Arti Awkward dalam Bahasa Inggris, Beserta Contoh Kalimat dan Perbedaannya dengan Strange


Berita | Selasa, 20 Desember 2022 16:11

Kapanlagi.com - Saat ini, ada banyak sekali kata bahasa Inggris yang sering dicampurkan ke dalam bahasa Indonesia sehari-hari, salah satunya kata awkward. Ya, arti awkward sendiri adalah sebuah situasi yang canggung.


Kata awkward ini sering banget loh digunakan oleh anak-anak muda di Indonesia, dan menjadi sebuah kata yang populer. Terutama kata awkward moment, yang begitu populer di media sosial.

Nah, bagi KLovers yang ingin memahami arti awkward. Maka berikut ini penjelasan arti awkward lebih dalam bahasa Inggris beserta contoh kalimat dan perbedaan arti awkward dengan strange. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1 dari 3 halaman

1. Penjelasan Arti Awkward

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, kata awkward sendiri merupakan sebuah kata dalam bahasa Inggris. Arti awkward sendiri merupakan sebuah gambaran situasi yang canggung atau kikuk. Sehingga, ini menjadi sebuah situasi yang kurang enak atau kurang nyaman.

Dan menurut KBBI, arti canggung atau kikuk adalah kurang mahir atau tidak terampil dalam melakukan sesuatu karena belum bisa mengerjakannya. Dalam berinteraksi, canggung dapat didefinisikan sebagai tidak pandai berbasa-basi.

Dalam bahasa Inggris, kata awkward merupakan sebuah kata ajektiva atau kata sifat. Untuk KLovers yang ingin lebih memahami lagi arti awkward, maka berikut ini beberapa contoh kalimat awkward dalam bahasa Inggris yang tepat.

1. It's an awkward corner, so take it slowly. (Ini sudut yang canggung, jadi lakukan perlahan.)

2. Things between you and me are so awkward (hal di antara kamu dan aku sangat kikuk.)

3. Some of the questions were rather awkward. (Beberapa pertanyaan agak canggung.)

4. That awkward boy under the tree is my brother (Anak laki-laki kikuk dibawah pohon adalah saudara laki-laki saya.)

5. It was an awkward ascent, but we reached the top eventually. (Itu adalah pendakian yang canggung, tetapi kami akhirnya mencapai puncak.)

6. It is awkward when you call him with my name (Ini aneh ketika kamu memanggilnya dengan namaku)

7. How do you know it is an awkward moment? (bagaimana kamu tau bahwa ini adalah momen yang aneh?)

 

2 dari 4 halaman

2. Bahasa Serupa Lainnya

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Nah, selain awkward, ada pula bahasa serupa lainnya yang mirip. Namun tentunya beda arti dan maksud ya KLovers. Hanya saja menunjukkan sebuah situasi ataupun menjadi sebuah kata sifat yang mungkin sedikit serupa. Dan berikut ini beberapa kata-kata tersebut.

1. Cringe

Kata cringe merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti rasa malu atau jijik pada seseorang saat melihat sesuatu yang memalukan atau menjijikan. Arti cringe juga kerap diasosiasikan dengan ekspresi meringis ketika melihat sesuatu hal yang menjijikkan dan memalukan.

2. Cliche

Kemudian ada cliche atau yang memiliki arti klise. Kata ini adalah ungkapan yang umum digunakan dan terlalu sering digunakan atau diulang-ulang. Sehingga kehilangan makna atau pesan aslinya sehingga dirasa basi oleh sebagian pihak.

3. Embarrassing

Kata embarrassing memiliki arti memalukan atau canggung dalam keadaan emosional yang terkait dengan ketidaknyamanan tingkat ringan hingga berat. Biasanya hal ini dialami ketika seseorang melakukan tindakan yang tidak dapat diterima secara sosial, atau tidak disukai yang disaksikan oleh atau diungkapkan kepada orang lain. Kata embarrassing ini merupakan kata sifat untuk benda atau sesuatu hal dan bukan orang.

4. Lame

Kemudian kata selanjutnya ada kata lame. Ya, secara umum arti lame sendiri adalah kuno, pincang, timpang, lemah, tidak memuaskan. Namun, kalau dalam sebuah ajektiva, kata lame ini menunjukkan sesuatu yang payah, bisa berarti orang atau situasi.

5. Clumsy

Dan terakhir ada clumsy yang merupakan bentuk kata atau kalimat dalam bahasa Inggris yang memiliki arti untuk menggambarkan sesuatu yang ceroboh dan diakibatkan karena sebuah kebodohan.

 

3 dari 4 halaman

3. Perbedaan Awkward dan Strange

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Nah, setelah mengetahui arti awkward dan kata-kata serupa, ternyata ada loh kata lain yang serupa banget dengan awkward. Ya, itu adalah kata strange. Kata strange sendiri memiliki arti yaitu, ganjil atau aneh.

Namun keanehan yang dimaksudkan dalam kata strange disini yaitu sesuatu yang aneh karena tidak semestinya ya KLovers dan hal tersebut tidak mengandung unsur humor atau kelucuan.

Sedangkan, kalau awkward adalah arti aneh atau tak lazim namun keanehan yang dimaksudkan disini yaitu, aneh yang mengandung humor atau kelucuan. Sehingga, bisa dibilang aneh yang masih santai. Contoh kalimat menggunakan kata strange sendiri seperti,

1. He has some very strange ideas about women! (Dia memiliki beberapa ide yang sangat aneh tentang wanita!)

2. You say the strangest things sometimes. (Anda mengatakan hal-hal aneh kadang-kadang.)

3. I had a strange feeling that we'd met before. (Aku punya perasaan aneh bahwa kita pernah bertemu sebelumnya.)

4. It's strange that tourists almost never visit this village. (Anehnya, turis hampir tidak pernah mengunjungi desa ini.)

5. That's strange - I'm sure I put my glasses in my bag, but they're not there. (Itu aneh - saya yakin saya memasukkan kacamata saya ke dalam tas, tetapi tidak ada.)

Itulah penjelasan tentang arti awkward yang bisa KLovers ketahui. Selain arti awkward, KLovers juga bisa mengetahui contoh kalimat dan perbedaannya awkward dengan strange.

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait