Berpikir Visioner adalah Cara Bikin Karier Makin Berjaya, Ini Buktinya!


Berita | Jum'at, 29 Desember 2023 17:00
Editor : Wuri Anggarini

Kapanlagi.com - Ada quote yang bilang kalau mindset seseorang itu bisa nentuin gimana jalan hidupnya ke depan. Jadi, berpikir visioner itu penting banget buat bawa sisi positif sekaligus bikin supaya kamu bisa nentuin arah dan tujuan hidup di masa depan.


Orang yang visioner nggak cuma mikir apa yang harus dilakuin buat hari ini aja. Dia juga bakal pertimbangin 100 langkah ke depan dan macem-macem kemungkinan yang bisa terjadi. Ini dia sederet bukti kalau dengan berpikir visioner bisa jadi jalan ninja karier kamu makin berjaya!

1 dari 5 halaman

1. Berpikir Visioner Itu Seperti Apa Sih?

(c) Shutterstock

Sering denger tentang istilah visioner, tapi yakin udah paham artinya? Jadi, visioner punya arti yang ngegambarin tentang seseorang yang punya visi kuat tentang masa depannya. Kalo dibikin kesimpulan nih, berpikir visioner adalah orang-orang yang selalu punya mindset atau pandangan tentang masa depan. Cara pandang ini bikin mereka selalu punya tujuan terkait apa yang perlu dilakuin, tujuan yang mau dicapai, bahkan punya strategi khusus demi ngedapetin goals yang jadi tujuan hidupnya.

Dengan berpikir visioner, kamu nggak cuma ngejalanin hidup dengan ikutin arus aja. Poin penting dari orang yang selalu berpikir visioner itu mereka selalu yakin dan optimis sama prinsip yang dipunya. Hal ini juga yang bikin orang-orang visioner selalu termotivasi buat terus tingkatin kualitas dirinya. Biarpun sering dibilang nggak realistis, tapi mereka yang visioner bakal nyari 1001 cara buat buktiin kalo apa yang mereka mau emang bisa mereka dapetin.

2 dari 6 halaman

2. Berpikir Visioner Bisa Ciptain Ide Out of The Box

Nyadar nggak sih kalo hampir dari seluruh inovasi yang ada di muka bumi ini diciptain oleh sosok yang visioner? Contohnya nggak jauh-jauh bahkan ada di sekitar kamu. Pengalaman dengan ruwetnya sistem transportasi misalnya, ternyata bisa jadi ide bisnis dengan manfaatin kemajuan teknologi. Zaman dulu, mana bisa order ojek atau taksi segampang ini lewat aplikasi?

Ini juga yang jadi bukti kalo berpikir visioner bisa dorong kamu buat ciptain ide-ide out of the box lainnya. Nggak yang melulu berhubungan dengan teknologi, apapun passion yang dipunya juga bisa asal selalu pegang prinsip buat berpikir jauh ke depan. Bahkan buat yang punya passion dalam seni sekalipun. Kolaborasi seni dan AI bisa jadi ide out of the box kalo kamu punya konsep visioner. Percaya deh!

3 dari 6 halaman

3. Sosok Visioner Biasanya Punya Positive Vibes

(c) Shutterstock

Karena punya rasa optimis yang tinggi kalo udah percaya atau mau ngedapetin sesuatu, orang yang visioner biasanya punya positive vibes. Gimana nggak, mereka tuh punya kebiasaan nyebarin rasa percaya diri dan keyakinannya ke orang lain. Secara nggak sadar, hal-hal positif ini jadi nular ke orang-orang terdekatnya.

Beda banget sama orang yang dikit-dikit ngeluh dan gampang banget nyerah kalo udah ngerasa susah. Deket atau kerja bareng sama tipe orang macem gini rasanya bakal drain energy banget, karena kamu jadi berasa kerja sendiri. Tapi, orang yang visioner nggak bakal bersikap kayak gitu. Justru dia bakal dengan semangat yakinin tim kalo nggak ada yang nggak mungkin selama dikerjain bareng. Suportif banget kan?

4 dari 6 halaman

4. Mindset Visioner Bikin Kamu Lebih Imajinatif

Punya kebiasaan berpikir 100 langkah ke depan, orang yang sering berpikir visioner biasanya emang cenderung lebih imajinatif. Mereka selalu bisa liat bigger picture dari apa yang udah jadi goals-nya. Hebatnya juga, mereka selalu punya plan yang rinci, nggak terkecuali skenario A, B, sampai C buat capai apa yang udah jadi tujuannya.

Konsep semacem ini yang bikin orang-orang dengan pola pikir visioner biasanya jadi lebih unggul. Nggak cuma yang punya karier di korporasi aja. Orang-orang yang ngejar passion dengan bangun bisnis sendiri atau pun nyemplung dalam dunia seni juga bisa jemput kesuksesan dengan cara pikir uniknya ini. Ini juga yang jadi alasan kalo orang-orang visioner nggak pernah ketinggalan. Justru mereka bisa ciptain sesuatu yang bakal jadi tren!

5 dari 6 halaman

5. Pas Ada Hambatan, Orang Visioner Bakal Cari Peluang yang Ada

(c) Shutterstock

Yang namanya ngerintis karier, bisnis, atau pun kejar apapun passion yang dimiliki, jelas nggak pernah lepas dari yang namanya hambatan. Ibaratnya ujian, kalo nggak bisa dihadepin artinya kamu gagal, tapi kalo berhasil cari cara buat lolos tandanya kamu bisa lanjut ke step berikutnya.

Nah, salah satu sikap dari orang yang selalu berpikir visioner adalah nggak mudah menyerah kalo lagi hadepin tantangan. Mereka justru bakal cari peluang yang ada, sekecil apapun itu. Contoh paling gampang deh waktu sempat terkungkung dalam keadaan serba terbatas beberapa tahun lalu. Saat ruang gerak terbatas, creator dan seniman jadi nggak punya media buat memamerkan karyanya.

Bukannya terhenti, tapi orang-orang visioner selalu punya cara buat terus survive. Dengan manfaatin kemajuan teknologi, akhirnya tercipta juga yang namanya pameran seni secara virtual. Bahkan, konser musik pun digelar secara live streaming di platform digital yang surprisingly berhasil ngeraup banyak penonton.

See, berpikir visioner jadi jalan ninja yang bikin karier makin berjaya dalam bidang apapun yang jadi fokus kamu. So, pastiin buat terus eksplorasi skill dan kemampuan yang bisa dukung buat kejar passion. Jangan lupa terus asah diri buat belajar berpikir visioner yang bakal dorong kamu keluar dari zona nyaman buat raih tujuan yang lebih besar!

(adv/wri)

Topik Terkait