Contoh Naskah Film Pendek Motivasi Beserta Cara Menulisnya


Berita | Selasa, 27 Desember 2022 16:11

Kapanlagi.com - Sebagai penulis, wajar jika kalian mencari beberapa contoh naskah film pendek motivasi untuk dijadikan inspirasi. Terkadang, karya lain juga bisa membantu dalam pengembangan ide cerita.


Karena tak ada aturan baku dalam penulisan, kalian bisa menggunakan contoh naskah film pendek motivasi tersebut sebagai referensi. Namun, tetap diperlukan juga eksplorasi.

Nah, jika kalian sedang mencari contoh naskah film pendek motivasi beserta cara menulisnya, yuk simak langkah-langkah berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Sinopsis Naskah Film Pendek Motivasi

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Berikut ini merupakan sinopsis dari contoh naskah film pendek motivasi yang bisa kalian simak.

Judul: Kuliah Gratis?

Tasya adalah seorang anak yang punya cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi setelah lulus SMA. Sayangnya, kondisi ekonomi keluarga dan akses menuju kampus terlalu jauh, dia terpaksa memendam cita-cita tersebut.

Dia pun memutuskan untuk menjadi penjaga toko dan kerja serabutan lainnya. Saat di toko, dia bertemu dengan seorang calon mahasiswa yang akan pergi merantau untuk kuliah. Tasya pun mengingat kembali cita-citanya dan mengutarakan keinginan untuk kuliah.

Si calon mahasiswa itu menyambut dengan antusias dan mengatakan jika ada cara untuk mendapatkan biaya. Ada beasiswa kuliah gratis yang diberikan kepada mahasiswa yang pintar, tapi kondisi ekonomi kurang.

 

2 dari 4 halaman

2. Contoh Naskah Film Pendek Motivasi

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Setelah dijabarkan, sinopsis di atas menjadi contoh naskah film pendek motivasi dengan 3 scene yang bisa kalian simak di bawah ini.

Scene 1 - Rumah - Siang

Tasya pulang sekolah, belum mengganti seragam. Berbincang dengan ibunya.

Tasya : Aku akan bekerja di Toko dekat terminal mulai besok siang pulang sekolah, Buk.

Ibu : (Agak kaget) Tidak menunggu setelah kelulusan?

Tasya: Kata Pak Tomo aku boleh mulai kerja secepatnya. Ibuk tidak perlu khawatir, sekalian belajar cari uang, biar bisa cepat kuliah nanti.

Ibu : (hanya tersenyum getir melihat Tasya masuk ke kamar)


Scene 2 - Toko Pak Tomo - Sore

Mahasiswa : Ada minuman yang dingin?

Tasya : Sebentar saya ambilkan (menyodorkan botol minuman). Mau ke luar kota, Mas?

Mahasiswa : Iya, tapi masih menunggu bus setengah jam lagi, tadi saya ketinggalan. (menyodorkan uang).

Tasya : Sebentar, masih ada kembalian. Kuliah atau mau bekerja?

Mahasiswa : Saya baru keterima, jadi masih MABA, mahasiswa baru, walaupun sudah lulus SMA sejak dua tahun yang lalu. (tertawa kecil)

Tasya : (matanya berbinar dan tersenyum) Wah hebat. Saya sebentar lagi juga lulus SMA.

Mahasiswa : Lho, sekarang masih sekolah? Keren sudah bisa bekerja.

Tasya : Soalnya saya mau cepet-cepet ngumpulin uang buat kuliah di luar kota (muka Tasya berubah).

Mahasiswa (menunggu cerita kelanjutan) Hem, saya dulu juga bekerja selama dua tahun sebelum akhirnya berangkat kuliah. Saya juga mengumpulkan uang dulu, tapi sebenarnya ada beasiswa yang bisa didapatkan untuk kuliah gratis. Jadi gaji bisa buat uang saku.

Tasya : (Berjalan ke luar dari toko) Mas pakai beasiswa itu? Wah, saya pengin sekali daftar, tapi tetap takut karena belum punya uang saku yang cukup. Semoga tahun depan saya bisa. (Tasya melamun).

Pembeli : Mbak, rokok gudangbaru 1.

Tasya : (Melayani pembeli dengan cepat).

Mahasiswa : (Bersiap untuk pergi, memeriksa tas bawaan) Besok kalau saya pulang, saya mampir lagi dan bawa informasi soal beasiswa itu. Sampai jumpa.

Tasya : Iya, hati-hati Mas!


Scene 3 - Rumah - Pagi

Satu Tahun Kemudian.

Ibu : Pokoknya hati-hati, jangan lupa bilang terima kasih dan temui Mas Roni.

Tasya: Iya Buk, Tasya berhasil keterima dan dapat beasiswa juga berkat buku dan informasi dari dia juga.

(Tasya dan Ibu berpelukan. Tasya naik bus ke kota yang sama dengan mahasiswa baru yang dia temui satu tahun yang lalu).

 

3 dari 4 halaman

3. Cara Menulis Naskah Film Pendek

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Setelah membaca sinopsis dan contoh naskah film pendek motivasi di atas, mungkin kalian mulai tertarik untuk menulisnya. Memang tidak ada aturan baku dalam penulisan skenario, tapi sebagai pemula kalian bisa mengikuti langkah-langkah atau cara menulis naskah film pendek di bawah ini.

1. Menggali Ide Cerita

Ide cerita perlu ditentukan sejak awal. Ide ini juga bisa berasal dari mana saja, misalnya, dari pengalaman pribadi, mengamati karya lain, kasus dalam sebuah berita, dan lain sebagainya.

2. Premis

Jika kalian sudah menemukan ide cerita, kini saatnya menentukan premis dasar. Premis dasar cerita berupa kalimat singkat yang menggambarkan cerita secara umum.

3. Sinopsis Pendek

Seperti yang sudah kalian baca, naskah film pendek juga memiliki sinopsis. Berawal dari premis, kalian bisa mengembangkan jadi tiga sampai empat kalimat. Perlu diingat, kalian harus fokus pada premis yang sudah ditentukan sebelumnya.

4. Sinopsis Panjang

Langkah selanjutnya adalah menulis sinopsis panjang. Kalian sudah memiliki beberapa kalimat dalam sinopsis pendek, kini saatnya memecah dalam tiga atau empat paragraf untuk memasukkan detail cerita.

5. Treatment

Sekarang, kalian sudah punya sinopsis yang berisi tiga sampai empat paragraf. Sinopsis panjang tersebut memuat karakter, masalah, dan tindakan tokoh. Nah, kalian masih perlu menjabarkan lagi cerita tersebut pada masing-masing paragraf. Nantinya, kalian akan memiliki cerpen dari sinopsis tadi.

6. Naskah

Jika kalian sudah berhasil mengikuti tata cara menulis naskah film pendek di atas, kini saatnya masuk ke penulisan naskah. Karena sudah punya cerpen dengan 9-10 paragraf, kalian mulai bisa menuangkannya dalam format naskah.

Agar lebih mudah, kalian bisa menjabarkan cerpen tersebut ke dalam urutan adegan (scene). Adegan ini dibagi sesuai dengan latar tempat dan waktu. Jika ada satu situasi dalam satu tempat dan waktu, maka ia dihitung sebagai satu adegan. Agar lebih jelas, silakan simak contoh berikut ini.

Scene 1 - Rumah - Siang

Scene 2 - Toko Pak Tomo - Sore

Scene 3 - Teras Rumah - Pagi

Nah, KLovers, itulah contoh naskah film pendek motivasi beserta langkah-langkah atau cara menulisnya yang perlu kalian ketahui.

 

(kpl/gen/ans)

Topik Terkait