9 Mitos Pohon Bambu Menurut Primbon Jawa, Diyakini Tanaman Pembawa Keberuntungan


Berita | Selasa, 5 Desember 2023 15:11

Kapanlagi.com - Pohon bambu merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Bambu yang biasa tumbuh melimpah di hutan atau kebun bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi berbagai barang kebutuhan. Selain dianggap sebagai tanaman yang bermanfaat secara ekonomi, bambu ternyata juga punya nilai spiritual di masyarakat Jawa. Terbukti, ada bagian dalam kitab primbon yang membahas tentang bambu.


Di kalangan masyarakat Jawa, ada sejumlah mitos dan keyakinan berkaitan dengan tanaman bambu. Mitos dan keyakinan itupun cukup beragam, mulai dari yang berkonotasi positif hingga yang negatif. Karenanya tak heran jika ada orang yang rela berburu jenis tanaman bambu tertentu untuk mendapatkan keistimewaan bambu yang dijelaskan dalam primbon Jawa.

Penasaran, seperti apa penjelasan terkait mitos tentang bambu dalam primbon Jawa? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Mitos Bambu Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi Mitos Bambu Menurut Primbon Jawa (credit: unsplash)

1. Sebagai Penolak Bala

Mitos pertama terkait pohon bambu dalam primbon Jawa, tanaman ini dipercaya sebagai penolak bala. Bambu diyakini memiliki kekuatan magis untuk menjaga keamanan dan ketentraman. Bambu dipercaya mampu menyerap energi negatif serta memberikan perlindungan bagi rumah dan penghuninya. Konon, menanam pohon bambu di depan rumah dapat melindungi penghuninya dari segala macam bencana dan marabahaya.

2. Pembawa Keberuntungan

Pohon bambu dalam berbagai budaya dipercaya sebagai simbol keberuntungan. Ternyata tak terkecuali dalam budaya Jawa, bambu juga dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kesuburan. Banyak orang yang meyakini bahwa memiliki pohon bambu di sekitar rumah atau pekarangan akan membawa keberuntungan dan rezeki melimpah bagi penghuninya.

3. Jadi Tempat Persemayaman Arwah Leluhur

Mitos lainnya terkait pohon bambu, dipercaya sebagai tempat tinggal para arwah leluhur. Mitos ini menyebutkan bahwa pohon bambu merupakan tempat di mana arwah leluhur menetap setelah meninggal dunia.

4. Memancarkan Aura Kebahagiaan

Keempat, pohon bambu dipercaya memiliki energi yang positif dan menyebarkan aura kebahagiaan. Banyak orang yang meyakini bahwa berada di dekat pohon bambu dapat membawa perasaan bahagia dan damai. Oleh karena itu, pohon bambu sering dijadikan sebagai bagian dari dekorasi untuk menciptakan suasana yang positif di sekitar rumah.

2 dari 4 halaman

2. Arti Mimpi Bambu Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi Arti Mimpi Bambu Menurut Primbon Jawa (credit: unsplash)

1. Mitos Mimpi Memotong Bambu

Jika kalian bermimpi memotong bambu menurut primbon Jawa, hal ini mengindikasikan bahwa kalian sedang menghadapi perubahan penting dalam hidup. Kalian mungkin sedang memutuskan untuk memulai hal-hal baru atau meninggalkan hal-hal lama.

2. Mitos Mimpi Jatuh dari Bambu

Sementara itu, ada pula mitos saat seseorang bermimpi jatuh dari bambu. Dalam primbon Jawa, mimpi ini bisa mengindikasikan bahwa kalian sedang mengalami ketidakstabilan dalam hidup atau kegagalan dalam meraih tujuan.

3. Mitos Mimpi Membangun Rumah dari Bambu

Bambu jadi satu tanaman yang sering dipakai saat membangun rumah. Nah, apabila kalian bermimpi membangun rumah dari bambu, mimpi ini bisa mengindikasikan bahwa kalian sedang merencanakan sesuatu yang besar dalam hidup.

4. Mitos Mimpi Menanam Bambu

Menanam bambu dalam mimpi bisa menjadi pertanda bahwa kalian sedang merencanakan sesuatu yang akan memberikan hasil yang baik di masa depan. Jadi tetap semangat dan maksimal dalam mengerjakan apa yang sedang kalian kerjakan saat ini.

5. Mitos Mimpi Tersesat di Hutan Bambu

Arti mimpi tentang tersesat di hutan bambu dalam primbon Jawa bisa menjadi pertanda kurang baik. Menurut primbon, mimpi ini bisa jadi tanda bahwa kalian sedang mengalami kebingungan atau kehilangan arah dalam hidup.

3 dari 4 halaman

3. Filosofi Tanaman Bambu di Masyarakat Jawa

Ilustrasi Filosofi Tanaman Bambu di Masyarakat Jawa (credit: unsplash)

Di masyarakat Jawa, dikenal beragam jenis bambu. Mulai dari bambu hitam, bambu petung, bambu tali, hingga bambu apus menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Menariknya, setiap jenis bambu di masyarakat Jawa ternyata mempunyai nilai dan filosofi tersendiri.

1. Bambu hitam dikenal sebagai bambu yang sangat kuat dan tahan lama. Hal ini melambangkan kekuatan dan keteguhan dalam menghadapi segala cobaan dalam hidup.

2. Bambu petung merupakan simbol kesederhanaan dan kemandirian. Pasalnya bambu petung tumbuh dengan tinggi namun tidak memiliki banyak cabang, hal ini melambangkan kemampuan untuk tetap tegak dalam kemandirian tanpa bergantung kepada orang lain.

3. Bambu tali, yang sering digunakan sebagai bahan anyaman, memiliki filosofi tentang kerja sama dan kebersamaan karena penggunaannya yang disatukan dengan bambu lain, ia menjadi kuat dan berguna.

4. Bambu apus dipandang sebagai simbol ketahanan, kekuatan, kesederhanaan, dan keteguhan hati. Hal ini karena bambu apus biasa tumbuh di daerah pegunungan, sehingga bambu apus menunjukkan kemampuan bertahan dalam kondisi ekstrem, melambangkan ketabahan dan ketekunan dalam menghadapi cobaan kehidupan.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan terkait mitos tanaman bambu menurut primbon Jawa. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini. Pembaca bebas untuk percaya atau tidak percaya terkait mitos tanaman bambu yang dipaparkan di artikel ini.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/psp)

Topik Terkait