Hari Ibu Sedunia Berbeda dengan yang di Indonesia? Ini Penjelasan dan Sejarahnya


Berita | Kamis, 21 Desember 2023 11:33
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Hari Ibu sedunia telah menjadi momentum penting untuk mengakui peran tak tergantikan yang dimainkan oleh para ibu di seluruh dunia. Namun, Hari Ibu sedunia berbeda dengan Hari Ibu yang ada di Indonesia. Setiap tahun, 22 Desember diangkat sebagai hari spesial untuk merayakan jasa-jasa, dan cinta kasih ibu yang ada di Indonesia.


Tetapi untuk Hari Ibu sedunia, dirayakan pada waktu yang berbeda. Walaupun begitu, makna dari kedua Hari Ibu ini tetap sama. Semua untuk merayakan peran ibu yang ada di dunia, tidak hanya sebagai figur yang mengasuh dan mendidik saja, namun ibu juga merupakan pilar utama dalam pembentukan karakter generasi mendatang.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan kapan Hari Ibu sedunia diadakan, dan bagaimana sejarah Hari Ibu sedunia? Yuk, langsung saja baca artikel berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Sejarah Hari Ibu Sedunia

Ilustrasi (credit: pixabay.com)

Sama seperti Indonesia, Hari Ibu juga dirayakan di berbagai belahan dunia dan dikenal sebagai Mother's Day. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menghargai peran penting para ibu dalam kehidupan kita, namun ada perbedaan signifikan antara keduanya yang harus kita ketahui.

Hari Ibu jatuh pada tanggal 22 Desember setiap tahun, sedangkan Mother's Day biasanya dirayakan pada hari Minggu kedua bulan Mei. Mother's Day Day bermula dari pergerakan feminis pada abad ke-19. Sejarah Hari Ibu bermula dari perjuangan Anna Jarvis di Amerika Serikat pada awal abad ke-20.

Usahanya membuahkan hasil dengan Hari Ibu diakui sebagai hari libur nasional pada 1914, diadopsi oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Sementara Mother's Day berasal dari tradisi Kristen di mana hari itu dianggap sebagai kesempatan untuk menghormati Bunda Maria, ibu Yesus Kristus.

Namun, terlepas dari perbedaan sejarah dan tanggal peringatan, hal yang paling penting adalah pesan di balik hari istimewa ini. Hari Ibu dan Mother's Day mendorong kita untuk menghargai dan menghormati peran ibu dalam kehidupan. Ibu adalah sosok wanita yang berjasa dalam kehidupan anak-anak serta menjaga keharmonisan rumah tangga.

2 dari 4 halaman

2. Bagaimana dengan Sejarah Hari Ibu di Indonesia?

Ilustrasi (credit: pixabay.com)

Seperti yang KLovers tahu, Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember. Dan tanggal ini memiliki latar yang penting loh KLovers. Pada tahun 1928, sekelompok petinggi perempuan Indonesia yang tergabung dalam Kongres Perempuan Indonesia pertama kali mengusulkan untuk memperingati Hari Ibu ini.

Kegiatan Kongres Perempuan Indonesia ini menjadi awal perjuangan para tokoh perempuan dari berbagai wilayah di Indonesia untuk membahas tentang berbagai persoalan sosial, ekonomi, dan politik yang dihadapi oleh perempuan pada masa itu. Ada banyak aspirasi seperti, hak untuk mendapat pendidikan, hak untuk bekerja, hak untuk berpolitik, dan hak untuk memiliki kedudukan.

Kongres Perempuan Indonesia, yang saat itu dipimpin oleh salah satu tokoh perempuan terkemuka, R.A Kartini, menyadari bahwa peran ibu dalam pembentukan karakter anak-anak dan pemeliharaan keluarga sangatlah krusial. Sehingga peringatan Hari Ibu di Indonesia diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1953. Dan menjadi momen untuk merayakan keberhasilan perempuan Indonesia dalam memperjuangkan hak-hak mereka.

3 dari 4 halaman

3. Kata-Kata Selamat Hari Ibu

Ilustrasi (credit: pixabay.com)

Setelah mengetahui sejarah dari Hari Ibu sedunia dan perbedaan Hari Ibu sedunia dengan yang ada di Indonesia. KLovers juga bisa memberikan ungkapan manis untuk ibu saat merayakan Hari Ibu. Dan berikut kata-kata penuh makna yang menyentuh untuk ungkapan selamat Hari Ibu tersebut:

1. Terima kasih atas kasih sayang dan pengorbananmu, ibu. Selamat Hari Ibu.

2. Ibu, engkau adalah sosok yang selalu memberikan kehangatan dan cinta. Selamat Hari Ibu.

3. Ibu, engkau adalah sosok yang tak pernah lelah melindungi dan mencintai kami. Selamat Hari Ibu.

4. Ibu, terima kasih atas doa-doa yang selalu engkau panjatkan untukku. Selamat Hari Ibu.

5. Selamat Hari Ibu untuk wanita terkuat dan paling cantik di dunia. Aku sangat bersyukur memiliki ibu seperti kamu.

6. Di setiap langkah hidupku, ada ibu yang selalu mendukung. Selamat Hari Ibu, ibu tercinta.

7. Ibu, aku belajar banyak hal darimu. Terima kasih atas segala pelajaran dan cinta yang telah engkau berikan. Selamat Hari Ibu.

8. Ibu, kau adalah pahlawan sejati dalam hidupku. Selamat Hari Ibu.

9. Ibu, engkau adalah matahari ku yang selalu menerangi hari-hariku. Selamat Hari Ibu.

10. Ibu, doa dan cintamu adalah yang membuatku merasa selalu dalam pelukan hangat. Selamat Hari Ibu.

11. Tak ada kata-kata yang mampu melukiskan betapa berartinya seorang ibu dalam hidupku. Selamat Hari Ibu, ibu tercinta.

12. Ibu, engkau adalah pelita dalam hidupku yang selalu menerangi jalan. Selamat Hari Ibu.

13. Ibu, kau adalah tempatku pulang ketika dunia terasa berat. Selamat Hari Ibu.

14. Ibu, engkau adalah wanita hebat yang selalu menginspirasi. Selamat Hari Ibu.

15. Selamat Hari Ibu untuk sosok wanita luar biasa yang selalu ada untukku. Terima kasih, buat segalanya.

16. Di setiap pelukanmu, aku merasa aman dan tenang. Selamat Hari Ibu, ibu tercinta.

17. Ibu, doa dan cinta yang engkau berikan adalah yang membuatku kuat. Selamat Hari Ibu.

18. Ibu, aku belajar untuk menjadi kuat dan bertanggung jawab dari sosokmu. Terima kasih, ibu. Selamat Hari Ibu.

19. Selamat Hari Ibu untuk wanita yang selalu memberikan inspirasi dan motivasi dalam hidupku.

20. Selamat Hari Ibu untuk wanita pemberani yang telah menghadapi segala liku hidup demi keluarga. Aku sangat menyayangimu, ibu.

21. Terima kasih atas segala pengorbananmu, ibu. Selamat Hari Ibu.

22. Kehadiran mu dalam hidupku adalah berkat terindah yang kumiliki. Selamat Hari Ibu.

23. Setiap kali ku sendiri, aku selalu merindukan pelukan hangatmu, ibu. Selamat Hari Ibu.

24. Selamat Hari Ibu untuk wanita terhebat dalam hidupku. Terima kasih atas segalanya, ibu.

35. Terima kasih, ibu, atas segala cinta dan kasih sayang yang engkau berikan. Selamat Hari Ibu.

Itulah bagaimana penjelasan dari Hari Ibu sedunia. Selamat Hari Ibu untuk semua ibu di dunia. Mari terus menghargai, mencintai, dan merayakan mereka, bukan hanya saat ini, tetapi setiap hari.

Semangat keibuan merupakan cinta kasih tanpa batas dan pengorbanan yang tidak terhingga. Terima kasih untuk segala yang telah kau lakukan, hari ini adalah milikmu. Selamat Hari Ibu!

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/dhm)

Topik Terkait