Contoh Naskah Film Pendek Motivasi Pendidikan Beserta Pengertian dan Cara Membuatnya


Berita | Selasa, 3 Januari 2023 18:22

Kapanlagi.com - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), naskah adalah sebuah karangan yang masih ditulis dengan tangan dan belum diterbitkan. Nah, bagi KLovers yang ingin menulis sebuah naskah film pendek motivasi pendidikan, maka bisa membaca artikel ini.


Bukan hanya mengetahui contoh-contoh dari naskah film pendek motivasi pendidikan saja. Namun, KLovers juga bisa mengetahui bagaimana cara menulis naskah, yang tepat, terutama bila ingin menulis naskah film pendek motivasi pendidikan.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini contoh naskah film pendek motivasi pendidikan. Beserta dengan cara membuatnya. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

1 dari 3 halaman

1. Naskah Adalah

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), naskah adalah sebuah karangan yang masih ditulis dengan tangan dan belum diterbitkan. Secara etimologis, pengertian naskah diambil dari bahasa Arab yaitu kata nushkhatum yang memiliki arti 'potongan kertas'.

Hal ini karena umumnya naskah berbentuk beberapa lembaran yang perlu dikoreksi sebelum dipakai. Pengertian naskah akan menjelaskan mengenai tema dan isi yang dapat diterima oleh penonton. Secara umum, naskah adalah tulisan yang biasa atau umum dikenal semua orang yang berkecimpung di dunia penulisan.

Selain itu, naskah sendiri merupakan cerita yang diuraikan dengan urutan adegan demi adegan yang dilengkapi dengan tempat atau latar, keadaan, dialog, dan juga seringkali ada penokohan di dalamnya. Dan bisa disebut sebagai dasar sebuah cerita baik dalam film maupun dalam pementasan pada teater.

 

 

2 dari 4 halaman

2. Cara Menulis Naskah

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Sebelum KLovers menulis tentang naskah film pendek motivasi pendidikan. KLovers juga harus tahu nih, bagaimana cara menulis naskah, terutama untuk naskah film pendek. Memang tidak ada aturan baku dalam penulisan skenario, tapi sebagai pemula kalian bisa mengikuti langkah-langkah atau cara menulis naskah film pendek seperti berikut:

1. Menggali Ide Cerita

Ide cerita perlu ditentukan sejak awal. Ide ini juga bisa berasal dari mana saja, misalnya, dari pengalaman pribadi, mengamati karya lain, kasus dalam sebuah berita, dan lain sebagainya. Dan bisa jadi awal untuk menulis naskah film pendek motivasi pendidikan.

2. Premis

Jika kalian sudah menemukan ide cerita, kini saatnya menentukan premis dasar. Premis dasar cerita berupa kalimat singkat yang menggambarkan cerita secara umum dalam pembuatan naskah film pendek motivasi pendidikan.

3. Sinopsis Pendek

Seperti yang sudah kalian baca, naskah film pendek motivasi pendidikan juga memiliki sinopsis. Berawal dari premis, kalian bisa mengembangkan jadi tiga sampai empat kalimat. Perlu diingat, kalian harus fokus pada premis yang sudah ditentukan sebelumnya.

4. Sinopsis Panjang

Langkah selanjutnya adalah menulis sinopsis panjang. Kalian sudah memiliki beberapa kalimat dalam sinopsis pendek, kini saatnya memecah dalam tiga atau empat paragraf untuk memasukkan detail cerita dalam naskah film pendek motivasi pendidikan.

5. Treatment

Sekarang, kalian sudah punya sinopsis yang berisi tiga sampai empat paragraf. Sinopsis panjang tersebut memuat karakter, masalah, dan tindakan tokoh. Nah, kalian masih perlu menjabarkan lagi cerita tersebut pada masing-masing paragraf. Nantinya, kalian akan memiliki cerpen dari sinopsis tadi.

6. Naskah

Jika kalian sudah berhasil mengikuti tata cara menulis naskah film pendek motivasi pendidikan, kini saatnya masuk ke penulisan naskah. Karena sudah punya cerpen dengan 9-10 paragraf, kalian mulai bisa menuangkannya dalam format naskah.

Agar lebih mudah, kalian bisa menjabarkan cerpen tersebut ke dalam urutan adegan (scene). Adegan ini dibagi sesuai dengan latar tempat dan waktu. Jika ada satu situasi dalam satu tempat dan waktu, maka ia dihitung sebagai satu adegan. Agar lebih jelas, silakan simak contoh berikut ini.

Scene 1 - Rumah - Siang

Scene 2 - Toko Pak Tomo - Sore

Scene 3 - Teras Rumah - Pagi

 

 

3 dari 4 halaman

3. Contoh Naskah Film Pendek Motivasi Pendidikan

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Nah, setelah mengetahui pengertian dan cara membuatnya, maka kalian bisa melihat contoh naskah film pendek motivasi pendidikan. Ya, dengan melihat contoh, KLovers akan lebih memahami maksudnya. Berikut beberapa contoh naskah film pendek motivasi pendidikan tersebut:

Scene 1 Di Rumah - Malam

Diana sedang belajar di meja belajarnya. Dan ibu datang menghampiri Diana.

Ibu: Masih belajar?

Diana: Iya bu, aku besok akan ada ujian.

Ibu melihat wajah Diana yang gusar.

Ibu: (Sambil menyentuh pundak Diana dengan lembut) Kamu tahu? Tidak semua pelajaran di sekolah harus kamu kuasai.

Diana: (Melihat ke arah ibu) Jadi, aku tidak perlu belajar dengan keras?

Ibu: Bukan seperti itu. Berusaha semaksimal mungkin, dan tidak menyerah adalah sesuatu hal yang baik. Namun, saat hasil yang kamu dapatkan tidak maksimal, itu bukan karena kamu kurang baik, kamu sudah baik. Hanya saja, tidak semua pelajaran memang bisa dikuasai secara maksimal.

Diana: (Memasang muka bingung) Aku tidak mengerti apa yang ibu katakan.

Ibu: Ibaratkan, ibu suruh kamu beres-beres rumah secara bersamaan. Ibu ingin kamu masak, nyapu, cuci baju, potong rumput di taman, secara bersamaan. Apakah kamu bisa?- Ya, mungkin kamu bisa melakukan beberapa pekerjaan saja dengan baik, sisanya?

Diana: Ya, aku mungkin tidak akan bisa menyelesaikan dengan baik semuanya.

Ibu: Itu juga dengan belajar. Bukan berarti kamu tidak belajar. Kamu wajib belajar, itu tanggung jawab dan kewajibanmu sebagai murid. Namun, ketika usahamu tidak semuanya memiliki hasil maksimal, itu bukan berarti kamu kurang. Ibu yakin, kamu menguasai salah satu dari seribu keahlian dengan baik.

Itulah beberapa contoh naskah film pendek motivasi pendidikan yang bisa KLovers ketahui. Selain mengetahui tentang naskah film pendek motivasi pendidikan, KLovers juga bisa mengetahui penjelasan tentang naskah dan cara membuatnya.

 

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait