Greenfields Indonesia Prioritaskan Dukungan Untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Lewat Peringatan Hari Susu Sedunia 2023


Berita | Sabtu, 3 Juni 2023 10:09
Editor : Nurulia Januaristy

Kapanlagi.com - Ditulis oleh Nurulia Januaristy Putri


PT Greenfields Dairy Indonesia (Greenfields Indonesia) turut peringati Hari Susu Sedunia 2023 pada 30 Mei 2023 di Malang, Jawa Timur. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan peranan penting industri susu dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Hari Susu Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, menggarisbawahi tiga pilar penting dalam industri susu: meningkatkan status nutrisi masyarakat, memastikan keberlanjutan lingkungan, dan memajukan kesejahteraan masyarakat dan komunitas. Namun, Indonesia masih menghadapi tantangan dalam mencapai ketiga pilar ini.

1 dari 4 halaman

1. Masih Rendahnya Konsumsi Susu di Indonesia

Pabrik Greenfields Indonesia (Credit: Greenfields Indonesia)

Salah satu tantangan utama adalah masih rendahnya tingkat konsumsi susu di Indonesia dimana konsumsi susu per kapitanya hanya sekitar 16,27 kg per tahun. Angka ini menunjukkan ketertinggalan Indonesia dari negara tetangga. Produksi susu di Indonesia juga masih mengandalkan impor sebanyak 80% untuk memenuhi kebutuhan. Padahal susu mengandung protein hewani yang penting untuk memenuhi nutrisi harian.

"Sebagai komoditas pangan penting, susu tidak hanya memberikan dampak positif bagi kesehatan, tetapi juga ke sektor lainnya seperti sosial, maupun ekonomi dengan keberadaan peternakan dan pabriknya," papar Dr. Ir. Epi Taufik, S.Pt, MVPH, M.Si, IPM, Kepala Divisi Teknologi Hasil Ternak, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, IPB University.

 

 

2 dari 5 halaman

2. Greenfields #BeraniEXTRA

Peternakan Sapi Milik Greenfields Indonesia (Credit: Greenfields Indonesia)

Greenfields Indonesia lewat Hari Susu Sedunia 2023 menegaskan komitmennya dengan selalu #BeraniEXTRA dalam menyediakan nutrisi terbaik bagi masyarakat. Andre Rompis, CEO Greenfields Indonesia menjelaskan, "Greenfields Indonesia bermula dari bisnis peternakan yang didirikan oleh para profesional di bidang agrobisnis pada 1997 lalu, sehingga kami sangat memahami pentingnya mengelola dan menjaga kenyamanan seluruh sapi kami yang saat ini berjumlah lebih dari 19.000 ekor, dari jenis Holstein dan Jersey. Kami menjalankan Greenfields Farming Philosophy , best practice dairy farming management yang menjamin baiknya kuantitas dan kualitas produk mulai dari peternakan, proses produksi hingga tiba di tangan konsumen. Seluruh rangkaian proses produksinya dikawal oleh para ahli dan tenaga profesional terpercaya."

Greenfields Indonesia juga turut menjaga lingkungan dengan menggunakan solar panel sebagai sumber energi tambahan dan menerapkan konsep kandang terbuka untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Limbah kotoran sapi pun didaur ulang menjadi listrik biogas dan pupuk. Selain itu, untuk pemberdayaan masyarakat, Greenfields mewujudkan program Kemitraan Sapi Perah Greenfields (KSG) yang telah memberi manfaat ekonomi kepada lebih dari 220 mitra peternak.

 

 

3 dari 5 halaman

3. Greenfields Tawarkan Beragam Produk Segar

Pabrik Greenfields Indonesia (Credit: Greenfields Indonesia)

Greenfields Indonesia menawarkan beragam produk olahan susu, termasuk fresh milk, UHT, fresh yoghurt, dan fresh cheese. Mereka juga mengedepankan edukasi melalui kampanye #StartFresh untuk mengajak masyarakat mengonsumsi susu segar secara rutin.

"Fresh milk pantas jadi pilihan utama karena kandungan nutrisi alaminya lebih terjaga, tanpa tambahan nutrisi buatan, sehingga berkualitas dan mudah diserap tubuh. Jangan lupa juga untuk pastikan juga seluruh produk olahan susu yang kita konsumsi hanya mengandung dan menggunakan susu segar, ya!" ujar Mona Ratuliu yang mengajak masyarakat agar lebih selektif dalam memilih susu.

 

 

4 dari 5 halaman

4. Kolaborasi Bersama Pemerintah

Sambutan oleh Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU., Menteri Kesehatan RI (Credit: Greenfields Indonesia)

Pada peringatan Hari Susu Sedunia 2023, Greenfields Indonesia berharap dapat terus berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mendukung industri susu dan kesehatan masyarakat Indonesia. Berkat dukungan mereka, kami dapat secara konsisten memproduksi susu segar bernutrisi dan berkualitas tinggi. Bersama-sama, kita akan terus berkolaborasi mendukung peranan industri susu demi menyokong kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, tutup Andre.

 

 

(kpl/njp)