Arti Mention di Media Sosial dan Fungsinya, Ketahui Perbedaan dengan Tag Akun


Berita | Selasa, 20 Desember 2022 16:22

Kapanlagi.com - Ada banyak istilah di media sosial yang penting diketahui pengguna akun sosmed. Seperti istilah mention yang mana kerap membuat sejumlah pengguna bingung membedakannya dengan arti tag akun.


Arti mention di media sosial punya makna menyebutkan akun pengguna lain. Terlihat punya kemiripan dengan tag akun, tapi ada perbedaan khusus jika kita mencermatinya secara detail. Sementara itu, arti mention juga punya fungsi tersendiri.

Untuk tahu penjelasan lengkap mengenai arti mention di media sosial, berikut ini ulasan yang wajib dipahami pengguna medsos. Berikut ini arti mention di media sosial, fungsi, cara menggunakan dan perbedaan dengan tag akun.

1 dari 5 halaman

1. Arti Mention di Kamus

(credit: pexels.com)

Istilah mention cukup akrab bagi pengguna media sosial. Karena, arti mention menjadi salah satu fitur yang digunakan di sejumlah platform media sosial. Kata mention sendiri berasal dari bahasa Inggris. Di mana, arti mention di kamus punya beberapa makna.

Melansir dari kamus bahasa Inggris, arti mention secara umum adalah menyebutkan, menamakan, mengatakan, ataupun sebutan. Sehingga arti mention adalah untuk menyebutkan atau menamakan sesuatu. Tidak heran mengapa istilah ini masuk dalam fitur di media sosial. Itulah penjelasan mengenai arti mention di kamus yang perlu diketahui sehingga memudahkanmu memahami makna mention.

 

2 dari 6 halaman

2. Arti Mention di Media Sosial

(credit: pexels.com)

Arti mention adalah menyebutkan. Sedangkan, dalam penggunaan di media sosial pengertian mention punya kegunaan tertentu. Lalu, apa pengertian mention di media sosial? Arti mention di media sosial cukup mudah dipahami. Namun bagi pengguna pemula mungkin saja dibuat bingung dengan pengertian mention di media sosial.

Terlebih, fitur mention seringkali digunakan para pengguna media sosial baik di Instagram, Facebook, Twitter, ataupun TikTok. Sementara itu, arti mention di media sosial adalah menyebutkan nama pengguna lain dalam sebuah komentar, chat room, ataupun caption.

Ada banyak sekali contoh penggunaan mention di media sosial yang mudah kita jumpai. Misalnya saja ketika melihat sebuah postingan lalu ada kolom komentar yang menyebutkan akun pengguna lain. Sehingga pengguna yang mendapatkan mention akan langsung muncul dalam pemberitahuan di akun media sosial pribadinya. Itulah yang disebut dengan arti mention di media sosial. Umumnya arti mention ini juga ditandai dengan simbol @ kemudian diikuti nama akun pengguna media sosial.

 

3 dari 6 halaman

3. Fungsi Mention di Media Sosial

(credit: pexels.com)

Ada sejumlah fungsi dari mention di media sosial. Karena mention memiliki kegunaan tersendiri di medsos. Seperti halnya fitur lainnya yakni DM, tag akun, ataupun follow, mention juga punya fungsi tersendiri.

Fungsi mention ini tak berbeda jauh dari pengertiannya. Karena, arti mention adalah menyebutkan nama pengguna di medsos, sehingga, fungsinya untuk memberitahukan sebuah informasi kepada pengguna lain. Bisa jadi informasi dalam postingan tersebut cukup penting sehingga melakukan mention di kolom komentar.

Ada juga tujuan lain saat pengguna media sosial melakukan mention akun seperti untuk mengikuti sebuah event tertentu yakni giveaway, lomba, ataupun challenge. Pasalnya sejumlah event seringkali punya syarat dan ketentuan untuk melakukan mention akun pengguna lain dalam sebuah postingan di kolom komentar. Itulah penjelasan mengenai arti mention dan fungsinya.

 

4 dari 6 halaman

4. Perbedaan Arti Mention dan Tag Akun Media Sosial

(credit: pexels.com)

Jika dilihat, arti mention memang punya kemiripan dengan tag akun. Karena, keduanya sama-sama menyebutkan nama akun pengguna lain dalam sebuah postingan. Namun, jangan sampai keliru membedakannya, sebab ada sejumlah perbedaan khusus arti mention. Yuk ketahui perbedaan arti mention dan tag akun media sosial seperti dalam ulasan di bawah ini.

- Pengaplikasian fitur mention biasanya dipakai di kolom komentar, story, caption, ataupun ruang obrolan. Sedangkan fitur tag biasanya hanya untuk menandai dalam postingan yang mana nama akun akan tersemat dalam postingan foto atau video.

- Fitur mention bisa dilakukan oleh semua pengguna yang ingin menyebutkan nama pengguna lain dalam sebuah postingan baik untuk kolom komentar, ruang obrolan, atau caption. Sedangkan tag hanya bisa dilakukan oleh pemilik akun saja.

- Fitur mention akan muncul pada menu notifikasi aktivitas. Sedangkan tag akan muncul dalam notifikasi dan feed di akun media sosial.

 

5 dari 6 halaman

5. Cara Menggunakan Fitur Mention

(credit: pexels.com)

Setelah memahami arti mention, tidak lengkap kalau tak tahu penjelasan mengenai cara menggunakan fitur ini. Karenanya, di bawah ini ada beberapa cara menggunakan fitur mention di media sosial. Yuk ketahui langkah-langkah cara menggunakan fitur mention.

1. Cara Menggunakan Fitur Mention di Story

- Buka akun media sosial di perangkat kalian.

- Kemudian buat story di akun media sosial.

- Lalu mention akun pengguna lain dengan menulis tanda @ terlebih dahulu diikuti nama akun.

- Maka nantinya akan muncul akun pengguna lain dalam story.

- Contohnya untuk platform Instagram, melakukan mention bisa klik menu kamera kemudian story. Selanjutnya klik ikon Aa untuk menulis akun pengguna lain. Pastikan nama akun pengguna tersebut muncul ikon foto profilnya. Sehingga tepat tertuju pada sasaran yang diinginkan.

- Selesai.

2. Cara Menggunakan Fitur Mention dalam Caption

- Buka akun media sosial pribadi di perangkat.

- Selanjutnya buat postingan baru di akun media sosial kalian.

- Saat menambahkan caption, ketik @ untuk melakukan mention ke akun pengguna lain.

-Maka otomatis nama akun pengguna lain akan muncul dalam caption di postingan media sosial.

- Selesai.

3. Cara Menggunakan Fitur Mention di Kolom Komentar

- Buka akun media sosial pribadi di perangkat.

- Dalam sebuah postingan di media sosial, buka kolom komentar.

- Kemudian ketik @ untuk mencari nama pengguna lain yang akan di mention.

- Jika muncul foto profil pengguna yang ingin dituju klik saja agar mention tersebut tepat pada sasaran.

- Maka otomatis akan langsung mention ke akun tersebut.

- Selesai.

Itulah pengertian mention di media sosial yang perlu dipahami. Sehingga nggak bingung lagi membedakan antara arti mention dan tag akun.

 

(kpl/gen/nlw)

Topik Terkait