Ada Tumis Kangkung, Berikut Berbagai Menu Sehat dan Enak yang Cocok untuk Diet


Berita | Senin, 2 Oktober 2023 18:28

Kapanlagi.com - Salah satu permasalahan utama ketika niat diet terbesit adalah rasa makanan yang kurang enak. Memang sih, kandungan gula dan garam harus dikurangi ketika sedang diet. Tetapi bukan berarti kamu nggak bisa mengonsumsi olahan makanan yang enak dan bervariasi, kok.


Berikut ini beberapa makanan yang enak dan cocok untuk menu diet. Kamu juga bisa menjadikannya lauk atau makan langsung tanpa nasi. 

1 dari 4 halaman

1. Tumis Kangkung

Credit: pixabay/cegoh

Sayur kangkung tidak hanya lezat, tetapi juga penuh dengan manfaat. Kamu mungkin telah mendengar bahwa sayuran berdaun hijau adalah teman terbaik dalam membakar lemak perut. Dilansir dari National Library of Medicine, bayam, selada, dan tentu saja kangkung adalah pilihan yang tepat untuk membantu pembakaran lemak di perut.

Salah satu menu sehat dan enak yang bisa kamu coba untuk diet adalah tumis kangkung. Cukup dengan menumis bawang merah, bawang putih, dan cabai sampai wangi, kemudian tambahkan sayur kangkung yang sudah dibilas bersih setelah direndam air garam, kamu sudah bisa menikmati tumis kangkung yang nikmat.

Alternatif lain supaya menu ini tambah sehat adalah jangan terlalu banyak menambahkan minyak goreng. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan olive oil alias minyak zaitun sebagai pengganti minyak sawit. Dilansir dari poltekkes Palembang, olive oil dipercaya lebih sehat karena rendah lemak jahat (asam lemak jenuh).

 

2 dari 5 halaman

2. Brokoli Jamur Saus Tiram

Credit: pixabay/cegoh

Selain kangkung, sayuran hijau lainnya yang baik untuk diet adalah brokoli. Dari jurnal NHI.gov dijelaskan tentang pentingnya brokoli sebagai sayuran diet. Bahkan sayuran ini dikenal sebagai antimikroba, antioksidan, antikanker, imunomodulator, antidiabetes, hepatoprotektif, kardioprotektif, dan anti-amnesia

Beberapa mineral dan vitamin dalam sayuran ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan fitokimia di dalamnya juga dapat meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh, serta membantu tubuh melawan perut kembung.

Sementara itu, jamur terkenal dapat menurunkan berat badan dan membakar lemak dengan cara mengatur kadar glukosa di dalam darah. Bahan pangan nabati ini juga kaya akan protein. Makanya dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh yang efektif untuk hilangkan lemak.

Kedua bahan makanan ini dapat disatukan dalam masakan tumis dengan saus tiram, lho. Cara memasaknya pun mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan berbagai bahan, yakni brokoli, 4 siung bawang putih, 1 buah bawang bombay, jamur kancing secukupnya, dan bumbu saos tiram.

Seperti biasa, sayur brokoli dan jamur bisa dicuci terlebih dahulu kemudian dipotong kecil-kecil. Untuk bawang bisa digeprek dan diiris tipis, lalu ditumis sampai wangi. Kemudian, masukkan brokoli dan jamur kancing dengan ditambah air dan saus tiram.

 

3 dari 5 halaman

3. Mashed Potato

Credit: pexels/Antony Trivet

Kentang merupakan karbohidrat yang bisa menjadi pengganti nasi. Dilansir dari livestrong.org, cara memasak kentang terbaik adalah dengan direbus atau dipanggang. Nah, mashed potato adalah salah satu menu diet yang sehat dan enak untuk jadi selingan.

Kamu bisa cek berbagai resep di internet. Tapi, yang paling mudah dan enak biasanya kentang direbus lalu dihancurkan. Selanjutnya kentang bisa dicampur dengan berbagai bahan sesuai selera, seperti susu full cream, keju, dan penyedap.

 

4 dari 5 halaman

4. Udang Tumis Madu

Credit: pexels/Farhad Ibrahimzade

Menu berbahan dasar seafood ini juga cocok jadi menu diet. Apalagi udang segar sendiri sudah terasa gurih tanpa harus menggunakan banyak bahan penyedap. Yang paling penting juga, udang sangat rendah kalori dan sumber protein rendah lemak.

Kreasi menu udang sangat banyak. Kamu bisa coba untuk menu diet yang sehat dan enak, salah satunya kreasi udang tumis madu ini. Pertama, buat dulu bumbu dengan campuran madu, sari lemon, garam, dan cayenne pepper ke dalam wadah.

Selanjutnya tumis bawang putih dengan minyak zaitun, baru masukkan udang. Setelah diaduk sebentar, tuangkan campuran madu tadi, dan juga mentega. Tunggu sampai udang kuning keemasan, dan bumbu menyerap, kemudian sajikan dengan daun pasterli.

Gimana, kamu tertarik nggak untuk mencoba berbagai menu ini? Selain cocok untuk diet, menu ini juga sehat, lho. Jangan lupa juga jaga kesehatan dan tetap berolahraga demi kesuksesan dietmu ya!

 

Penulis: Farhati Haqiya Silmi

(kpl/glo)