Deretan Kue Tradisional Khas Banjarmasin yang Wajib Dicicipi, Legitnya Bikin Nagih


Berita | Selasa, 3 Oktober 2023 11:00
Editor : Wuri Anggarini

Kapanlagi.com - Jalan-jalan ke berbagai wilayah di tanah air memang nggak hanya menawarkan keindahan alam dan destinasi wisata yang menarik saja. Ada juga kelezatan kuliner lokal yang memanjakan lidah. Misalnya saja saat berkunjung ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang ternyata punya sederet kue tradisional yang khas.


Menariknya, Banjarmasin punya banyak pilihan kue tradisional dengan cita rasa legit yang dijamin bikin nagih. Mana yang paling jadi favoritmu nih, KLovers?

1 dari 5 halaman

1. Bingka

(c) Shutterstock

Kalau bicara soal kue tradisional khas Banjarmasin, nama bingka jelas nggak boleh terlewat. Bisa dibilang kue yang satu ini adalah ikon kota tersebut. Rasanya yang manis ternyata punya cerita dan filosofi tersendiri, yaitu sebagai asupan energi tambahan karena masyarakat di sana sebagian besar berprofesi sebagai petani.

Bingka sendiri merupakan kue basah yang punya bentuk unik, yaitu menyerupai bentuk bunga. Warnanya kuning keemasan dengan tekstur legit yang dijamin bikin nagih pada gigitan pertama.

2 dari 6 halaman

2. Amparan Tatak Pisang

(c) Shutterstock

Selain bingka, amparan tatak pisang juga termasuk salah satu kue khas Banjarmasin yang wajib dicoba. Terbuat dari tepung beras dan santan, kue ini biasanya disajikan dalam acara-acara besar yang digelar oleh masyarakat Banjarmasin.

Begitu digigit, kamu bisa langsung merasakan teksturnya yang legit dan cita rasa manisnya yang khas. Kue ini juga mudah dijumpai di berbagai sudut kota, jadi bisa diburu sebagai camilan saat mengunjungi kota tersebut.

3 dari 6 halaman

3. Roti Pisang

(c) Shutterstock

Nggak kalah lezat, roti pisang juga banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan yang datang berkunjung. Sesuai dengan namanya, kue tradisional ini diolah dari pisang sebagai bahan utamanya yang menghadirkan cita rasa khas.

Sensasinya manis dengan tekstur legit yang menggoda. Di bagian atas kue juga terdapat potongan pisang yang membuat tampilannya semakin bikin ngiler. Gimana, tertarik buat mencoba?

4 dari 6 halaman

4. Lumpur Surga

(c) Shutterstock

Belakangan ini namanya sempat viral karena banyak dijual oleh para seller lokal di berbagai kota. Namun, belum sah mencicipi cita rasa yang sesungguhnya kalau belum menikmati sajian lumpur surga langsung dari Banjarmasin.

Nggak cuma namanya yang unik, kue ini juga punya cita rasa yang khas. Dalam setiap suapannya, kamu bisa dimanjakan dengan sensasi rasa gurih mirip srikaya. Teksturnya pun lembut yang bisa bikin ketagihan.

5 dari 6 halaman

5. Apam Paranggi

(c) Shutterstock

Kalau kebetulan lagi main-main ke Banjarmasin, jangan lupa mencicipi Apam Paranggi karena sajian yang satu ini sudah mulai langka. Sekilas bentuknya mirip dengan apem pada umumnya. Yang menjadi pembeda adalah bahan yang digunakan, yaitu tepung terigu, tape singkong, santan hangat dan berbagai bahan lainnya.

Cita rasanya yang khas dan tekstur legit dijamin memanjakan lidah ketika menikmati kue yang satu ini. Karena sudah mulai langka, jadi wajib coba kalau kebetulan bisa berburu makanan yang satu ini ya!

Itu tadi beberapa deretan kue tradisional khas Banjarmasin yang bisa dicoba langsung saat berkunjung ke kota di Kalimantan Selatan tersebut. Ada yang jadi favoritmu, KLovers?

(kpl/wri)