Cara Instal Ulang Windows 10 untuk Pemula, Mulai dari Tahap Persiapan sampai Proses Akhir


Berita | Jum'at, 2 Februari 2024 17:44

Kapanlagi.com - Laptop telah menjadi barang vital dalam kehidupan sehari-hari. Laptop biasa digunakan untuk bekerja, belajar, dan berkomunikasi. Salah satu aspek yang dapat memengaruhi kinerja laptop adalah sistem operasi yang digunakan. Windows 10 sebagai salah satu versi terkini yang paling banyak digunakan. Meski begitu, masih banyak orang yang tidak tahu cara instal Windows 10.


Ada banyak alasan mengapa Windows 10 sering dipilih. Selain karena tampilannya yang menarik dan sistem operasionalnya yang mudah, Windows 10 juga mempunyai berbagai fitur unggulan dan keamanan yang terjaga. Namun, untuk dapat menggunakan laptop dengan Windows 10, proses instal ulang seringkali diperlukan. Itulah sebabnya penting untuk tahu tata cara instal Windows 10.

Penasaran, bagaimana cara instal ulang Windows 10? Langsung saja simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya.

1 dari 3 halaman

1. Tahap Persiapan

Tahap Persiapan Instal Ulang Windows 10 (credit: unsplash)

Cara instal ulang Windows 10 mungkin terasa asing dan ribet bagi sebagian orang. Meski begitu, tata cara instal Windows 10 tetap bisa dipelajari dan dapat berjalan aman selama dilakukan secara teliti. Untuk itu, sebelum mulai instal ulang Windows 10 ada beberapa tahap persiapan yang harus dilakukan.

- Pastikan mengunduh file ISO Windows 10 dari situs resmi Microsoft atau dapat menggunakan media instalasi berupa USB flash drive atau DVD.

- Jika menggunakan USB flash drive, gunakan alat seperti "Media Creation Tool" dari situs resmi Microsoft untuk membuatnya bootable.

- Sebelum menginstal ulang, pastikan juga untuk mencadangkan semua data penting yang ada di laptop. Proses instalasi akan menghapus seluruh data di drive sistem.

2 dari 4 halaman

2. Cara Instal Windows 10

Cara Instal Windows 10 (credit: unsplash)

Setelah memastikan setiap tahap persiapan dilakukan dengan teliti, langkah berikutnya adalah memulai proses instalasi. Berikut panduan cara instal ulang Windows 10:

- Sambungkan USB flash drive atau masukkan DVD ke laptop kalian.

- Restart laptop dan masuk ke BIOS atau UEFI. Setel urutan boot agar laptop dapat boot dari USB atau DVD.

- Saat laptop boot dari media instalasi, pilih bahasa, zona waktu, dan preferensi lainnya.

- Klik "Install Now" untuk memulai proses instalasi.

- Masukkan product key Windows 10 yang kalian miliki. Jika laptop sudah memiliki lisensi, kalian bisa melewati langkah ini dan memasukkan kunci produk setelah instalasi selesai.

- Pilih edisi Windows 10 yang akan diinstal, misalnya Home atau Pro.

- Baca persyaratan lisensi Microsoft dan terima untuk melanjutkan proses instalasi.

- Pilih "Custom: Install Windows only (advanced)" untuk instalasi bersih atau upgrade drive tempat Windows diinstal.

- Pilih partisi atau drive tempat Windows 10 akan diinstal.

- Klik "Next" dan biarkan proses instalasi berlangsung. Laptop akan restart beberapa kali selama proses ini.

- Setelah instalasi selesai, ikuti panduan pengaturan awal seperti membuat akun pengguna, mengatur kata sandi, dan preferensi lainnya.

- Aktifkan Windows 10 menggunakan product key jika belum dilakukan sebelumnya.

- Setelah instalasi selesai, pastikan untuk memeriksa pembaruan sistem untuk mendapatkan fitur dan perbaikan terbaru dari Microsoft.

3 dari 4 halaman

3. Alasan Pentingnya Instal Ulang Windows 10

Alasan Pentingnya Instal Ulang Windows 10 (credit: unsplash)

Seperti yang sudah disebutkan di awal, instal ulang menjadi keharusan bagi pengguna laptop dengan Windows 10. Meski demikian, banyak orang yang tak paham mengapa hal tersebut arus dilakukan. Padahal, ada beberapa alasan mengapa Windows 10 harus diperbarui dengan proses instal ulang. Berikut beberapa alasan tersebut

1. Performa yang Menurun

Seiring waktu, sistem operasi Windows 10 bisa mengalami penurunan performa akibat akumulasi file sementara, pengaturan yang kompleks, atau program yang terinstal. Instal ulang dapat membersihkan sistem dan memulihkan performa optimal.

2. Infeksi Malware atau Virus

Jika laptop terinfeksi malware atau virus yang sulit dihilangkan, instal ulang Windows 10 dapat menjadi cara efektif untuk membersihkan sistem sepenuhnya. Ini penting untuk mencegah risiko keamanan dan pemulihan dari ancaman berbahaya.

3. Kesalahan Sistem yang Tak Teratasi
Instal ulang juga bisa jadi alternatif untuk mengatasi kesalahan sistem atau masalah yang tidak dapat diatasi dengan perbaikan biasa. Instal ulang Windows 10 akan membuat sistem ke kondisi awal dan mengatasi masalah yang sulit diidentifikasi.

4. Mengatasi Masalah Ruang Penyimpanan

Penggunaan laptop yang intensif seringkali meninggalkan banyak file sementara, cache, atau program yang tidak terpakai, yang dapat menghabiskan ruang penyimpanan dan memperlambat kinerja. Instal ulang memungkinkan pembersihan menyeluruh dan pengelolaan ruang penyimpanan.

5. Pembaruan Perangkat Keras

Saat mengganti perangkat keras atau mengubah konfigurasi laptop secara signifikan, instal ulang Windows 10 bisa membantu sistem mengenali perubahan tersebut dan mengoptimalkan kinerja sesuai dengan perubahan-perubahan tersebut.

6. Pembersihan Aplikasi dan Pengaturan Lama

Instal ulang memberikan kesempatan untuk membersihkan aplikasi dan pengaturan lama yang mungkin tidak diperlukan lagi. Hal ini membantu menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan efisien.

Itulah di antaranya sekilas ulasan terkait tata cara instal ulang Windows 10 mulai dari awal persiapan sampai proses akhir. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/psp)

Topik Terkait