Arti Reboot dalam Dunia Teknologi dan Fungsinya, Ketahui Caranya


Berita | Minggu, 27 Maret 2022 11:44

Kapanlagi.com - Reboot menjadi salah satu istilah yang cukup familiar dalam dunia teknologi. Sehingga buat kalian pengguna HP serta laptop perlu tahu apa arti reboot beserta fungsi-fungsinya.


Bagi sebagian pengguna perangkat digital mungkin pernah mendengar istilah reboot. Arti reboot ini memiliki beberapa fungsi yang membuat sistem di perangkat kalian bakalan memulai ulang tanpa menghapus data-data yang ada.

Ini adalah satu di antara manfaat reboot yang perlu kalian ketahui. Karena masih ada beragam fungsi reboot yang ternyata serupa dengan restart.

Namun untuk tahu penjelasan lengkap mengenai arti reboot, ulasan di bawah ini perlu kalian pahami. Yuk langsung saja simak panduan arti reboot yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

1. Arti Reboot dalam Dunia Teknologi

Arti Reboot dalam Dunia Teknologi (credit: unsplash.com)

Dalam dunia teknologi ada beragam istilah populer yang sering digunakan. Jika kalian termasuk pengguna perangkat digital seperti HP dan Komputer, tentu perlu tahu apa saja istilah-istilah populer dalam dunia teknologi. Salah satunya arti reboot yang kerap dipakai di HP dan Komputer atau laptop. Namun sudah tahukah kalian apa arti reboot?

Arti reboot berasal dari bahasa Inggris yang memiliki makna menyalakan ulang, dengan kata lain arti reboot dapat juga diartikan dengan memulai ulang. Penggunaan kata reboot dalam dunia teknologi berarti proses memulai ulang sistem pada perangkat HP ataupun PC.

Dengan kata lain sebenarnya arti reboot serupa dengan restart. Kalian mungkin lebih familiar mendengar kata restart dibandingkan reboot yang terdengar cukup asing. Namun kata reboot ini juga kerap dipakai hanya saja merupakan istilah lain dari restart.

Melansir dari liputan6.com, menurut Merriam Webster disebut bahwa arti reboot adalah mematikan, memulai, ulang sistem komputer atau suatu program karena gangguan. Sebab ketika kalian sebagai pengguna suatu perangkat melakukan reboot, ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh. Karena itulah ketika menemukan suatu kendala, gangguan, atau masalah pada perangkat, reboot bisa jadi solusi untuk mengatasinya.

Itulah arti reboot dalam dunia teknologi yang perlu diketahui. Sehingga nggak bikin bingung lagi memahami apa arti reboot sebenarnya. Mudah banget bukan?

 

 

2 dari 5 halaman

2. Arti Reboot dan Fungsinya

Arti Reboot dan Fungsinya (credit: unsplash.com)

Setelah tahu arti reboot, kalian mungkin bertanya-tanya mengenai fungsi atau manfaat reboot. Pasalnya ada sejumlah fungsi yang bisa kalian dapatkan saat memutuskan melakukan reboot pada perangkat baik HP ataupun PC. Sementara itu seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya bahwa arti reboot serupa dengan restart. Karena itulah fungsi reboot juga nggak berbeda jauh dari restart. Nah, untuk tahu apa saja manfaat reboot ulasan di bawah ini perlu kalian ketahui.

- Untuk memulai ulang sistem dalam perangkat ponsel, PC, atau laptop.

- Meningkatkan performa sistem yang sebelumnya error, bermasalah, ataupun terdapat gangguan.

- Memulihkan ulang sistem seperti sedia kala sebelum terjadi gangguan, masalah, dan error.

- Dapat mengosongkan kapasitas RAM.

- Mempercepat kinerja sistem setelah RAM berhasil dikosongkan.

- Mengatasi jaringan internet yang error.

- Menutup semua aplikasi yang terbuka dan memulai ulang lagi sistem.

Itulah beberapa arti reboot dan fungsinya yang perlu diketahui. Sehingga bisa menjadi pertimbangan buat kalian sebelum memutuskan melakukan reboot.

 

 

3 dari 5 halaman

3. Perbedaan Arti Reboot dan Reset

Perbedaan Arti Reboot dan Reset (credit: unsplash.com)

Selain reboot salah satu istilah yang cukup familiar dalam dunia teknologi adalah reset. Namun ada perbedaan antara arti reboot dan reset yang perlu kalian ketahui. Karena keduanya memiliki fungsi berbeda. Berikut ulasannya tentang perbedaan arti reboot dan reset dalam dunia teknologi.

Arti reboot adalah memulai ulang sistem tanpa menghapus aplikasi. Dengan kata lain reboot dapat menutup semua aplikasi yang terbuka pada perangkat. Selanjutnya setelah reboot maka sistem akan memulai ulang lagi. Waktu yang diperlukan untuk memulai ulang sistem juga tidak memakan waktu lama.

Sedangkan arti reset adalah memulai ulang sistem dengan menghapus data-data yang tersimpan. Dengan kata lain pengaturan di perangkat akan kembali ke pengaturan pabrik. Sedangkan jika dibandingkan dengan reboot, waktu yang diperlukan untuk reset terbilang lebih lama. Sehingga ketika kalian ingin melakukan reset, perlu menyimpan di perangkat lain semua data-data di perangkat.

Itulah perbedaan antara arti reboot dan reset yang perlu diketahui. Pasalnya keduanya memiliki kegunaan dan fungsi berbeda termasuk proses yang beda pula.

 

 

4 dari 5 halaman

4. Cara Melakukan Reboot Pada Perangkat HP ataupun PC

Cara Melakukan Reboot (credit: unsplash.com)

Cara melakukan reboot pada perangkat HP dan PC juga cukup praktis. Sebab setiap perangkat sudah dilengkapi dengan fitur untuk melakukan reboot. Namun perlu diketahui kalau cara reboot di HP dan PC tentunya berbeda. Nah, berikut ini panduan cara melakukan reboot pada perangkat HP dan PC.

1. Cara Melakukan Reboot di HP

Kalian bisa menggunakan tombol power untuk melakukan reboot. Kemudian klik pada opsi Restart maka sistem akan memulai ulang. Tunggu hingga perangkat menyala lagi.

2. Cara Melakukan Reboot di PC

Untuk melakukan reboot di PC juga sangat mudah banget. Kalian dapat menggunakan fitur reboot atau restart ini pada menu Start. Di mana kalian bisa klik opsi restart yang tak lain juga arti reboot. Tunggu hingga sistem di perangkat laptop memulai ulang.

Itulah cara simple melakukan reboot yang perlu kalian ketahui. Sangat mudah bukan KLovers?

 

 

(kpl/gen/nlw)

Topik Terkait