Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara, Ketahui Berbagai Keutamaannya yang Luar Biasa


Berita | Kamis, 4 April 2024 14:55

Kapanlagi.com - Dalam menjalani hidup, sudah semestinya manusia khususnya umat muslim, hanya berserah pada Allah SWT. Karenanya dalam melakukan berbagai aktivitas, umat muslim diwajibkan memulainya dengan membaca doa, termasuk ketika hendak berpergian dengan kendaraan. Terdapat doa naik kendaraan darat, laut, dan udara yang bisa dibaca sebagai bentuk berserah diri memohon keselamatan dari Allah SWT.


Sebagaimana yang diketahui, saat melakukan perjalanan, segalanya bisa saja terjadi. Kecelakaan bisa saja terjadi karena adanya kelalaian atau bencana. Dengan membaca doa naik kendaraan, umat muslim bisa meminta perlindungan Allah SWT agar senantiasa dilindungi selama berada di perjalanan. Membaca doa naik kendaraan darat, laut, maupun udara juga memberikan ketenangan batin saat seseorang berpergian.

Lantas, bagaimana bacaan doa naik kendaraan darat, laut, dan udara? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini:

1 dari 4 halaman

1. Doa Naik Kendaraan Darat

Doa Naik Kendaraan Darat (credit: unsplash)

Membaca doa naik kendaraan darat, dapat menjauhkan seorang muslim dari segala hal yang dapat mengakibatkan celaka. Berikut bacaan doa naik kendaraan darat dan artinya:

"Subhaanalladzi sakhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbina lamunqolibuun."

Artinya:

"Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

2 dari 5 halaman

2. Doa Naik Kendaraan Laut

Doa Naik Kendaraan Laut (credit: unsplash)

Perjalanan laut tak kalah berisiko dari perjalanan darat dan laut. Karenanya, agar diberikan keselamatan, umat muslim juga dianjurkan membaca doa naik kendaraan laut, sebagaimana berikut:

"Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim."

Artinya:

"Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (HR Imam Nawawi).

3 dari 5 halaman

3. Doa Naik Kendaraan Udara

Doa Naik Kendaraan Udara (credit: unsplash)

Saat naik kendaraan udara seperti pesawat, penumpang hanya bisa pasrah dan berserah atas keselamatannya pada Allah SWT. Berikut bacaan doa naik kendaraan udara yang bisa dibaca seorang muslim saat naik pesawat:

"Allaahumma hawwin 'alainaa safaranaa hadzaa wathwi 'annaa bu'dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl."

Artinya:

"Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

4 dari 5 halaman

4. Keutamaan membaca Doa Naik Kendaraan

Keutamaan membaca Doa Naik Kendaraan (credit; unsplash)

Bagi seorang muslim, membaca doa naik kendaraan memiliki berbagai keutamaan yang sangat penting. Dengan membaca doa naik kendaraan, umat muslim mengarahkan hati dan pikiran mereka kepada Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa keutamaan membaca doa naik kendaraan bagi seorang muslim:

1. Perlindungan dari Allah SWT

Membaca doa naik kendaraan adalah bentuk pengakuan akan ketergantungan kita kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT saat berada di perjalanan. Allah SWT merupakan penjaga yang sejati, dan membaca doa ini adalah cara untuk mengingatkan diri sendiri bahwa hanya Allah yang memiliki kendali penuh atas segala sesuatu.

2. Mendapatkan Rahmat dan Berkah

Allah SWT memiliki kekuasaan untuk memberikan rahmat dan berkah kepada siapa saja yang memintanya dengan tulus. Dalam doa naik kendaraan, umat muslim memohon rahmat dan berkah Allah agar perjalanan mereka selalu dilimpahkan dengan kebaikan, keberuntungan, dan kelancaran.

3. Menumbuhkan Rasa Syukur

Membaca doa naik kendaraan adalah bentuk ungkapan syukur kepada Allah atas kesempatan untuk melakukan perjalanan. Dengan menyadari bahwa perjalanan adalah anugerah, kita menyampaikan rasa syukur kita kepada Allah karena diberikan kesempatan untuk menjelajahi dunia.

4. Memperkuat Ikatan dengan Allah SWT

Membaca doa naik kendaraan adalah momen penting untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Saat melafalkan kata-kata dalam doa ini, seseorang merasakan kehadiran Allah dengan lebih dekat dan merasakan perlindungan-Nya yang tak terbatas. Ini membantu membangun ikatan yang kuat antara hamba dan Sang Pencipta.

5. Jadi Pengingat akan Kematian dan Akhirat

Perjalanan adalah bagian dari kehidupan yang sementara. Dengan membaca doa naik kendaraan, kita diingatkan akan kehidupan sesaat ini dan diarahkan untuk mempersiapkan diri secara spiritual. Doa ini juga mengingatkan kita tentang pentingnya memperhatikan amal perbuatan dan bersiap untuk akhirat.

Itulah di antaranya bacaan doa naik kendaraan darat, laut, dan udara, serta keutamaannya bagi seorang muslim. Semoga bermanfaat, bisa menambah wawasan, serta meningkatkan keimanan sebagai seorang muslim. Amin.

(kpl/psp)