Potret Wartawan Jakarta Bergerak Untuk Semeru Salurkan Bantuan Langsung ke Warga Terdampak Erupsi

Awal Desember lalu, Gunung Semeru erupsi dan menyebabkan kerusakan yang cukup parah di kawasan sekitarnya. Karenanya, puluhan warga pun diungsikan untuk sementara demi keselamatan karena sebagian besar rumah mereka terkubur abu vulkanik. Insiden itu lantas mengundang simpati seluruh publik Tanah Air, tak terkecuali para jurnalis yang ada di Jakarta. Mereka pun lantas membentuk tim bernama Wartawan Jakarta Bergerak Untuk Semeru untuk menggalang dana dan menyalurkannya langsung kepada para warga terdampak erupsi Semeeru. Simak foto-fotonya berikut..

Foto 1 dari 12
KapanLagi.com®/Budy Santoso

Tim relawan Jurnalis Jakarta Begerak Untuk Semeru, Sie Musik Film dan Lifestyle PWI Jaya serta dari KOPHI pada selasa (21/12) menyampaikan donasi di beberapa tempat, di antaranya di BPBD Lumajang, Posko Perwira dan Posko Kantor Desa Jarit Candipuro.

Foto 2 dari 12
KapanLagi.com®/Budy Santoso

Donasi tersebut didapatkan dari hasil penggalangan dana 'Musisi Berkumpul Berdoa dan Bergerak Support Erupsi Semeru' dan dari berbagai perusahaan dan perorangan.

Foto 3 dari 12
KapanLagi.com®/Budy Santoso

Dalam sambutannya Kepala BPBD Jawa Timur Dadang mengucapkan terima kasih kepada para donator serta para Jurnalis yang telah aktif berpartisipasi dalam meringankan beban korban erupsi gunung Semeru.

Foto 4 dari 12
KapanLagi.com®/Budy Santoso

Data terakhir menunjukkan bahwa sekarang sudah terdapat lebih dari 10.400 pengungsi yang tersebar di 409 titik lokasi dan telah terdata kerusakan terjadi di lebih dari 1000 rumah warga.

Foto 5 dari 12
KapanLagi.com®/Budy Santoso

Usai melakukan seremonial dengan Ketua BPBD Jawa Timur, tim Jurnalis langsung bertolak menjuju posko BPBD Kota Lumajang dan menyerahkan bantuannya.

Foto 6 dari 12
KapanLagi.com®/Budy Santoso

Setelahnya, rombongan Jurnalis Jakarta bergerak menuju lokasi bencana di Kecamatan Candipuro, Kab Lumajang untuk menyerahkan bantuan kepada Posko Perwira yang selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat langsung.

Foto 7 dari 12
KapanLagi.com®/Budy Santoso

Ungkapan terima kasih pun diutarakan oleh Kepala Posko Perwira Faridayang juga Ketua DPD PERWIRA (Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia) Jawa Timur, Farida Ariyani kepada tim Jurnalis Jakarta brgerak atas donasi yang diberikan.

Foto 8 dari 12
KapanLagi.com®/Budy Santoso

Mewakili Wartawan Jakarta Bergerak Untuk Semeru yang dalam waktu seminggu bergerak cepat mengumpulkan dan menyalurkan donasi, Irish Riswoyo selaku  Ketua PWI Jaya Sie Musik Film dan Lifestyle juga turut menyampaikan penjelasannya mengenai donasi yang diberikan.

Foto 9 dari 12
KapanLagi.com®/Budy Santoso

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para donator seperti teman-teman musisi Indeep yang telah menggalang donasi melalui konser 'Musisi Berkumpul Berdoa dan Bergerak Support Erupsi Semeru', terus dari IMTA, Fesmi, Reza Paten, Lola Amaria, Inlite, STI, Nexus, LMK Pelari Nusantara, dan Eric Martoyo, yang telah memberikan donasi melalui kami. Semoga apa yang kita lakukan dalam seminggu terakhir mulai dari penggalangan hingga pendistribusian ini bermanfaat dan bisa meringankan beban saudara-saudara kita terdampak erupsi Semeru," jelas Irish.

Foto 10 dari 12
KapanLagi.com®/Budy Santoso

Ini adalah foto kondisi dari perumahan warga yang tertimbun abu vulkanik.

Foto 11 dari 12
KapanLagi.com®/Budy Santoso

Berbagai barang berharga dan aset pribadi pun mereka tinggalkan begitu saja guna menyelamatkan diri dari maut.

Foto 12 dari 12
KapanLagi.com®/Budy Santoso

Semoga bantuan yang diberikan oleh seluruh pihak bisa meringankan beban dari para warga yang terdampak dan mari kita doakan agar semua situasinya segera membaik.

Read More

Load More