Berkunjung ke Makassar? Jangan Lupa Icip-Icip 4 Makanan Khas yang Menggiurkan Ini


Berita | Selasa, 26 September 2023 17:00

Kapanlagi.com - Ada begitu banyak kuliner enak yang dapat dijumpai di Makassar. Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini memang terkenal bukan hanya akan keindahan pantainya saja, melainkan juga kekayaan makanan khasnya. Rupa-rupa hidangan pun bisa kamu temukan di sana, mulai dari yang manis, asin, berkuah, hingga masakan bakaran.


Walau begitu, makanan khas apa saja sih yang seharusnya dicicipi saat main-main ke kota Makassar? Jika kamu belum mengetahuinya, cek dulu lewat bacaan yang satu ini. Berikut daftar makanan enak khas Makassar yang wajib dicoba.

1 dari 4 halaman

1. Coto Makassar

Credit: Shutterstock

Orang Indonesia dari daerah manapun rasanya akan mengetahui hidangan satu ini. Yup, coto Makassar jadi icon kuliner kota Makassar karena memang memiliki rasa yang gurih nikmat dan aroma yang super menggiurkan. Makanan khas ini sendiri merupakan sup yang berisikan daging sapi, aneka jeroan sapi, serta macam-macam bumbu rempah, yang kemudian dalam waktu yang cukup lama.

Menariknya, kuah dari coto Makassar ini ternyata menggunakan air cucian beras, sehingga cita rasanya pun bisa semakin gurih dan berempah. Untuk penyajiannya, coto Makassar dihidangkan dengan ketupat, lontong, atau bisa juga dengan nasi.

2 dari 5 halaman

2. Sup Konro

Credit: Shutterstock

Nggak kalah sedap dari coto Makassar, ada sup konro dengan yang dihidangkan dengan kuah hitam gurih dan berbagai bumbu rempah di dalamnya. Adapun warna hitam dari sajian ini karena adanya penambahan keluak sebagai salah satu bahan dasarnya.

Sup konro ini paling nikmat kalau disantap selagi masih hangat. Terlebih lagi ditemani dengan sepiring nasi putih yang pulen, wah dijamin makin menambah nafsu makan. Jika kamu tertarik, maka bisa cobain juga menu konro bakar yang enaknya nggak kalah saing.

3 dari 5 halaman

3. Es Pisang Ijo

Credit: Shutterstock

Ingin coba yang manis dan segar? Es pisang ijo bisa jadi pilihannya. Dengan visual yang penuh warna, dijamin kamu akan tergoda untuk mencicipinya. Es pisang ijo sendiri terbuat dari buah pisang yang dibalut dengan adonan pandan berwarna hijau. Kemudian, pisang tersebut dipotong-potong dalam ukuran yang lebih kecil ke dalam mangkuk. Setelah itu, di dalamnya akan ditambahkan dengan bubur sumsum, sirup merah, kental manis, santan, dan nggak ketinggalan es serut. 

4 dari 5 halaman

4. Pisang Epe

Credit: Shutterstock

Sama-sama pisang, namun menu yang satu ini punya tampilan yang lebih sederhana dari es pisang ijo. Meskipun begitu, soal rasa nggak perlu diragukan. Pisang epe merupakan camilan khas Makassar yang terbuat dari pisang kepok yang dipanggang di atas bara api. Dinamakan pisang epe, karena makanan ini dimasak dengan cara dijepit di antara dua bilah kayu.

Ketika sudah matang, nantinya pisang akan disiram dengan saus gula aren serta parutan kelapa. Dengan rasa manis dan gurih, tentunya menu pisang epe akan mampu melengkapi waktu bersantaimu selama berada di Makassar.

Berbagai makanan khas di atas tentu bisa dijadikan referensi ketika kamu berkunjung ke kota Makassar. Selain karena memang terkenal di antara masyarakat lokal, ragam kuliner tersebut pun pastinya akan mampu memanjakan lidah kamu.

(kpl/glo)