan pijatan premium yang dilakukan di trimester ketiga. Kalian juga bisa melakukan senam kagel untuk melatih oto-otot ibu hamil.

 

2 dari 10 halaman

2. Jaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat

Ketika kalian mengharapkan cara melahirkan secara normal, ada baiknya untuk memiliki tubuh yang sehat. Hal ini bisa mempengaruhi waktu melahirkan yang lebih singkat. Ada baiknya untuk rutin melakukan jalan kaki, berenang, atau rutin melakukan senam kehamilan. Namun, tentu saja untuk melakukan aktivitas tersebut, ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan.

 

3 dari 10 halaman

3. Hindari Kelelahan Jelang Melahirkan

(credit: pixabay)

Cara melahirkan normal selanjutnya yaitu dengan menghindari tubuh supaya tidak kelelahan jelang melahirkan. Hal ini sangat penting untuk menghindari pendarahan atau semacamnya. Ada baiknya, ibu hamil sudah mengantisipasi untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan baik memasuki akhir kehamilan ataupun jelang persalinan. Cobalah untuk memaksimalkan waktu istirahat dan selalu mengonsumsi asupan makanan yang bergizi.

 

4 dari 10 halaman

4. Tentukan Support Sistem Saat Melahirkan

Cara melahirkan normal selanjutnya yaitu penting untuk menentukan support sistem. Hal ini bisa dilakukan oleh suami yang harus terus berada di sisi kalian sebelum persalinan.  Hal ini lantaran seseorang ibu yang hendak melahirkan dan didukung oleh support sistem akan sedikit menghilangkan rasa sakit. Selain itu percayakan proses melahirkan normal kalian pada rumah sakit yang sesuai, dokter kandungan terpercaya, hingga orang yang akan mengurus bayi nantinya.

 

5 dari 10 halaman

5. Jangan Berbaring

(credit: pixabay)

Ketika kalian sudah merasakan kontraksi jelang persalinan, sebaiknya jaga tubuh kalian untuk tetap tegak supaya memberikan keuntungan saat proses persalinan nantinya. Hal ini membuat kepala bayi akan menekan leher rahim sehingga terjadi pembukaan. Kalian bisa mencoba berbagai posisi seperti berdiri, berlutut, maupun jongkok untuk mempercepat persalinan.

 

6 dari 10 halaman

6. Konsumsi Banyak Air

Selanjutnya, cara melahirkan normal yaitu dengan rutin mengonsumsi banyak air. Minum air membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, Air juga mengencerkan urine, sehingga mengurangi kemungkinan infeksi saluran kemih yang umum terjadi selama kehamilan. Dehidrasi bisa menyebabkan awal persalinan prematur, jadi terhidrasi sangat penting. Konsumsi 10 gelas air sehari sangat bermanfaat untuk ibu hamil lho.

 

7 dari 10 halaman

7. Mandi

Mandi bisa menjadi salah satu cara untuk mempercepat kelahiran normal. Selain itu, mandi juga akan meminimalisir rasa sakit karena kontraksi yang membuat otot-otot di sekujur tubuh menjadi tegang dan kaku. Oleh sebab itu, ada baiknya kalian mandi air hangat untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

 

8 dari 10 halaman

8. Pijat

Jelang persalinan, melakukan pijatan akan membuat kecemasan saat akan melakukan proses melahirkan akan berkurang dibanding mereka yang tidak dipijat. Lakukan pijatan ringan di area bahu dan leher saat kontraksi datang. Lalu, daerah punggung bagian bawah selama tahap kontraksi.

 

9 dari 10 halaman

9. Mengatur Pernapasan Saat Melahirkan

Cara melahirkan normal selanjutnya yaitu dengan tetap mengatur napas saat persalinan. Nantinya, dokter atau perawat akan memberitahu kapan kalian harus mengejan saat kontraksi datang. Bila kontraksi sudah datang mengejanlah sekuat tenaga dengan cara yang benar. Saat kontraksi hilang, minta bantuan perawat untuk memberikan stimulasi agar kontraksi kembali datang. Atur napas dengan mengikuti panduan yang diberikan, agar bayi bisa terlahir dengan lebih mudah.

Itulah sederet cara melahirkan normal yang bisa kalian terapkan sehingga proses melahirkan pun lancar. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Topik Terkait