Hitungan Rezeki Sabtu Kliwon Menurut Primbon Jawa, Termasuk Karier dan Jodoh


Berita | Jum'at, 1 September 2023 17:22

Kapanlagi.com - Masyarakat Jawa khususnya yang masih tradisional percaya bahwa weton seseorang bakal menentukan besar rezeki semasa hidup. Setiap weton dipercaya punya peruntungan rezeki yang berbeda-beda. Sabtu Kliwon jadi salah satu weton Jawa yang disebut-sebut cukup beruntung dalam hal rezeki. Rezeki Sabtu Kliwon yang cukup mujur itu bisa dilihat dengan sebuah metode hitungan Primbon.


Ya, primbon memang masih jadi pedoman masyarakat Jawa tradisional dalam berbagai hal, termasuk melihat ramalan. Dari banyaknya ramalan Primbon, perihal rezeki jadi salah satu hal yang banyak dicari. Jika kalian lahir dengan weton Sabtu Kliwon dan penasaran dengan ramalan rezeki, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Neptu Weton Sabtu Kliwon

Ilustrasi Hitungan Neptu Weton Sabtu Kliwon (credit: unsplash)

Secara umum, Sabtu Kliwon menjadi salah satu weton yang disebut-sebut paling mujur menurut Primbon Jawa. Rezeki weton Sabtu Kliwon dibilang cukup besar. Untuk mengetahui ramalan rezeki Sabtu Kliwon, lebih dahulu perlu mengetahui jumlah neptunya.

Bagi kalian yang belum familiar dengan weton dan neptu, jumlah neptu didapat dari menjumlahkan nilai hari lahir dan pasaran Jawa. Pasalnya menurut Primbon Jawa, hari lahir dan pasaran mempunyai nilai-nilai tersendiri. Adapun nilai setiap hari lahir dan pasaran, adalah sebagai berikut.

1. Hari lahir

- Minggu bernilai 5

- Senin bernilai 4

- Selasa bernilai 3

- Rabu bernilai 7

- Kamis bernilai 8

- Jumat bernilai 6

- Sabtu bernilai 9

2. Hari Pasaran

- Legi bernilai 5

- Pahing bernilai 9

- Pon bernilai 7

- Wage bernilai 4

- Kliwon bernilai 8

Berdasarkan daftar nilai hari dan pasaran di atas, maka neptu Sabtu Kliwon adalah 17. Jumlah neptu tersebut berasal dari 9 (nilai hari Sabtu) + 8 (nilai dari pasaran Kliwon).

 

 

 

2 dari 5 halaman

2. Rezeki Sabtu Kliwon

Dalam Primbon Jawa, besar rezeki seseorang diyakini salah satunya ditentukan besar neptunya. Semakin besar neptu, dipercaya akan semakin melimpah pula rezeki yang didapatkan. Berhubung, Sabtu Kliwon punya jumlah neptu yang terbilang sangat besar yaitu 17. Maka, rezeki yang didapat pemilik weton Sabtu Kliwon pun juga diyakini lancar dan melimpah.

Bahkan jumlah neptu weton yang sangat besar tersebut, konon juga mampu mempengaruhi rezeki keluarga. Sejak lahir, seorang anak yang punya weton Sabtu Kliwon dipercaya membawa rezeki untuk keluarganya. Lahirnya mereka juga dipercaya turut memperlancar rezeki orangtua dan keberuntungan dalam karier.

Rezeki melimpah orangtua membuat anak yang lahir dengan weton Sabtu Kliwon jadi serba berkecukupan. Bahkan hal ini juga diyakini akan terbawa sampai dewasa saat sudah mencari nafkah sendiri. Sepanjang hidupnya, pemilik weton Sabtu Kliwon juga disebut-sebut jarang mengalami kesusahan serta kesulitan yang berarti.

Meski terdengar mulus, tetap saja weton Sabtu Kliwon akan mengalami naik turun kehidupan. Adapun menurut Kitab Sri Palgati, pemilik weton Sabtu Kliwon mengalami masa kejayaan di usia 18-23 tahun, 42-47 tahun, dan 72-77 tahun. Sehingga di luar rentang tahun-tahun tersebut, dianjurkan untuk bersabar dan tetap berusaha.

 

 

 

3 dari 5 halaman

3. Karier Weton Sabtu Kliwon

Ilustrasi Karier Weton Sabtu Kliwon (credit: unsplash)

Berbicara tentang rezeki jelas tak akan jauh-jauh dari karier. Pasalnya, rezeki dan karier atau pekerjaan memang jadi hal yang selalu beriringan. Pekerjaan atau karier yang bagus jelas akan menghasilkan penghasilan yang besar juga.

Beruntung, berdasarkan perhitungan Jawa neptu yang besar yaitu 17, juga membuat pemilik weton Sabtu Kliwon mujur dalam karier. Ada banyak pekerjaan yang bisa dibilang cocok bagi pemilik weton Sabtu Kliwon. Jenis pekerjaan itupun cukup beragam, mulai dari dalam kancah politik, wirausaha, pendidikan, industri, dan masih banyak lagi lainnya.

Weton Sabtu Kliwon mempunyai kecerdasan dan wibawa. Karenanya, mereka akan sangat cocok untuk menjadi pemimpin daerah, guru, penulis, dan sebagainya. Selain itu, pemilik weton Sabtu Kliwon juga dianggap cocok untuk menjadi pedagang atau wirausaha.

Menurut primbon.com, weton Sabtu Kliwon sangat cocok jadi pengusaha karena, nasibnya yang jarang menemui hambatan. Hal ini ternyata juga berlaku dalam menjalankan usaha atau bisnis. Apalagi, pemilik weton Sabtu Kliwon juga dikenal punya kreativitas luar biasa yang jelas berguna dalam mengembangkan bisnis.

 

 

 

4 dari 5 halaman

4. Rezeki Jodoh Sabtu Kliwon

Ilustrasi Rezeki Jodoh Sabtu Kliwon (credit: unsplash)

Bagi orang Jawa khususnya tradisional, jodoh atau pasangan yang tepat merupakan bagian dari rezeki. Oleh karena itu, bahasan tentang rezeki Sabtu Kliwon tak akan lengkap tanpa membahas jodoh.

Neptu yang besar yaitu 17 ternyata turut membuat pemilik weton Sabtu Kliwon lebih mudah dalam menentukan jodoh. Pasalnya, neptu yang besar membuat ada banyak weton yang cocok dengan Sabtu Kliwon. Beberapa pasangan yang cocok untuk weton Sabtu Kliwon adalah mereka yang mempunyai neptu 17, 12, dan 7.

Adapun beberapa neptu weton tersebut bisa ditemukan di orang yang lahir pada Kamis Pahing, Selasa Wage, Sabtu Kliwon, Selasa Pahing, Senin Kliwon, Rabu Legi, Minggu Pon, dan Kamis Wage.

Saat menjalin hubungan dengan weton-weton tersebut, maka diyakini mereka akan berjodoh sampai akhir hayat. Rumah tangga yang dijalani juga akan berjalan harmonis, bahagia, sejahtera, dan serba berkecukupan. Meski begitu tetap tak menutup kemungkinan akan adanya cobaan dalam rumah tangga. Namun sesulit apapun itu tetap akan bisa dilalui asalkan dihadapi dengan sabar dan usaha saling memahami satu sama lain.

Itulah di antaranya beberapa ulasan tentang rezeki Sabtu Kliwon menurut hitungan Primbon Jawa. Semoga bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini!

 

 

 

(kpl/psp)

Topik Terkait