Arti Subhanallah Wabihamdihi Beserta Keutamaan Berdzikir


Berita | Senin, 21 Februari 2022 14:55
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Dzikir merupakan salah satu kegiatan umat muslim yang dilakukan secara sunnah. Yaitu bila dikerjakan akan mendapatkan pahala, dan bila tidak dikerjakan tidak akan mendapatkan dosa. Salah satu bacaan dzikir yaitu ada Subhanallah Wabihamdihi. Namun, apa ya arti Subhanallah Wabihamdihi itu?


Ada banyak sekali bacaan dzikir yang bisa kalian baca. Arti Subhanallah Wabihamdihi merupakan sebuah pujian untuk Allah SWT. Melakukan dzikir menjadi salah satu ibadah ringan, dan dapat dilakukan kapan saja. Namun nyatanya manfaat dzikir juga sangat luar biasa loh bagi mereka yang menjalankan.

Dzikir sendiri merupakan puji-pujian kepada Allah yang diucapkan berulang-ulang. Dzikir menjadi pengingat umat manusia dengan kehebatan dan kekuasaan Allah SWT. Sehingga ibadah ini menjadi salah satu yang sangat dicintai Allah SWT, walaupun menjadi ibadah yang ringan untuk dilakukan.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui lebih dalam arti Subhanallah Wabihamdihi. Maka berikut ini arti Subhanallah Wabihamdihi beserta keutamaan dzikir yang bisa kita dapatkan.

1 dari 3 halaman

1. Arti Subhanallah Wabihamdihi

Ilustrasi (credit: Pixabay)

Arti Subhanallah Wabihamdihi merupakan salah satu bentuk dzikir yang juga dikenal sebagai kalimat tasbih. Bertasbih memiliki arti memuji Mahasuci Allah SWT. Dikutip dari buku Zikir-Zikir Pembersih dan Penentram Hati, M. Rojaya, (2009: 70) menjelaskan sebuah hadist riwayat Bukhari Muslim dan Malik, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Barang siapa membaca subhanallah wa bihamdihi (Mahasuci Allah dan pujian untuk-Nya) dalam sehari sebanyak seratus kali, maka dosa-dosanya akan diampuni, walaupun sebanyak buih di lautan."

2 dari 4 halaman

2. Dianjurkan Rassulullah

Ilustrasi (credit: Pixabay)

Bukan hanya itu saja, ada beberapa hadist yang menjelaskan bagaimana Rassulullah SAW menganjurkan membaca dzikir Subhanallah Wabihamdihi. Ya, selain mengetahui arti Subhanallah Wabihamdihi, kalian juga bisa mengetahui hadist tentang bacaan tasbih ini. Berikut beberapa hal yang bisa kalian ketahui:

1. Rasulullah SAW pernah bersabda tetang mendapatkan rezeki dari Allah SWT seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis, sebagai berikut:

"Aku perintahkan engkau agar selalu mengucapkan Subhanallah wa Bihamdihi, karena kalimat itu merupakan doa seluruh makhluk dan dengan kalimat itulah semua makhluk mendapat limpahan rezeki."

2. Memperbanyak kebaikan seperti yang dikatakan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya. Ya, Rassulullah mengatakan bahwa, membaca Subhanallah Wabihamdihi akan memberikan kita banyak sekali kebaikan. Dan berikut ini ungkapan tersebut:

"Ucapkanlah Subhanallah wa Bihamdihi sebanyak seratus kali. Barangsiapa mengucapkannya satu kali maka tertulis baginya sepuluh kebaikan. Barangsiapa mengucapkannya sepuluh kali maka tertulis baginya seratus kebaikan. Barangsiapa mengucapkannya seratus kali maka tertulis baginya seribu kebaikan. Barangsiapa menambahnya maka Allah pun akan menambahnya, dan barangsiapa memohon ampun, niscaya Allah akan mengampuninya."

3 dari 4 halaman

3. Keutamaan Berdzikir

Ilustrasi (credit: Pixabay)

Setelah mengetahui arti Subhanallah Wabihamdihi, KLovers juga bisa mengetahui keutamaan dalam berdzikir. Ya, ada banyak sekali keutamaan berdzikir yang bisa KLovers dapatkan bagi kehidupan di dunia maupun akhirat. Dan berikut ini beberapa keutamaan berdzikir tersebut:

1. Mendatangkan Rejeki

Manfaat dzikir yang pertama yaitu dengan mendatangkan rejeki. Berdzikir memang menjadi salah satu hal yang membuat mereka yang menjalankan mendatangkan rejeki bagi kehidupan. Rejeki sendiri bisa dalam bentuk apapun. Tidak hanya dalam bentuk materi, bantuan kecil dari seseorang juga akan menjadi rejeki untuk mereka yang menjalankan ibadah dzikir.

2. Mendapatkan Banyak Kebaikan

Manfaat dzikir juga bisa membuat kalian memiliki banyak sekali kebaikan. Bahkan Rasulullah SAW bersabda, "Tiada suatu kaum yang duduk sambil berdzikir kepada Allah melainkan mereka akan dikelilingi oleh malaikat, diselimuti oleh rahmat dan Allah akan mengingat mereka di hadapan makhluk yang ada di sisi-Nya." (HR. Bukhari).

3. Mengontrol Emosi

Emosi memang selalu dialami oleh siapa saja, sehingga mengontrol emosi atau kesabaran adalah salah dua tantangan terberat dalam kehidupan. Dan salah satu hal yang dapat mengontrol emosi dengan baik yaitu dengan melakukan kegiatan berdzikir. Karena dzikir buka hanya mampu membuat hati lebih tenang saja, tetapi dzikir juga mampu menjauhkan diri dari godaan setan yang juga mampu membuat manusia terpancing emosi.

4. Membuat Hati Lebih Tenang

Dengan berzikir kita akan akan membantu hati kembali merasa tenang dan damai. Dalam Al-Quran surat Ar-Rad ayat 28 telah disebutkan bahwa, "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram."

5. Selalu Ingat dengan Allah

Tak hanya itu saja, manfaat dzikir yang lainnya yaitu dengan selalu ingat dengan Allah SWT. Rasulullah SAW dalam sebuah hadits qudsi bersabda, Allah SWT berfirman: "Aku (Allah SWT) berada dalam prasangka hamba-Ku. Dan Aku bersamanya jika dia mengingat-Ku. Jika dia mengingat-Ku (Allah) dalam dirinya, maka Aku akan mengingat dirinya dalam Diri-Ku. Dan jika yang mengingat-Ku di tengah-tengah makhluk, maka Aku akan mengingatnya di tengah-tengah makhluk yang lebih baik dari mereka."

Itulah arti Subhanallah Wabihamdihi yang bisa KLovers ketahui dan juga pahami. Bukan hanya arti Subhanallah Wabihamdihi saja, KLovers juga bisa mengetahui apa saja manfaat dari dzikir. Semoga penjelasan arti Subhanallah Wabihamdihi menjadi manfaat.

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait