Disebut Bermotif Rasial, 10 Orang Tewas Dalam Serangan Tembakan di Supermarket Amerika Serikat


Berita | Minggu, 15 Mei 2022 22:20
Editor : Gogor Subyakto

Kapanlagi.com - Kasus penembakan massal kembali terjadi di Amerika Serikat (AS). Dilansir dari merdeka.com, dilaporkan bahwa seorang remaja laki-laki berkulit putih melepaskan tembakan di supermarket Tops Friendly Market di Buffalo pada Sabtu (14/5).


Disebutkan kalau tindakan ini bermotif rasial, pasalnya kawasan yang menjadi tempat penembakan tersebut merupakan lingkungan yang didominasi dengan penduduk berkulit hitam.

1 dari 5 halaman

1. 10 Orang Tewas

Credit: ABC News

Menurut laporan pihak berwenang, 10 orang tewas dalam serangan penembakan tersebut. Selain itu, ada juga tiga orang lainnya yang dilaporkan terluka.

Dari 13 korban tersebut, 11 orang merupakan orang berkulit hitam dan dua orang lainnya adalah berkulit putih.

2 dari 6 halaman

2. Pelaku Telah Ditangkap

Credit: ABC News

Menggunakan senapan serbu, pelaku dari penembakan massal ini sudah diamankan oleh pihak berwenang.

Dari laporan yang didapatkan, pelaku berkendara ke Buffalo dari rumahnya di sebuah daerah di New York yang ditempuh selama berjam-jam. Selain melewati perjalanan yang cukup lama, pelaku juga disebutkan menyiarkan aksinya tersebut di Internet.

3 dari 6 halaman

3. Kasus Rasial

Dikutip dari Al Jazeera, agen khusu FBI Buffalo, Stephen Belongia memberikan informasi soal penyelidikan kasus tersebut, apakah merupakan kejahatan yang dipicu kebencian dan serangan ekstremisme bermotif rasial.

Komisioner Kepolisan Buffalo, Joseph Gramaila memberikan penjelasan kalau pelaku membunuh sembilan pengunjung dan seorang pensiunan polisi yang bekerja sebagai penjaga keamanan.

Penjaga keamanan yang disebutkan tersebut sempat mengeluarkan beberapa tembakan, tapi pelaku menembaknya.

4 dari 6 halaman

4. Pelaku

Credit: ABC News

Dari penjelasan lebih lanjut, diungkapkan bawah pelaku diidentifikasi bernama Payton Gendro. Ia berasa dari Conklin, bagian New York yang berjarak sekitar 320 kilometer dari tenggara Buffalo.

5 dari 6 halaman

5. Ancaman Hukuman

Credit: ABC News

Pelaku penembakan bernama Payton Gendron ini dihadapkan dengan dakwaan pembunuhan tingkat pertama dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup tanpan pembebasan bersyarat.

Sekarang ini, sang pelaku tengah ditahan tanpa jaminan.

(kpl/mdk/ssm)

Topik Terkait