13 Arti Bibir Atas Kedutan Menurut Primbon Jawa, Ketahui Juga Penjelasannya Secara Medis


Plus | Jum'at, 29 Desember 2023 12:33

Kapanlagi.com - Kedutan jadi hal yang bisa dialami siapa saja. Kedutan dapat terjadi di berbagai bagian tubuh manusia. Namun banyaknya bagian tubuh, bibir atas merupakan salah satu yang paling sering mengalami kedutan. Oleh masyarakat Jawa tradisional, diyakini ada arti khusus dari bibir atas kedutan menurut Primbon Jawa.


Kendati demikian, kedutan sejatinya sebuah kondisi fisik yang proses terjadinya bisa dijelaskan secara ilmiah. Akan tetapi, mitos tentang kedutan di bibir atas memang sudah seolah mengakar di masyarakat Jawa. Hingga kini, masih banyak masyarakat yang percaya jika kedutan di bibir atas merupakan sebuah pertanda.

Lantas, apa saja arti bibir atas kedutan menurut Primbon Jawa? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 11 halaman

1. Akan Dapat Rezeki Makanan

Bibir merupakan bagian dari mulut, indera yang digunakan untuk memakan makanan. Dalam Primbon Jawa, kedutan di bibir bagian atas ternyata juga berkaitan makanan. Jika mengalami bibir atas kedutan menurut Primbon Jawa bisa jadi pertanda bahwa kalian akan akan mendapatkan berkah rezeki berupa makanan.

Berkah makanan tersebut bisa jadi akan kalian dapatkan dari orang terdekat seperti keluarga, kerabat, atau teman. Namun bisa jadi juga berasal dari orang yang tak disangka-sangka. Yang jelas dari manapun makanan itu berasal, kalian patut bersyukur.

2 dari 12 halaman

2. Akan Mendapatkan Kabar Baik

Ilustrasi Bibir Kedutan Bagian Atas Pertanda Akan Ada Kabar Baik (credit: unsplash.com)

Bibir atas kedutan menurut Primbon Jawa juga memang bisa menjadi pertanda baik. Selain jadi pertanda bakal dapat berkah rezeki makanan, kedutan di bibir atas juga bisa menandakan bahwa kalian akan mendapatkan kabar baik yang menggembirakan. Kabar baik tersebut bisa jadi berkaitan dengan karier, rezeki, bahkan jodoh.

3 dari 12 halaman

3. Akan Mendapatkan Ketenangan Hidup

Jika selama ini kalian merasa hidup terasa berat dan terlalu banyak masalah, arti bibir atas kedutan menurut Primbon Jawa yang ketiga mungkin bisa membuat kalian sedikit tenang. Pasalnya, bibir bagian atas kedutan bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mendapatkan ketenangan hidup. Bukan saja untuk diri sendiri, ketenangan hidup juga bisa menyertai keluarga dan orang terdekat lainnya.

4 dari 12 halaman

4. Pertanda Bakal Kehilangan Barang Berharga

Ilustrasi Bibir Kedutan Pertanda Bakal Kehilangan Barang Berharga (credit: unsplash.com)

Sayangnya, bibir atas kedutan menurut Primbon Jawa tak selamanya berarti baik. Bibir atas yang kedutan juga bisa jadi pertanda buruk, bahwa kalian akan mengalami kejadian pahit yaitu kehilangan barang berharga. Namun, kalian jangan berburuk sangka terlebih dahulu.

Dalam hal ini kehilangan yang dimaksud tak melulu karena pencurian. Melainkan bisa juga karena lupa tempat menyimpannya. Jadi sebelum benar-benar kejadian, ada baiknya kalian lebih berhati-hati dalam menyimpan dan menjaga barang berharga.

5 dari 12 halaman

5. Akan Merasa Kesal

Selain kehilangan barang berharga, bibir atas kedutan menurut Primbon Jawa juga bisa jadi pertanda buruk bahwa kalian akan merasa kesal di waktu dekat. Perasaan kesal tersebut bisa terjadi begitu saja tanpa kalian duga sebelumnya. Hal ini bisa disebabkan oleh tingkah seseorang yang menurut kalian sudah di luar batas. Sehingga saat mengalami bibir atas kedutan, ada baiknya kalian tetap mempersiapkan diri dengan menata hati agar lebih sabar.

6 dari 12 halaman

6. Adanya Kabar Baik untuk Orang Sekitar

Bibir Kedutan Tanda Adanya Kabar Baik untuk Orang Sekitar (credit: unsplash)

Bibir atas kedutan khususnya di area tengah ternyata bisa jadi sebuah pertanda baik. Hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa akan datangnya sebuah kabar baik yang membahagiakan. Namun bukan untuk kalian sendiri, kabar baik itu justru ditujukan untuk orang sekitar, seperti keluarga atau kolega.

Meski ditujukan untuk orang lain, kabar baik itu nantinya tetap akan membuat kalian dan orang-orang lain di sekitar ikut merasakan bahagia. Pasalnya, kabar baik yang akan didapat merupakan suatu hal yang bisa jadi hal besar, tak terduga, atau hal-hal yang selama ini memang sudah ditunggu-tunggu.

7 dari 12 halaman

7. Bakal Mendapat Pujian

Jika bibir bagian atas yang kedutan di sisi kiri, maka kalian tak perlu khawatir. Pasalnya menurut Primbon Jawa, bibir kedutan bagian atas sebelah kiri juga merupakan pertanda baik. Hal ini bisa jadi pertanda bahwa kalian bakal mendapatkan pujian atau sanjungan dari orang lain.

Pujian tersebut mungkin merupakan bentuk apresiasi seseorang atas kerja keras kalian selama ini. Namun pujian tersebut tak perlu ditanggapi terlalu serius. Kalian tetap harus bisa rendah hati untuk menjaga kualitas diri.

8 dari 12 halaman

8. Bakal Mendapat Caci Maki

Bibir Kedutan Tanda Bakal Mendapat Caci Maki (credit: unsplash)

Sebaliknya, jika bibir bagian atas yang kedutan adalah sisi kanan, maka kalian patut waspada. Pasalnya, hal ini justru bisa jadi pertanda buruk. Bibir atas kanan kedutan menurut Primbon Jawa diyakini bisa jadi tanda bahwa kalian akan mendapatkan cacian atau makian. Caci maki tersebut bisa datang dari musuh atau seseorang yang kurang menyukai kalian selama ini.

Namun sama halnya pujian, caci maki tersebut juga tak perlu ditanggapi terlalu serius. Kalian tetap harus bisa mengontrol diri agar tidak terbawa emosi. Bisa jadi, cacian yang dilontarkan orang lain tersebut memang bertujuan untuk menjatuhkan kalian. Sehingga, mengontrol diri jadi upaya yang paling tepat untuk tetap kuat dan bertahan.

9 dari 12 halaman

9. Ada yang Berusaha Menipu

Fenomena bibir kedutan lainnya yang perlu diwaspadai adalah jika terjadi di bagian ujung kiri atas. Sebab dalam Primbon Jawa, kedutan di bibir bagian atas ujung kiri bisa jadi tanda bahwa ada seseorang yang sedang berniat jahat. Orang tersebut bisa jadi sedang berusaha menipu kalian untuk mendapatkan suatu keuntungan, sedangkan kalian dirugikan.

Jadi tak ada salahnya untuk tetap waspada. Perhatikan gerak-gerik orang-orang di sekitar kalian yang mungkin sedang melancarkan tipu daya. Hal tersebut perlu kalian lakukan untuk menghindari hal-hal yang berpotensi merugikan.

10 dari 12 halaman

10. Arti Bibir Atas Kedutan Berdasarkan Letaknya

Arti bibir atas kedutan berdasarkan letaknya (credit: unsplash

Selain berbagai arti di atas, kedutan di bibir bagian atas juga bisa diartikan secara lebih mendetail berdasarkan letak terjadinya. Ya, menurut primbon ternyata ada perbedaan arti yang lebih spesifik antara kedutan di bibir atas bagian kanan, kiri, dan tengah. Untuk mengetahui seperti apa perbedaannya, berikut adalah penjelasannya:

11. Arti Bibir Kanan Atas Kedutan

Menurut primbon Jawa, kedutan di bibir kanan atas bisa diartikan sebagai pertanda keberuntungan yang akan datang. Kedutan di area bibir tersebut dianggap sebagai sebuah pesan dari alam bahwa akan ada perubahan positif yang akan segera terjadi dalam hidup seseorang.

Selain itu, masih menurut primbon, kedutan di bibir kanan atas juga dianggap sebagai pertanda bahwa seseorang akan segera mendapatkan rezeki atau keberuntungan dalam karier atau hubungan percintaan.

12. Arti Bibir Kiri Atas Kedutan

Sementara itu menurut primbon Jawa, kedutan bibir kiri atas dapat diartikan sebagai pertanda keberuntungan yang akan datang. Hal ini dianggap sebagai tanda bahwa seseorang akan mendapatkan rejeki atau keberuntungan dalam waktu dekat.

Di samping itu, ada juga yang percaya bahwa kedutan bibir kiri atas merupakan tanda bahwa seseorang sedang dipikirkan oleh seseorang yang dicintai atau bahwa seseorang sedang memikirkan seseorang dengan baik.

13. Arti Bibir Tengah Atas Kedutan

Terakhir, arti kedutan di bibir atas bagian tengah yang menurut Primbon Jawa juga punya arti yang tak boleh diabaikan. Menurut primbon, kedutan di bibir atas tengah adalah pertanda baik. Kedutan ini dianggap sebagai pertanda bahwa anda akan mendapatkan keberuntungan dan rezeki yang baik dalam waktu dekat. Biasanya, keberuntungan tersebut dapat berupa rezeki yang datang secara tak terduga, atau kesuksesan dalam karir atau hubungan asmara.

Selain itu, kedutan di bibir atas tengah juga dianggap sebagai pertanda bahwa anda akan mendapatkan kebahagiaan dan keharmonisan dalam hubungan dengan orang-orang di sekitar anda. Mungkin saja, ada seseorang yang akan memberikan anda kebahagiaan atau bantuan dalam waktu dekat.

11 dari 12 halaman

11. Penjelasan Medis tentang Bibir Kedutan

Penjelasan Medis tentang Bibir Kedutan (credit: unsplash.com)

Tak melulu dikaitkan dengan mitos, seperti arti bibir atas kedutan menurut Primbon Jawa, kedutan di bibir juga bisa dijelaskan secara ilmiah. Secara umum kedutan juga dikenal dengan istilah twitching yaitu gerakan halus pada area kecil otot yang secara otomatis tanpa kesengajaan.

Dalam medis, kedutan atau twitching ternyata juga bisa jadi pertanda dari berbagai kondisi kesehatan. Berikut beberapa arti kedutan menurut medis.

1. Tanda Stres dan Kelelahan

Menurut medis, bibir atas yang tiba-tiba kedutan bisa jadi pertanda bahwa kalian sebenarnya sedang mengalami stres dan kelelahan. Hal ini karena saat lelah dan stres, otot wajah akan mengencang, sehingga kedutan pun jadi hal yang wajar terjadi.

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormon juga mempengaruhi terjadinya kedutan di bibir atas. Apalagi jika perubahan hormon tersebut terjadi secara tiba-tiba sehingga kondisi keseimbangan di tubuh jadi terganggu.

3. Efek Kelebihan Kafein dan Kekurangan Kalium

Kadar kafein dan kalium dalam tubuh ternyata juga mempengaruhi terjadinya bibir atas kedutan. Saat kalian kelebihan kafein dan kekurangan kalium, semakin besar kemungkinan kalian akan mengalami kedutan di bagian bibir atas.

4. Efek Samping Obat dan Alkohol

Jika kalian terlalu sering mengalami kedutan di bibir atas, maka ada baiknya kalian mengurangi atau menghentikan konsumsi obat dan alkohol. Pasalnya, kedutan di bibir atas bisa jadi bukti munculnya efek samping dari alkohol dan obat yang kalian konsumsi.

5. Trauma atau Cedera

Bibir kedutan di bagian atas juga bisa saja muncul sebagai respons atas trauma atau cedera yang pernah kalian alami. Biasanya, trauma atau cedera tersebut berkaitan dengan syaraf yang mempengaruhi otot-otot halus di wajah.

6. Gejala Bell's Palsy

Apabila kalian mengalami bibir atas kedutan dalam waktu yang cukup lama, maka tak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan ke dokter. Sebab, bisa jadi bibir yang kedutan merupakan gejala dari penyakit tertentu, salah satunya Bell's Palsy.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan tentang arti bibir atas kedutan menurut Primbon Jawa dan juga medis. Semoga menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINIYA, KLOVERS!

(kpl/gen/psp)