Berapa Banyak Buku yang Ada di Seri Harry Potter? Terdapat Tujuh, Simak Sinopsis Singkatnya


Berita | Selasa, 2 Mei 2023 20:33

Kapanlagi.com - Harry Potter jadi salah novel fantasi paling populer di dunia. Novel karya J.K. Rowling ini menampilkan cerita yang sangat seru tentang petualangan Harry dan kawan-kawannya di sekolah sihir Hogwarts. Novel Harry Potter diterbitkan secara berseri. Namun masih banyak yang tidak tahu, berapa banyak buku yang ada di seri Harry Potter.


Dalam versi novel, kisah Harry Potter dan teman-temannya dikisahkan dalam 7 buku. Setiap seri buku Harry Potter tersebut mempunyai cerita yang saling berhubungan satu sama lain. Sehingga, dengan membaca buku dari seri satu hingga ketujuh, kita bisa mengikuti perkembangan Harry Potter from zero to hero. Di setiap seri buku novelnya juga terdapat petualangan yang seru dan sayang jika dilewatkan.

Penasaran, berapa banyak buku yang ada di seri Harry Potter dan seperti apa kisah-kisahnya? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1 dari 7 halaman

1. Harry Potter and the Philosopher's Stone

(credit: goodreads)

Buku seri Harry Potter yang pertama berjudul Harry Potter and the Philosopher's Stone. Novel seri pembuka ini menjadi bagian yang memperkenalkan setiap karakter penting di cerita Harry Potter. Cerita di novel pertama ini bermula dari kisah tentang Harry Potter yang selama 11 tahun menjalani hidup sengsara bersama keluarga sepupunya.

Sampai suatu ketika, Hagrid penjaga sekolah sihir Hogwarts datang untuk menjemputnya. Harry dijemput dan menjadi salah satu siswa di sekolah sihir Hogwart yang menakjubkan. Di sekolah itu pula, Harry juga bertemu dengan teman-teman dan guru-guru yang membuat kehidupannya semakin hidup. Tak sampai di situ, di seri pertama ini juga menampilkan petualangan seru Harry dan teman-temannya sebagai penyihir baru.

 

 

2 dari 8 halaman

2. Harry Potter and the Chamber of Secrets

Buku seri Harry Potter yang kedua berjudul Harry Potter and the Chamber of Secrets. Buku kedua ini menceritakan kisah Harry Potter dan teman-temannya saat di sekolah mereka gempar karena sebuah teror misterius. Harry dan teman-temannya kemudian harus menghadapi ancaman dari monster yang berada dalam Kamar Rahasia di Hogwarts.

Namun untuk bisa mengatasi ancaman tersebut tentu bukanlah hal mudah. Harry dan teman-temannya harus melawan waktu berusaha memecahkan teka-teki besar yang berkaitan dengan sekolah mereka, Hogwarts. Sebab hanya dengan begitu untuk menghentikan monster yang mengancam keamanan sekolah bisa teratasi.

 

 

3 dari 8 halaman

3. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban

(credit: goodreads)

Kisah petualangan Harry Potter dan sahabat-sahabatnya berlanjut di buku seri ketiga yaitu Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Buku seri ketiga ini menceritakan kisah Harry Potter dan sahabat-sahabatnya yang harus menghadapi ancaman dari tahanan misterius yang melarikan diri dari Azkaban, penjara penyihir paling ketat di dunia penyihir.

Harry dan teman-temannya pun terancam karena teror demi teror yang dilayangkan sang tahanan misterius. Alhasil Harry harus menemukan cara untuk melindungi diri mereka dari serangan tahanan itu.

 

 

4 dari 8 halaman

4. Harry Potter and the Goblet of Fire

Buku seri Harry Potter yang keempat adalah Harry Potter and the Goblet of Fire. Di buku seri keempat ini, diceritakan kisah tentang Harry Potter yang dipilih sebagai salah satu peserta dalam Turnamen Triwizard. Turnamen tersebut diadakan dengan mempertemukan Hogwarts dengan dua sekolah penyihir lainnya. Namun, disangka turnamen yang meriah ternyata berujung petaka.

Bukan sekadar pertandingan biasa, Harry ternyata justru harus menghadapi bahaya yang lebih besar. Pasalnya, di tengah turnamen itu ternyata ada seseorang telah mengincar Harry dan membahayakan keselamatan seisi Hogwarts.

 

 

5 dari 8 halaman

5. Harry Potter and the Order of Phoenix

(credit: goodreads)

Harry Potter and the Order of Phoenix menjadi seri kelima dari buku Harry Potter. Buku kelima ini menceritakan kisah Harry Potter yang mulai mengalami mimpi buruk tentang Voldemort, sosok misterius yang tak dia ketahui sebelumnya. Harry akhirnya berusaha mencari tahu siapa Voldemort dan arti dari setiap mimpi yang dia alami.

Harry semakin diselimuti ketegangan saat tahu, bahwa mimpi-mimpinya adalah tanda dari kebangkitan kembali Voldemort. Di saat itu, Harry kemudian bergabung dengan Orde Phoenix, kelompok penyihir yang berusaha untuk menghentikan Voldemort dan mengembalikan tatanan dunia penyihir.

Harry Potter and the Order of Phoenix menjadi seri kelima dari buku Harry Potter.

 

 

6 dari 8 halaman

6. Harry Potter and the Half-Blood Prince

Buku keenam Harry Potter and the Half-Blood Prince menceritakan kisah Harry Potter yang di tahun keenamnya di Hogwarts. Di masa itu, Harry mulai mengetahui jati dirinya. Perlahan, rahasia-rahasia tentang masa lalu Harry dan orangtuanya mulai terungkap. Namun di lain sisi, dia juga mendapati masa lalunya yang ternyata juga berhubungan dengan kehidupan Voldemort.

 

 

7 dari 8 halaman

7. Harry Potter and the Deathly Hallows

(credit: goodreads)

Berapa banyak buku yang ada di seri Harry Potter? Jawabnya 7. Ya, seri ketujuh sekaligus buku terakhir Harry Potter berjudul Harry Potter and the Deathly Hallows. Seri terakhirnya ini, diceritakan kisah Harry Potter yang harus menghadapi pertarungan terakhir melawan Voldemort. Untuk bisa memenangkan pertarungan, Harry harus bisa menemukan tiga Relikui Kematian
Harry dan teman-temannya juga dibantu guru-guru Hogwarts bertarung mati-matian melawan Voldemort dan para pengikutnya. Bahkan, ada momen di mana Harry terpojok sampai harus menyerahkan dirinya untuk melindungi teman-temannya.

Itulah di antaranya 7 seri novel Harry Potter beserta sinopsisnya. Jadi sudah nggak penasaran lagi kan, berapa banyak buku yang ada di seri Harry Potter? Jawabnya 7!

 

 

(kpl/gen/psp)

Topik Terkait