Arti Feedback dalam Dunia Bisnis, Beserta dengan Jenis-jenisnya


Berita | Kamis, 2 Maret 2023 10:22

Kapanlagi.com - Bisnis merupakan sebuah usaha yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, untuk mendapatkan sebuah usaha bisnis yang lancar, maka harus ada sebuah evaluasi yang bisa kita lakukan. Dan salah satu yang bisa memberikan evaluasi dalam usaha bisnis kita ada feedback. Namun, apa arti feedback dalam dunia bisnis?


Ya, feedback merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berarti umpan balik. Dan arti feedback ini adalah suatu proses umpan balik yang diberikan. Ada feedback yang diberikan secara positif, maupun ada pula feedback yang diberikan secara negatif. Hal ini semua penting demi sebuah bisnis.

Untuk memahami lebih dalam apa arti feedback dalam dunia bisnis, maka berikut ini penjelasan dari arti feedback beserta dengan jenisnya yang bisa KLovers ketahui yang dilansir dari berbagai sumber. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

1 dari 3 halaman

1. Arti Feedback Secara Umum

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Feedback merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berarti umpan balik. Dan arti feedback ini adalah suatu proses bahwa sebagian dari keluaran diumpanbalikkan ke bagian masukan. Hal ini sering dipakai untuk pengendalian suatu sistem yang bersifat dinamis sehingga sistem tersebut dapat diatur untuk mencapai keadaan stabil yang diinginkan.

Sehingga tak heran, jika kata feedback sering kali muncul dalam dunia bisnis. Arti dan definisi feedback sangat dekat dengan dunia komunikasi. Dalam ilmu komunikasi, arti feedback juga berkaitan erat dengan respons atau tanggapan yang diberikan seseorang sebagai komunikator kepada orang lain sebagai komunikasi. Jadi, feedback bisa digunakan juga dalam sebuah kegiatan rapat, diskusi, atau presentasi.

Nah, arti feedback atau umpan balik ini juga memiliki fungsi yaitu, terciptanya sebuah komunikasi yang baik dari dua arah. Misalnya di perusahaan, apabila ada umpan balik positif tentunya akan membuat kualitas karyawan meningkat. Sebaliknya bila ada umpan balik negatif tidak tersampaikan dengan baik akan memberi dampak negatif pula.

2 dari 4 halaman

2. Arti Feedback dalam Bisnis

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Nah, bagaimana dengan arti feedback dalam dunia bisnis? Ya, arti feedback dalam dunia bisnis adalah sebuah kegiatan yang berarti memberi tanggapan atau respon dari seseorang kepada orang lain. Aspek feedback ini dapat menjadi sangat penting terhadap kelangsungan bisnis atau kepuasan pelanggan yang lebih maksimal.

Ya, bila bisnis ingin berjalan dengan lancar, maka sebuah feedback dari konsumen atau customer adalah hal penting. Konsumen atau customer bisa memberikan kita sebuah penilaian agar usaha yang kita jalankan bisa berjalan dengan baik dan semakin baik ke depannya. Jadi, itulah mengapa pentingnya feedback untuk melakukan evaluasi pada usaha bisnis yang kita miliki.

3 dari 4 halaman

3. Jenis-jenis Feedback

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Dalam praktiknya, ternyata feedback ada beberapa jenisnya loh KLovers. Maka dari itu, selain memahami arti feedback dalam dunia bisnis, penting juga untuk mengetahui jenis-jenis feedback tersebut. Sebab dengan begitu kita bisa memberikan feedback sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Berikut adalah beberapa jenis feedback yang perlu diketahui:

1. Feedback positif

Jenis feedback pertama yaitu feedback positif. Sesuai dengan namanya, feedback positif merupakan feedback yang bermuatan positif. Feedback ini bisa berupa pernyataan persetujuan, penerimaan, atau dukungan terkait pendapat yang disampaikan sebelumnya.

2. Feedback negatif

Jenis feedback yang kedua yaitu feedback negatif. Berkebalikan dengan jenis feedback yang sebelumnya, feedback negatif lebih menunjukkan respons berupa pernyataan tidak setuju, tidak suka, atau bahkan menentang pendapat sebelumnya.

3. Feedback netral

Jika ada feedback yang positif dan negatif, maka ada pula feedback yang sifatnya netral. Arti feedback netral adalah umpan balik yang pernyataannya berada di tengah-tengah alias tidak ada kecenderungan ke arah positif maupun positif. Sikap diam saja juga tergolong dalam feedback netral.

4. Feedback internal

Selain berdasarkan muatannya, feedback juga bisa digolongkan berdasarkan status keanggotaan komunikan dan komunikator. Misalnya pada feedback internal yaitu feedback yang disampaikan komunikan untuk dirinya sendiri atau untuk kelompok yang dirinya juga termasuk di dalamnya.

5. Feedback eksternal

Sementara, feedback eksternal merupakan jenis feedback atau umpan balik yang disampaikan oleh komunikan atau bisa disamakan dengan umpan balik yang secara umum disampaikan pada orang lain atau kelompok di luar komunikan.

6. Feedback verbal

Feedback verbal merupakan respon atau tanggapan yang diberikan oleh para komunikan dalam bentuk ucapan seperti pertanyaan, tanggapan, komentar, atau interupsi ketika komunikator sedang menyampaikan suatu pesan.

7. Feedback von-verbal

Kebalikan dari poin sebelumnya, jenis feedback non-verbal adalah suatu tanggapan berbentuk ekspresi wajah, isyarat, tulisan, gerakan tubuh, kode, sandi, dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan mengenai arti feedback dalam dunia bisnis yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya arti feedback dalam dunia bisnis saja, namun juga arti feedback secara umum dan juga jenis-jenisnya. Semoga bisa menjadi ilmu baru untuk KLovers.

(kpl/dhm)

Topik Terkait