Arti Nama Azka Beserta Contoh Rangkaian untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan


Berita | Kamis, 10 Maret 2022 18:33

Kapanlagi.com - Merangkai nama anak merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi orangtua yang sedang menanti kehadiran buah hati. Mungkin saja, terlintas nama "Azka" di pikiran kalian, mengingat begitu populernya nama tersebut. Kemudian, kalian akan merasa penasaran dan mencari arti nama Azka untuk anak.


Perlu kalian ketahui bahwa arti nama Azka cukup istimewa. Nama ini bisa kalian pakai untuk mengikuti anjuran dalam memberikan nama yang bagus bagi anak. Pasalnya, nama ini yang akan disandang seseorang sejak lahir, tumbuh dewasa, menua, hingga akhir usia. Harapan dan doa orangtua biasanya tersemat pada nama yang digunakan untuk memanggilnya.

Nah, jika kalian masih penasaran dengan arti nama Azka, tak ada salahnya untuk menyimak informasi berikut ini. Selain berisi penjelasan tentang keistimewaannya, kalian juga bisa mendapatkan daftar rangkaian nama Azka beserta artinya untuk menjadi referensi. Meski ada rasa senang saat memikirkan nama untuk anak, menemukan rangkaian ini juga bisa dibilang susah-susah gampang.

1 dari 3 halaman

1. Arti Nama Azka

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Sebagai pemilik nama Azka, mungkin bisa merasa bersyukur atas panggilan yang disematkan oleh orangtua kalian tersebut. Pasalnya, arti nama Azka bisa dikatakan istimewa. Nama yang disematkan untuk panggilan kalian itu mengandung doa dan harapan baik bagi keberlanjutan hidup. Apalagi, nama ini juga tak terbatas jenis kelamin. Sudah cukup banyak anak laki-laki maupun perempuan yang bernama Azka.

Sebelum membahas lebih jauh tentang arti nama Azka, kalian perlu mengetahui asal katanya terlebih dahulu. Kata ini berasal dari bahasa Arab yang berarti taat beragama, murni, memiliki banyak akal, dan berbudi tinggi. Bagi umat muslim, keistimewaan nama ini pun bertambah karena juga disebut beberapa kali di dalam Al-Quran, yakni pada surat Al-Baqarah ayat 232, Al-Kahfi ayat 19, dan An-Nur ayat 28 dan 30.

Pemberian nama Azka atau nama-nama baik lain bagi seorang anak merupakan langkah yang harus diambil oleh setiap orangtua. Hal ini menjadi anjuran karena nama seorang anak akan dibawa sampai ke akhirat. Anjuran tersebut bisa kalian lihat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dari Abu Dardak r.a. berikut ini.

"Sesungguhnya kamu sekalian akan diseru atau dipanggil pada hari Kiamat dengan nama-nama kamu dan nama-nama Bapa kamu. Oleh demikian, elokkanlah nama-nama kamu" (H.R.Imam Abu Daud dari Abu Dardak RA).

Ya, ternyata nama merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Kalian bisa memadukannya dengan nama lain yang juga memiliki arti baik. Selanjutnya, nama itu akan disandang oleh seorang anak yang tumbuh dewasa, menua, hingga akhir hayatnya. Artinya, nama bisa menjadi doa yang disematkan untuk kebaikan putra-putri kalian dalam mengarungi kehidupan.

 

 

2 dari 4 halaman

2. Contoh Rangkaian Nama Azka untuk Anak Laki-Laki

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, arti nama Azka menyimpan harapan baik bagi yang menyandangnya. Kalian bisa memilihnya untuk nama anak laki-laki. Berikut ini terdapat contoh rangkaian nama Azka yang bisa kalian jadikan referensi untuk anak laki-laki.

1. Azka Dzuhairi Hisyam : Bayi laki-laki yang dilahirkan bersih dan memiliki kemurahan hati dengan penuh keberuntungan.

- Azka ( Arab ): semakin maju, bersih, suci (bentuk lain dari Ayskaa).

- Dzuhairi ( Islami ): Berhasil dengan baik, cerdas, beruntung.
- Hisyam ( Islami ): Kemurahan.

2. Azka Raqila Basilius : Seorang raja yang selalu berbuat kebajikan demi kemajuan rakyatnya.

- Azka ( Arab ): semakin maju, bersih, suci (bentuk lain dari Ayskaa).

- Raqila ( Arab ): Yang selalu berbuat kebajikan.

- Basilius ( Belanda ): Raja.

3. Azka Fawaz Al Qarni : Kesucian, kebaikan hati laki-laki yang suatu hari akan menjadi penghuni surga.

- Azka ( Islami ): Lebih suci, bersih.

- Fawaz ( Islami ): Sukses.

- Al Qarni ( Islami ): Penghuni Langit.

4. Azka Maulana Fadhil : Seorang pelindung yang bijaksana dan murah hati demi kemuliaan umatnya.

- Azka ( Arab ): semakin maju, bersih, suci (bentuk lain dari Ayskaa).

- Maulana ( Arab ): Pelindung.

- Fadhil ( Islami ): Mulia.

5. Muhammad Azka Pratama: Anak yang dipuji, dirahmati, suci, dan paling untung.

Muhamad (Islami): Rasul terkahir, yang terpuji.

Azka (Arab): Suci.

Pratama (Jawa): Paling untung.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Contoh Rangkaian Nama Azka untuk Anak Perempuan

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Tak hanya untuk anak laki-laki, arti nama Azka bisa dikatakan netral jadi tetap bisa untuk anak perempuan. Sudah banyak juga orangtua yang menyematkan nama ini untuk anak perempuannya. Jika kebetulan kalian sedang mencari contoh rangkaian nama Azka untuk anak perempuan, silakan simak daftar berikut ini sebagai referensi.

1. Azka Vania Putri Ananda.

2. Azka Jihan Dwi Ulfiana.

3. Azka Sabila Khairunnisa.

4. Azka Layaliya Mubaroka.

5. Azzifa Azka Fadilla.

6. Fathiya Azka.

7. Fanny Azka Fadillah.

8. Mahartasya Azka Feria.

9. Keysa Azka Rosyidah.

10. Millati Azka Pratiwi.

11. Daniya Azka Salamah.

12. Nazwa Ashila Azka.

13. Vania Milatul Azka.

14. Ayu Dara Azka.

15. Mila Hul Azka.

16. Siti Auliya Azka.

17. Nafisa Khoirul Azka.

18. Septa Julia Azka.

19. Zara Safira Azka.

20. Zullaikha Febrina Azka.

Nah, KLovers, itulah penjelasan tentang arti nama Azka yang ternyata begitu bagus untuk diberikan kepada anak. Apalagi nama ini juga punya keistimewaan karena disebutkan beberapa kali dalam Al-Quran. Ada pula referensi berupa daftar rangkaian nama Azka yang bisa kalian pakai untuk memberi nama penuh makna bagi sang buah hati.

 

 

(kpl/gen/ans)

Topik Terkait